Mengajari Anak Belajar Elektronika dengan IC555

Merangkai komponen Elektronika sambil bermain dengan rangkaian khusus mainan anak-anak, sekaligus me... thumbnail 1 summary

Merangkai komponen Elektronika sambil bermain dengan rangkaian khusus mainan anak-anak, sekaligus mengajari mereka mengenal dunia teknologi dan ilmu pengetahuan. Komponen yang dirangkai ini tidak banyak namun rangkaiannya dapat berfungsi dengan benar.

generator-signal-ic555

Keluaran glombang IC Timer 555 berupa signal kotak yang biasa disebut dengan clock signal. Generator sederhana ini bila keluarannya diberi lamp led maka hasilnya akan berkedip-kedip. sesuai nilai resistor dan kapasitor.

Komponennya sangat sedikit dan sederhana sekali dibuat dengan rangkaian yang sangat menarik dan anak-anak mudah memasangnya.

  • 1 10uF Kapasitor C3
  • 1 100 ohm Resistor R1
  • 1 LED Merah D1
  • Battery AA 2pcs

Proses pembuatannya

Langkah 1: Pasangkan kapasitor 10uF di kutub +, Langkah 2: Pasangkan komponen 100ohm Resistor R1, Langkah 3: Rangkai LED warna merah sejajar denga resistor R1 100.

Semoga pengenalan anak terhadap dunia elektronika menjadikan mereka mengenal dan mengerti cara kerja sebuah rangkaian elektronik.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!