Cepat Membuat PCB Tanpa Bor dan Bahan Kimia

Pasti tak dipungkiri lagi setiap proyek elektronika membutuhkan PCB, tetapi bagaiman jika ingin men... thumbnail 1 summary
Pasti tak dipungkiri lagi setiap proyek elektronika membutuhkan PCB, tetapi bagaiman jika ingin mengerjakan rangkaian elektronika dengan PCB yang supercepat tanpa menyentuh bahan kimia dan mesin bor sama sekali. Apa bisa?

PCB-tanpa-kimia-layout
Keahlian membuat PCB harus benar-benar diterapkan, mungkin bagi seorang yang mahir sekali buat bisa dalam waktu singkat, hasil bagus, dan berfungsi normal rangkaiannya. Namun, bagi pemula tentu sangat merepotkan. Cara ini sangat mudah dilakukan tanpa biaya mahal dan bisa dikerjakan cepat. sekalipun salah anda bisa membuat ulang.
Pengerjaan layout PCB bisa anda gunakan software design layout PCB semacam Eagle, PCBdesigner, Express PCB, dan sebagainya.
Step 1: Meterial
PCB-tanpa-kimia-bor
  • Kertas
  • Palu
  • Glue stick
  • Gunting
  • Kertas karton tebal (biasa untuk paper craft)
  • Paku  pin
  • Sekrup
  • Gambar layout
Step 2: Pengerjaan
PCB-tanpa-kimia-bor-pin
Tempelkan kertas yang telah diprint layout PCB di kertas karton tebal tadi, kemudian lubangi setiap kaki-kaki dengan paku pin kecil dengan gunakan palu. Pakulah mulai dari bagian atas gambar layout.
Step 3: Penyambungan
Sambungkan tiap-tiap kaki komponen sesuai gambar rangkaian menggunakan solder timah.
PCB-tanpa-kimia-bor-sambung
Step 4: Finishing
Setelah selesai lakukan pemeriksaan hingga tidak ada kesalahan sedikitpun. Kelemahan PCB kertas ini sedikit rumit bila rangkaian menggunakan IC, saya anjurkan lebih baik menggunakan papan PCB sebenarnya.
Semoga artikl singkat ini bermanfaat buat anda berlatih membuat rangkaian elektronika dengan mudah tanpa repot dan memakan waktu lama. Anda bisa sambil belajar membuat PCB sederhana dengan bahan kimia dan pengeboran di rumah, silahkan baca cara membuat PCB sendiri di rumah atau baca koleksi artikelnya klik di sini.

4 comments

  1. Teringat masa kecil dulu, membuat dg kertas karton juga, he he

    ReplyDelete
  2. wuih...ekstreem tenan nek iki. teringat thn 2000an, solder dr kaki ke kaki trus dicor, bikin power ampli 75 wattan, trus dicor, bentuk mirip IC STK.

    ReplyDelete
  3. wuih...ekstreem tenan nek iki. teringat thn 2000an, solder dr kaki ke kaki trus dicor, bikin power ampli 75 wattan, trus dicor, bentuk mirip IC STK.

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!