Merakit Rangkaian Power Bank Sederhana

Mau merangkai sendiri Rangkaian Power Bank atau membeli pabrikan yang harganya mahal?! Seperti anda... thumbnail 1 summary
Mau merangkai sendiri Rangkaian Power Bank atau membeli pabrikan yang harganya mahal?! Seperti anda ketahui sekarang kebutuhan Gadget sangat penting hari ini, hampir setiap saat orang menggunakannya mulai subuh hingga larut malam.

Tatkala battery gadget habis pasti akan dicharger  untuk bisa digunakan kembali. Namun, bagaimana jika anda dalam perjalanan?


Rangkaian power bank buatan caratekno.com
Untuk itulah saya akan sedikit berbagi pengetahuan yang sedikit untuk membantu rekan Tronika mengatasi masalah battery habis. Bermula banyaknya rekan-rekan yang bertanya di Thread yang saya posting di Forum Kaskus dan Alhamdulillah HT (Hot Thread) hingga page viewnya mencapai 150 ribuan.

Ternyata masih banyak yang belum paham dengan tata letak komponen, sehingga banyak yang gagal. Penasaram threatnya klik sini.

Tidak bermaksud menggurui namun saya ingin memperjelas rangkaian power tersebut berfungsi dengan baik asalkan jangan sering-sering digunakan, karena sifatnya hanya digunakan saat darurat saja.

Rangkaian charger portable USB ini sebenarnya sudah marak di dunia elektronika, terdiri rangkaian sederhana berbasis IC Regulator LM7805 output tegangan 5 volt sebagai kuncinya.

Kenapa mesti 5 volt, ko bukan 3,7 volt seperti tegangan baterai ponsel?

Pertanya yang sangat bagus. Sebab untuk proses pengisian ulang battery dibutuhkan tegangan lebih tinggi dari tegangan yang diisi. Jadi dengan tegangan output 5 volt dari LM7805 sangat wajar, untuk tegangan sumbernya harus di atas 5 volt (6 volt, 7.2 volt, 9 volt, dan 12 volt).

Baca juga: Cara Membuat Charger USB Portable Menggunakan Battery 9V

Perhatikan gambar Rangkaian Power Bank berikut:

rangkaian-power-bank
Komponent List:
1    BT1 = Battery 7.4 Volt,
2    C2 = 1000uF/16V
3    C3 = 470uF/16V
4    R1 = 150 ohm
5    D1 = LED
6    U1 = LM 7805


Tata Letak Komponen di PCB akan terlihat seperti ini, Ini terlihat dari atas PCB seolah-olah warna kuning komponen di gambar bawah ini adalah komponennya terlihat dari atas.

 Gambar tata letak komponen dari atas, Layout PCB dibuat dengan cara di cutter


Gambar rangkaian

rangkaianpowerbank-schematic

Keunggulan Rangkaian USB Portable Power bank

  • Battery sumber BT1 bisa diisi ulang menggunakan adaptor/ power supply 10 volt, dengan Open Switch SW1.
  • LED 1 sebagai indikator proses pengisian ulang sedang berjalan.
  • Saat pengisian Battery BT1 saklar SW1 bisa di close scwitch sekaligus pengisian ponsel.

Baca artikel ini juga: 


Jika anda tidak mau ribet buatan sendiri bisa membeli modul kit buatan pabrik dengan memanfaatkan batery bekas laptop 18650 3.7V @2200mA hanya cukup menambahkan modul di bawah ini rekan tekno sdh bisa memiliki power bank buatan sendiri dengan besar kapasitas berapapun yang anda mau.

sepertinya ini jadinya DIY power bank kit
Semoga artikel membuat dan merakit rangkaian power bank ini bisa berguna untuk gadget anda selama perjalanan atau pekerjaan dilapangan. Jika anda rasa bermanfaat silahkan share ke teman anda atau berminat dengan module lengkap power bank USB + charging protector battery untuk smartphone, tablet, hp dll atau (08980490837 PIN: 56e059fd)

