Bagian Penting Kincir Angin Sederhana

Membuat turbin angin ternyata tidak serumit yang dibayangkan, kita bisa membuatnya dari bahan apa s... thumbnail 1 summary

Membuat turbin angin ternyata tidak serumit yang dibayangkan, kita bisa membuatnya dari bahan apa saja yang ada. Kincir angin sangat efektif sejak dari pertama diciptakan hingga jaman modern sekarang ini. Pembangkit yang hemat tanpa bahan bakar hanya mengandalkan hembusan angin di ketinggian. Tujuan dari proyek kecil kita kali ini adalah membuat tenaga listrik di rumah dengan kincir angin buatan sendiri.

Yang penting anda pahami sebelum membuat kincir angin adalah sedikit pengetahuan tengan elektronika, motor listrik, elektromagnetik dan sedikit teknik pengerjaan.

Komponen apa saja yang diperlukan untuk membuat kincir Angin sederhana? Komponen inti membuat turbin angin ialah 2 bilah baling-baling paling sedikit dan motor elektrik DC ukuran kecil yang nantinya untuk mengkonversi tenaga kinetik putaran ke listrik.



Bilah baling-baling
Bilah rotor bisa anda buat dari pipa PVC bekas ukuran sedang dipotong sedemikian rupa hingga membentuk baling-baling. setelah bilah baling-baling dibuat kemudian di sambungkan ke poros utama rotor bisa dibuat dari plastik keras atau berbahan metal.

Generator Listrik
Generator listrik ini sebenarnya banyak jenisnya tapi yang jadi topik utama pembicaraan kita kali ini adalah motor generator yang bagus dan tidak terlalu mahal namun bisa merubah energi gerak ke listrik. Tidak semua jenis motor dapat di jadikan pembangkit listrik untuk kinciri angin ini, paling tidak motor tersebut memiliki kumparan elektromagnetik yang merubah energi kinetik ke energi listrik.

Poros turbine angin
Bilah baling-baling terhubung ke poros rotor yang menghubungkan dengan gear penambah putaran terhubung langsung dengan poros motor listrik.

Tiang penyangga
Tiang generator kincir angin sangat penting untuk mendapatkan hembusan angin yang kencang, alternatif lain yaitu bila terdapat atap tinggi, gedung tinggi bisa ditempatkan tiang kincir agar lebih tinggi lagi.

Tips: akan lebih baik jika putaran kincir angin disertakan dengan gear penambah putaran kincir sehingga konversi generator semakin kuat. Tiang turbin harus terbuat dari pipa besi yang tebal dan kokoh agar tidak mudah roboh dan mudah perakitnya

Memanfaatkan daya Battery
Module kontroller power sangatlah penting untuk menyimpan energi listrik di battery/ aki lebih tahan lama lagi. Battery yang tersedia sebaiknya dilengkapi dengan charger yang baik. Sebenarnya opsi ini tidak harus tetapi akan lebih baik bila diberi module pelengkap ini agar tegangan lebih stabil/ konstan.

Panel Instrumen
Panel meteran penunjuk besaran tegangan dan arus yang di hasilkan sehingga listrik dapat dihasilkan tegangan yang sesuai dengan peralatan elektronik yang digunakan pada umumnya. Tanpa instrumen ini turbin bisa merusak peralatan-peralalatan tersebut.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!