Mengenal Prinsip Kerja Trafo

Tranformator atau yang biasa dikenal kalangan teknisi dengan nama trafo adalah sebuah komponen berda... thumbnail 1 summary
Tranformator atau yang biasa dikenal kalangan teknisi dengan nama trafo adalah sebuah komponen berdasarkan prinsip kerja kumparan pada sebuah inti besi atau ferrit.

transformator

Trafo memiliki banyak peran teknologi terutama untuk power supply dan sistem audio. Susunan kumparan Transformator terbagi menjadi dua yakni kumparan primer dan kumparan sekunder.


Kumparan primer terhubung langsung dengan tegangan jala-jala listrik, sedangkan kumparan sekunder sebagai sebagai catu keluar tegangan yang telah diturunkan.

Kebanyakan trafo yang beredar adalah jenis step-down, Trafo step-up digunakan sebagai pembangkit lisrik dari DC ke AC.

Transformator2
Prinsip kerja trafo cukup sederhana dengan memanfatkan induktansi medan magnet elektrostatis, listrik dengan muatan besar gelombang elektromagnet besar tersebut kemudian dirubah kembali menjadi sinyal-sinyal listrik yang lebih kecil dan halus.

Prinsip kerja trafo juga terimplementasikan pada motor listrik yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik, cuman bedanya jika trafo dari listrik ke listrik, kalau motor listrik dari listrik ke mekanik.

Mudah-mudahan artikel yang sederhana ini tidak merubah makna yang tentang teori prinsip kerja transformator.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!