66 comments

  1. terimaksih gan,,
    artikel ini sangat membantu saya,,,,
    oiya saya mau nanya, kalau buatnya pakai battery 7,2v bekas mobil control tapi mAh-nya cuma 800 gimana jadinya ya,,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide agan sangat kreatif tapi menurut saya kurang efisien. Lebih baik anda lepas batre bekas mobil control menjadi satuan, lalu hubungkan semua batre secara paralel sehingga arus menjadi 3200 mAh dengan tegangan sebesar 1.2 volt. Gunakan rangkaian Converter DC to DC untuk menaikkan tegangan dari 1.2V menjadi 5V. Rangkaian Converter DC to DC sederhana bisa dibuat menggunakan 2 buah Transistor. Contoh rangkaiannya di google banyak gan..

      Delete
    2. Kalo di convert ada lost energi gan bisa bisa kurang dari 3200mha kapasitas nya apalagi jarak dari 1.2 ke 5v jauh gan

      Delete
    3. http://teknikelektronika.com/rangkaian-seri-dan-paralel-baterai/

      Delete
  2. @Zaenal Musthofa bisa tapi cepet terkuras dayanya... paling bs buat hp kecil saja

    ReplyDelete
  3. mas, sy suka sekali tulisan ini.
    tks.
    cuma sy mau nanya.
    bagaimana kalau sy mau langsung hubungkan dgn aki speda motor yg 12v.?

    komponen apa yg harus sy ganti.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada komponen yg perlu di ganti, hanya perlu di tambahkan beberapa komponen. Tambahkan trafo noise filter sebelum vcc in untuk menghilangkan induksi dari mesin motor. Dan tambahkan resistor 2.2 ohm/5W setelah trafo noise filter untuk membatasi arus dari aki. Karena IC 78XX (7805) hanya mampu melewatkan arus maksimal 1.5A. Jika di beri masukkan lebih, efeknya IC akan panas. Tambahkan juga Dioda silikon 1N4001 dengan posisi forward bias pada pin 2 IC 7805 untuk mengatasi rugi2 dari semikonduktor jenis silikon (dalam hal ini IC 7805) sebesar 0.6V. Sehingga output dari Rangkaian (pinout 3 IC 7805) benar-benar 5V.

      Delete
  4. @Hadi Suwito g ada yang digantikan mas cukup pasangi pendingin di IC7805

    ReplyDelete
  5. om, terimakasih infonya. saya mau tanya kalau saya punya battere kamera dengan tegangan 7.4, berapa tegangan yang harus saya gunakan untuk men charge battere itu.? terimakasih sebelumnya atas jawabannya.

    ReplyDelete
  6. @cecep yusna tegangan untuk charger 7.4v sebaiknya 12 volt outputnya arusnya 500mA untuk charger 5 jam

    ReplyDelete
  7. Maaf Bos, skema n Jalur PCB kayaknya ada yang ga mach tuh. di PCB harusnya Resistor dan LED satu Line sperti Skema sebagai Tahanan. Kalau dipasang seperti PCB, LED bisa panas n mati karena kelabihan voltase.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sependapat dengan ustad fatah. Rangkaiannya memang sudah benar, tapi ada jalur yang salah di gambar PCB untuk resistor 150 Ohm dan led. Di skema rangkaian, resistor 150 Ohm dan led terpasang seri. Sedangkan di gambar jalur PCB, resistor 150 Ohm dan led terpasang paralel. Efeknya led akan terbakar dan mati karena mendapat tegangan langsung dari output IC 7805 sebesar 5V sedangkan tegangan untuk led 3V.

      Delete
  8. @Ustad Fatah Al Hakim, S.E.I rangkaiannya sdh benar dan tidak error plus sudah teruji...

