Sudah Saatnya Mengatakan "Selamat tinggal Mouse Komputer"?

Caratekno.com - Pertumbuhan variasi komputer berkembang sangat cepat sekali sejak awal kali diciptak... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Pertumbuhan variasi komputer berkembang sangat cepat sekali sejak awal kali diciptakannya komputer bahkan masih belum seabad.

Perkembangangan baik hardware dan sofware komputer merupakan hal yang sangat revolusioner dari tahun ke tahun.


Berbagai inovasi terus diciptakan untuk aksesoris komputer yang semakin canggih ini. Sebut saja sejarah layar yang bisa disentuh, teknologi nirkabel, dan teknologi tinggi lainnya.

Sebut saja sebagai contoh kecil perkembangan mouse sebagai kontrol antarmuka pengguna dengan komputer.

Awal diciptakan mouse (bahasa Indonesia: tetikus) masih menggunakan kendali seperti halnya joystick besar, kemudian mengecil dalam genggaman.

Clicking vs Touching

Secara resmi mouse digunakan pertama kali secara konsep teknologi komputer pada tahun 1972. Teknologi mungil ini sangat besar manfaat yang membuat kinerja para insyinyur para bekerja secara efektif mengoperasikan komputer pabrik.

Sejak saat itulah mouse yang masih menggunakan bola kecil sebagai penggerak sensor sampai teknologi laser optik terus digunakan hingga sekarang hanya teknologinya saja dikembangkan.

Touch Pad hadir lebih awal sebagai pintu gerbang lahirnya teknologi Touch Screen

Pasti Anda tidak asing dengar istilah kata touch pad dan track pad pada laptop. Nah, teknologi yang ditetapkan sebagai piranti wajib komputer portable pengganti mouse kable untuk PC sebenarnya terobosan untuk selanjutnya yaitu touchscreen (layar sentuh) nanti akan saya bahas dilain waktu.

Apple adalah pelopor pertama sebagai terobosan luar biasa teknologi multi-touch bisa dua atau lebih titik poin sentuh di layar. Kemudian juga diterapkan pada piranti keras komputer dikemudian hari.

Tentu ini merupakan ancaman telak untuk produsen mouse jika mereka tidak segera berinovasi ke mouse yang menarik dan lebih canggih.

Meskipun demikian, teknologi mouse yang sangat luar biasa membawa perubahan komputer ini tidak serta merta begitu saja mudah digusur oleh teknologi layar sentu.

Jadi, jangan keburu dibuang dulu ya mouse kesayangan di rumah.

Saya rasa touchscreen masih agak repot bila diterapkan pada PC dan laptop yang tidak portable, sebab layar sentuh cocok untuk perangkat portabel yang ringkas dan praktis.

Apalagi bila bermain game terasa sangat lebih beda efeknya saat menggunakan mouse ketimbang touchscreen.

Kesimpulan mouse vs touchscreen

Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri yang sulit mengalahkan satu sama lainnya. Sudah diciptakan khusus untuk fungsi tersendiri. Mouse cocok untuk piranti PC yang besar khusus desain para teknisi dan insinyur. Sedangkan layar sentuh cocok untuk piranti ringkas dan mudah dijinjing.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!