Rupa-rupa Konektor Hardware Komputer Serupa tapi Tak Sama

Caratekno.com - Informasi artikel tekno kali ini seputar info pin-out hardware komputer yang sudah ... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Informasi artikel tekno kali ini seputar info pin-out hardware komputer yang sudah tidak asing lagi kita lihat sehari-hari. Colokkan output komputer sering kita gunakan mungkin diantara rekan tekno masih bingung menyebut namanya.

Nah, saatnya sekarang kita mengetahui secara detil apa saja nama-namanya.
  • Pinout komputer meliput segala sambungan komponen komputer seperti internal konektor, port input/output (PC Serial port, USB, dll). 
  • Koneksi interface/ antarmuka komunikasi komputer RS232, USB interface, Konektor SATA, dll
  • Koneksi display VGA konektor dan S-Video, serta masih banyak lagi jenis-jenis konektor jika merujuk pada http://pinouts.ru/
Konektor-konektor perangkat komputer tersebut meski hampir mirip bentuk dan penamaanya namun memiliki fungsi yang berbeda-beda sekaligus terdapat tanda pemasangannya agar tidak salah koneksi.

gambar dari pinouts.ru
PS/2: 6-pin mini-DIN connector digunakan pada keyboard dan mouse sebagai perangkat interface komputer. PS/2 dikenalkan pertama kali oleh IBM Personal System/2 series sebagai perangkat komputer personal pada tahun 1987.

USB: Universal Serial Bus atau disingkat USB dipopulerkan tahun 1990 sebagai koneksi kabel terbaru yang lebih cepat transfer data ketimbang serial port biasa. Konektor dan komunikasi memanfaatkan protokol bus untuk koneksi, power supply antar komputer dan perangkat elektronik lainnya (ponsel, konsol video game, modem, keyboard, mouse, camera digital, printer, networking, media player, smartphone, dan masih banyak lagi)

S/PDIF: (Sony/Philips Digital Interface Format) jenis koneksi untuk home audio Hi-Fi (high fidelity) System.

(Akan diupdate istilah port lainnya......)

Jika dikelompokkan berdasarkan fungsinya ada 3 jenis sambungan
  1. Computer Hardware: Pin konektor videocards, power supply units, harddisks.
  2. Devices Connector: Segala konektor yang tersedia di luar casing perangkat seperti pada ponsel, GPS, UPS, headset, PSU.
  3. Cables - Adapters: Seluruh pengkabelan dan jenis/bentuk konektornya yang saling dihubungkan.
Nah, dengan sedikit penjelasa artikel di atas semoga tidak salah lagi dalam penyebutannya.

1 comment

  1. SAYA MAU BELI MODUL BLUETOOTH STEREO, BISA KONTAK KEMANA

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!