    ReplyDelete
  9. jurig elektro8/2/14 2:20 PM

    resistor dan led harus.a di pasang seri

    ReplyDelete
  10. makasih gan infonya bermanfaat..
    tapi ada videonya ga gan? ane bikin kok gagal terus ya? padahal udah dibikin pas nyampe LEDnya nyala, tapi pas dicolokin ke hape LED mati dan ga ngisi batrenya?
    kalo yang agan buat diatas baterenya mesti berapa mAh n berapa volt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ada yang salah dgn rangkaiannya atau mungkin sumber powernya g kuat

      Delete
  11. kang,. klo pke baterai bekas senter bisa gak? senter .a yang isi ulang

    ReplyDelete
  12. Proyek yang inovatif layak dicoba,jadi penasaran.

    ReplyDelete
  13. Mantap gan...untuk kapasitasnya bagaimana gan..

    ReplyDelete
  14. @Tas Kamera Murah
    kapasitasnya tergantung pada battery

    @Dwi Sugiarto
    silahkan mas dicoba
    @happy wahyu nugroho
    bisa asal tegangan inputnya mencapai lebih 5V
    @Hakuso
    videonya silahkan liat di kaskus.. trit HT http://www.kaskus.co.id/thread/51b7e1ab631243917c000004/beli-powerbank-mahal-yuk-bikin-sendiri-charger-portable

    ReplyDelete
  15. Kalo buatnya sesuai skema rangkaian. Memang sudah benar....
    Tapi kalo buatnya berdasarkan pada gambar lay out pcb nya. Pasti gagal. Kesalahan pada jalur yang led. Seharusnya LED di seri dengan R1 150 ohm. bukan paralel.
    Saya sudah buat rangkaian ini berkali2 .CMIIW

    ReplyDelete
  16. kalo buat power bank pake bekas senter bisa g? center yg bisa isi ulang

    ReplyDelete
  17. Maaf mas dikit bertanya kemarin saya sudah buat seperti Skema rangkaian n hasilnya sesuai... tapi yg jadi pikiran saya gimana dengan jalur untuk isi ulang batterainya Powerbanknya klu tegangan 7.4V sedangkan adapter charger yg saya punya untuk android cuma 5V.. kemungkinan sih bisa diisi ulang powerbanknya tapi makan waktu yg sangat lama apalagi yg sy gunakan 6 cell batterai 7.4V 6600mA

    ReplyDelete
  18. mas gmna bwt ngisi batre ny kalau hbs, bisa di seri sama yang input 5v batrenya k mas? n klau mau ngecasnya pkai yg cas hp 5v bsa kah?

    ReplyDelete
  19. Gan rangkaian ini ada indikator buat tau battre udah pool atau belum ga?

    ReplyDelete
  20. maaf sebelumnya, untuk rangkaian ini bisa dipakai charge baterainya lagi apa hanya dari powerbank to HP aja mas..??? mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  21. Gan itu detail jarak kaki2 komponennya ada ga ? buat di buat di PCB soalnya ga ada details ukuran lubang kaki2 komponennya Thanks.. email : nurmansyahrully@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Met kenal sedikit koreksi, skema benar tapi layout pcb-nya tidak sesuai dengan skema, tidak sesuai penempatan r 150 dan led tidak sesuai dengan skema, saran mohon ditambahkan list handphone yang support, krn ada beberapa yang butuh triger balik

    ReplyDelete
  23. outputnya pake apa? minta gambarnya dund

    ReplyDelete
  24. @Anonymous
    LIHAT GAMBAR hasil praktek di atas...

    Saya sekolah STM elektronika tahun 96, S1 Teknik Elektro, sekarang bekera sebagai praktisi teknis elektronika sain dan komputer

    mohon jelaskan jatidiri anda siapa, agar saya bisa lebih kenal dan share???

