Prinsip Kerja Baterai Lead Acid (2)

Lead Acid Battery Recharge Cycle - Sangat penting diperhatikan bahwa charger untuk battery lead acid ini berbeda perlakuannya dengan cha... thumbnail 1 summary

Lead Acid Battery Recharge Cycle - Sangat penting diperhatikan bahwa charger untuk battery lead acid ini berbeda perlakuannya dengan charger aki basah agar usia baterei lebih awet. Selain itu pula aki kering ini bebas perawatan tanpa perlu mengganti air aki. Lama waktu pengisian tergantung besar kapasitas battery.

Dry cells
Baterei kancing biasa orang umumnya menyebutnya bentuk hampir mirip menyerupai kancing yang tipis, jenis bateri kering ini tidak dapat dicharger dengan tegangan 1.5 VDC yang hanya berumur pendek.

NiCads
Jenis bateri kering yang dapat di isi ulang hingga selang beberapa kali pemakaian, pihak pabrikan menyarakan mengisi ulang terlebih dahulu saat pembelian sebalum di gunakan pada perangkat.

NiMH lebih baik dan tahan lama dari pada NiCads sayangnya harga baterei ini masih lebih mahal, pengisian ulang terbilang lebih cepat dari pada generasi pendahulunya.

Tanya Jawab seputar Aki/ Accu/ Battery

Apakah battery lead acid bisa drop bila tidak dipakai?
Semua baterai mengandung bahan-bahan kimia, akan mengalami penurunan kapasitas bila tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. Kondisi suhu 80 derajat Fahrenheit rata-rata baterai mengalami penurunan hingga 4% setiap minggunya. Sebagai misal kapasitas aki 125 AH disimpan selama 4 bulan (14 minggu) di musim panas bila tidak isi ulang dapat turun menjadi 80 AH. Jadi, meski tidak digunakan sebaiknya tetap di charger aki lead acid anda.

Apakah aki SLA dapat di tingkatkan?
Tidak bisa.

Apakah saya butuh isi ulang aki hingga benar-benar aki kosong?
Tidak sebaiknya isi ulang jangan lebih kurang dari 80% tegangan aki, isi ulang dibawah tegangan standar aki minim 10.5 volt dapat merusak aki SLA itu sendiri

Kapan saya perlu menambahkan air aki?
Bagaimanapun semakin sering penggunanan air aki dapat mengering. Segera tambahkan air aki ketika level sudah menunjukkan air aki kering, bila tidak battery akan cepat rusak.

Perhatian - Aki merek terbaru memiliki indikator cairan elektrolite, pertama isi ulang kemudian tambahkan air aki jika diperlukan. Penambahan air aki sebelum di charger mungkin dapat tumpahnya cairan secara berlebihan dan tentu bahaya sekali.

Apa tanda level cairan elektrolit?
Cairan aki akan terlihat bila
Level indikator cairan terlihat pada indikasi  ½ - ¾ inch di atas separator. Jangan samapi mengisinya dibawah abang level angka tadi.

Battery bisa beku?
Jika aki terlalu lama disimpan dan kosong bisa saja cairan electrolit lead aci membeku pada suhu -16 derajat F atau -92 derajat F bila kondisi aki terisi penuh air aki dan telah di charger.

Kesalahan apa yang sering terjadi bagi pemilik aki SLA?
Undercharging - Ini kasus umum yang banyak terjadi bateri sering digunakan tetapi jarang di isiulang agar aki kembali penuh dan siap digunakan. Penggunaan terus-meneru tanpa isi ulang yang tepat dapat merusak aki.
Overcharging - Terus menerus diisi ulang bisa menyebabkan temperatur aki meningkat penyebab pengosongan air aki terlalu cepat. Periksalah air aki sesering mungkin.
Over-watering - Penambahan air aki lebih dari batas kewajaran juga bisa mengurangi performa aki. Tambahkan air aki sesaat setelah selesai diisi penu, jangan saat diisi ketika aki kosong.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!