Cara Memasang Kabel UTP RJ-45

Kabel UTP (unshielded twisted pair) Ethernet kabel yang paling sering digunakan sebagai koneksi jari... thumbnail 1 summary
Kabel UTP (unshielded twisted pair) Ethernet kabel yang paling sering digunakan sebagai koneksi jaringan LAN (local area networking) dan tujuan networking lain. Cara memasang kabel UTP RJ-45 cukup mudah sekali, anda bisa persiapkan beberapa peralatan pendukung tang crimping tool, cabel UTP, dan konektor RJ-45.

cara-memasang-kabel-utp

Sebagai wawasan, Konektor jack dan plug rj45 terdiri dari 8 pin tembaga dengan standart kabel T568A dan T568B yang terlihat jelas di penampangnya, setiap bagian memiliki fungsi dan warna masing-masing yang nanti akan diterangkan, untuk melihat urutan nomer pin silahkan perhatikan gambar dibawah ini.


rj45pinout

Sebelum memasang kabel utp yang perlau anda perhatikan adalah susunan kabelnya menurut jenis pemasangannya Cross atau Straight, selengkapnya anda bisa baca artikel panduan lengkap memasang jenis cross dan straight di sini.

Diagram kabel STRAIGHT (dua device berbeda)
cara-memasang-kabel-utp-straight
Diagram kabel CROSS (dua perangkat sama)
cara-memasang-kabel-utp-cross

Instruksi lengkap cara memasang kabel utp, silahkan ikuti langkah-langkahnya:

  1. Ukur panjang kabel jaringan antara perangkat satu dan perangkat networking lainnya agar sesuai dan tidak terlalu panjang. Lebihkan 2 inchi untuk dua konektor UTP
  2. Kupas kabel pembungkus luar kira-kira satu inchi menggunakan crimping tool cut, buang pembungkus plastiknya bila ada, pisahkan kabel sesuai warna masing-masing kabel (staight atau cross).
twisted_pair_cable
  1. Urutkan warna kabel STRAIGHT seperti gambar di atas dengan warna seperti diagram  PUTIH HIJAU – HIJAU, PUTIH ORANGE – BIRU, PUTIH BIRU – ORANGE, PUTIH COKLAT – COKLAT.
  2. Urutkan warna kabel CROSS seperti gambar di atas dengan urutan warna seperti diagram  PUTIH ORANGE – ORANGE, PUTIH HIJAU – BIRU, PUTIH BIRU – HIJAU, PUTIH COKLAT – COKLAT selanjutnya ujung satunya seperti gambar. Cross biasanya digunakan untuk 2 perangkat yang sama PC ke PC.
  3. Setelah urutan warna benar sesuai jenis kabelnya masukkan ke konektor RJ-45 (koreksi bila ada kesalahan urutan warna), Setelah memastikan urutan benar tekan pin konektor dengan tang crimping dilubang konektor striping.
  4. Ulangi langkah diatas untuk konektor kabel UTP RJ-45 pada ujung lainnya. Setelah selesai pengerjaan, lakukan pengetesan jaringan.
Semoga artikel cara memasang kabel utp ini membantu anda dalam membangun jaringan komputer yang sederhana. Cara ini yang saya lakukan untuk memasang WiFi Router portbale Hame MPR A1 sebagai hotspot rumahan dari USB Modem yang terkoneksi kabel LAN dengan PC.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!