    ReplyDelete
  25. mas klw input ampere yang dari batere cuma 40 mili ampere trus pengen di umah ampere nya ke 1 atau 2 ampere gimana

    ReplyDelete
  26. mas klw bisa minta no telponnya biar bisa q telpon

    ReplyDelete
  27. @ali busro
    ampere input g bisa dirubah, sdh fix dr pabrik. solusinya cari batt yang kapasitas besar sj thx. maaf tidak menerima telepon slhkan via ym/wa/bbm/sms saja

    ReplyDelete
  28. mw nanya gan, cara ngecas batre yang bwat nampung daya gemana

    ReplyDelete
  29. klo dari cas2an bekas bsa gk mas

    ReplyDelete
  30. mas sya sudah ngrakit yg diata tp kog ngk bisa ngcaz knpa ya

    ReplyDelete
  31. kenapa IC yg saya terbakar ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari di google heatsink IC, IC juga bisa panas gan soalnya IC bekerja trs tanpa dikasih heatsink dan ini lah yg menyebebkan IC mudah terbakar

      Delete
  32. Terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  33. gan mau nanya, saya ada rangkaian dengan tegangan 4,5 volt, pakai baterai AAA 3 buah, mau saya ganti pakai power bank voltnya 5 volt, kira-kira bisa ngga ya?

    ReplyDelete
  34. gan mau nanya pas saya nyoba kok langsong strep/njeglek ,komponennya sama seperti itu. barang kali ada penempatanya yang salah. mohon pencerahnya???

    ReplyDelete
  35. Kalau mau membuat baterai untuk remote control Dari baterai rechage yg ada di pasaran misal 1.5v 1300mAh di buat menjadi 7.4v bagai mana caranya, soalnya batrai saya sering rusak. Spesifikasi pada batrai saya 7.4 v 700mAh mohon pencerahannnya

    ReplyDelete
  36. @Azcadilla Gibran

    batt 1.5 di sambung seri (+-+-+-) sebanyak 5 buah

    ReplyDelete
  37. Cara nge charge nya gimana rangkaiannya? Apa hanya bisa output?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk rangkaian ini belum bisa isi ulang, terpisah

      Delete
  38. Makasih Gan artikelnya manfaat banget nih...
    Ditunggu ya kunjungannya
    http://teknologi-gratis.blogspot.com/

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  40. Cara bilang beli bahan2 nya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan klik ini http://ihsanelectro.blogspot.com/p/modul-power-bank.html

      Delete
  41. Gan biar ngisinya cepet gmane?

    ReplyDelete
  42. Apakah harus menggunakan power supply agar batere bisa di rechargerable?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk isi ulang batere silahkan gunakan modul charger micro usb di atas

      Delete
  43. Apakah harus menggunakan power supply?

    ReplyDelete
  44. Gan modul charger batre pb nya bisa dibikin sendiri ga klo pbny dah penuh lampu led otomatis nyala gitu gimana rangkaiannya

    ReplyDelete
  45. gan kalau sumber input berasal dari panel surya yang kita ambil dari kalkulator bisa gak

    ReplyDelete
  46. maaf, saya cuma lulusan smk mas,, tapi kalau saya lihat untuk gambar layout nya salah mas. seharusnya r150 ohm tidak di seri antara + dan -,karna kalau dipasang seperti ini r pasti puaaanas dan Vout pasti drop.., dan pastinya ya gak bisa di gunakan untuk ngecas.. :D

    ReplyDelete
  47. Terimakasih atas penjelasannya izin shaerd untuk belajar di rumah,kunjungi kami http://www.darmawanpark.com/

    ReplyDelete
  48. bang.. kalo batrenya pake 2 batre hp bekas masing2 3.7 volt bisa gak gan.. dan cuma pake komponen ic lm 7805 dan resistor saja? bisa gak?

    ReplyDelete
  49. bang kalok rangkain untuk cargernya ada agan.....?

    ReplyDelete
  50. gan saya punya power bank murah.
    saya mau nambahin batreiny.
    terus susunan batreinya harus gimana ya???

    ReplyDelete
  51. bang itu DC yg keluar brp 4.97 atau 5 pas??
    brp ampere juga yg keluar??
    mohon bantuannya agan

    ReplyDelete
  52. gan mau tanya tentang modul NEW TP4056 seperti di gambar, Sy pakei 2 modul dan 2 baterai, karena modul ini untuk output baterainya melawati rangkaian proteksi dulu, bisa gak kalo output dr modul ini sy paralel? (output modul utk beban di paralel)
    tuuannya supaya ampere baterai makin besar..

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!