Kerusakan yang Sering Terjadi pada Monitor

1.        Power supply: Konsletting -           Jembatan diode power/ diode kiprok atau Regulator rectifier atau Silicon Controlled Re... thumbnail 1 summary
1.       Power supply:
Konsletting
-          Jembatan diode power/ diode kiprok atau Regulator rectifier atau Silicon Controlled Rectifier mati atau hubung singkat, inilah penyebab terbesar konsletnya listrik di rumah padam. Sebab komponen ini inti dari pembatas tegangan antara arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC). Anda tentu sudah bisa membayangkan bila arus beda jenis tersebut bersatu..?!
-          Sekering putus, fungsi sebenarnya dari fuse atau sekering ialah bila arus yang melewati penampang kawatnya lebih besar daripada beban arus yang bisa ditanggung oleh sekering. Sehingga jika anda hubungan arus pendek maka yang bertugas pertama kali adalah sekering ini yang akan mematikan semua jalur listrik. Komponen inti yang menyelamatkan rumah anda dari kebakaran akibat “hubungan singkat”.

-          FET (Field Effect Transistor), untuk power supply masa depan rata-rata sudah menggunakan teknologi switching, tidak seperti adaptor konvensional yang hanya menggunakan trafo biasa, diode dan elektrolik kapasitor. MOS-FET ini (type IRF 830, 6N80P, K2545 dll) lebih efektif digunakan untuk perangkat-perangkat digital dengan tegangan dan arus yang mantap.
Mati total
-          Ic Power UC3842 atau KA3842, ibarat jantung bagi manusia yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh, jantungnya mati, apa yang akan terjadi. Untuk datasheet IC ini bisa di lihat di sini UC3842 dan KA3842.
-          Sekering putus, gantilah jika anda sudah memastikan sekeringnya putus, carilah nilai persis yang tertera di fisik fuse, jangan melebihinya.
-          Kabel power rusak, kabel yang jelek memiliki penampang dan kawat  yang jelek mudah patah dan tipis, ukurlah tiap kabel power dari ujung-keujung menggunakan AVO meter
-          Vcc IC UC3842 di kaki pin 7 mati, ini yang menyebabkan “jantung” power tidak bekerja.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!