Jenis Jenis Kabel Listrik Berdasarkan Bahan & Tegangan

Kali ini kita belajar mengenal jenis jenis kabel listrik yang sering digunakan untuk arus lemah (e... thumbnail 1 summary
Kali ini kita belajar mengenal jenis jenis kabel listrik yang sering digunakan untuk arus lemah (elektronika) dan arus besar (elektro). Penampang kabel juga berbagai macam jenis ada yang besar, kecil, tabl, tipis, tunggal, dan serabut.

jenis-jenis-kabel-listrik
Jenis jenis kabel listrik berdasar penampang kabelnya:

Semi-Rigid Cables Kabel coaxial dengan konduktor luar yang solid, memiliki impedansi yang sangat rendah, bahan kabel ini memiliki campuran bahan tembaga atau alumunium yang berlapis dengan timah. Beberapa kabel ini diproduksi pula berbahan baja.

Flexible Cable Kabel coxial serabut dengan tingkat elastis yang tinggi bahan dari penampang kabelnya terbuat dari tembaga berlapis perak.

Confortable Cable Kabel jenis ini sebagai pilihan alternatif yang bisa sambungkan dengan stanadar kabel lainnya. Penampang kabel baja berlapis tembaga sebagai konduktornya.

Stainless Steel Cable
Kehandalan kabel ini dari sisi kekuatan dan ketahanan tidak perlu diragukan lagi, kuat dan tahan korosi dengan berbagai cuaca yang ekstrim di luar.

Penggunaan kabel ini juga harus disesuaikan dengan standart keselamatan yang telah ditetapkan, jangan sampai mengabaikan ukuran standar, pengujian kabel untuk standart tegangan tinggi yang sudah masuk kualifikasi standart internasional dan SNI.

Standart Covered, jenis-jenis kabel listrik yang baik memiliki penampang permukaan yang lentur dan kuat menahan panas, serta tidak mudah mengelupas, beikut beberapa pengolompokan kabel berdasarkan penggunanaan pada tegangannya.
  • Kabel tegangan tinggi, Kabel dengan kode IEC 60840 mampu mengalirkan tegangan kuat antara 30kV dan 150kV, belum termasuk aksesoris tegangan tingginya.
  • Kabel tengangan menengah, Produk kabel untuk tegangan menengah yang berlabel 60502-2
  • Kabel tenganan rendah, Kabel tegangan rendah mlai dari 2,5kV sampai 500kV dengan kode IEC 60502-1 atau Cenelec HD 629.1 S2

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!