Cara Membuat Sensor Air Hujan Sederhana

Proyek yang sangat sederhana dibangun menggunakan IC555 sebagai otaknya. Prinsip utama rangkaian ini... thumbnail 1 summary
Proyek yang sangat sederhana dibangun menggunakan IC555 sebagai otaknya. Prinsip utama rangkaian ini memanfaatkan resistansi air yang sangat rendah sebagai trigger, saat air hujan membasahi sensor akan ada nilai tertentu sehingga alarm hujan berbunyi.

Mari kita mencoba untuk memahami bagaimana membangun sebuah rangkaian sensor hujan sederhana menggunakan IC 555.



Mengacu gambar, kita melihat desain yang agak sederhana dibuat sekitar komponen aktif tunggal yang merupakan IC 555 dan terdiri dari beberapa komponen pasif resistor dan kapasitor. Kita kenal dua mode penting operasi dari IC 555 , yang merupakan astabil dan modus monostable multivibrator.


Aktivasi ini langsung membuat output dari IC pergi rendah, dering bel terhubung. Rangkaian buzzer secara komprehensif dijelaskan di sini, jika Anda ingin membangun satu. Selama masukan penginderaan tetap tenggelam di bawah air, output berlanjut dengan situasi di atas .

Namun saat ini, air akan dihapus dari terminal input tertentu, potensi di pin # 2 mualaf menjadi kurang dari 1 /3 dari tegangan suplai , membuat output pergi tinggi, kembali ke posisi semula , mematikan buzzer.

Operasi di atas secara efektif menunjukkan dimulainya jatuh hujan ketika sensor dengan tepat ditempatkan untuk deteksi.

Biaya dalam kapasitor C1 membuat bel dering untuk beberapa waktu bahkan setelah air dari input penginderaan benar-benar dihapus.

Oleh karena itu nilai C1 harus tepat dipilih , atau dapat dihilangkan jika fitur ini tidak diperlukan.


Membuat Unit Sensor.
Rangkaian jelas perlu ditempatkan di dalam ruangan, karena itu hanya terminal sensor ini harus diposisikan di luar ruangan melalui panjang menghubungkan kabel fleksibel.

Angka ini menunjukkan cara sederhana untuk membuat unit sensor. Sebuah plastik kecil sekitar 2 oleh 2 inci yang digunakan dan beberapa sekrup logam yang tetap di atas piring. Jarak antara sekrup harus sedemikian rupa sehingga tidak ada air sisa yang mampu bertahan atau menyumbat antara sensor dan wadah air.
Parts List
  • R1 = 1M
  • R2 = 100K
  • P1 = 1M preset, bisa diganti dengan resistor 1M tetap
  • IC = 555
  • C1 = 10uF/25V, opsional
Rain Sensor / Alarm Circuit Menggunakan IC LM324

http://homemadecircuitsandschematics.blogspot.com/2012/01/how-to-build-simple-rain-sensor-circuit.html

1 comment

  1. kalau ic 555 diganti dengan ic 741 kira kira rangkaiannya seperti apa?

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!