Apa Pengertian Arus Listrik itu?

Setelah asik dan berkutat seputar praktek dan proyek kali ini kita belajar bersama tentang pengertia... thumbnail 1 summary
Setelah asik dan berkutat seputar praktek dan proyek kali ini kita belajar bersama tentang pengertian arus listrik. Mungkin sebagian orang awam masih  bingung antara arus dan tegangan listrik.

Kebanyakan dari kita mungkin mengatakan listrik PLN sebagai arus listrik ataukah tegangan listrik?

jalur-arus-listrik

Yuk simak seperti apa sih gambaran teorinya?!
Ilmu Fisika telah menetapkan bahwa listrik itu merupakan etom yang bermuatan yang tidak bisa dilihat secara kasat mata yang membawa elektron (- muatan negatif) dan proton (+ muatan positif). Sudah seperti kita ketahui muatan elektron pembawa muatan negatif yang sangat mudah berpindah-pindah di dalam media konduktor, dan susah menghantarkan di media isolator (non logam, kayu, plastik, dll).

Arus listrik dalam satuan international disebut Ampere yang diambil dari seorang ilmuwan Perancis yang menemukan kuat arus listrik bernama Andrey Marie Ampere (1775 – 1836).  Untuk mengetahui besaran nilai suatu arus harus menggunakan alat ukur yang bernama Amperemeter. Anda bisa menggunakan alat ukur Multi Tester/ multi meter baik analog maupun digital yang bisa mengukur tegangan (Volt), Arus (Ampere), Resistansi (ohm).

multi-tester-murah

Cara Pengukuran Arus Listrik

Close circuit sederhana yang terdiri beban dan sumber daya yang terhubung dengan kabel akan menyebabkan arus berputar atau berpindah tempat dari elektron (-) ke proton (+). Untuk mengetahui berapa nilai kuat arus yang mengalir anda bisa lakukan proses seperti ini:

pengertian-arus-listrik-close-circuit
  • Persiapak close cricuit seperti gambar di atas
  • Persiapakan AVOmeter (Ampere, Volt, Ohm) atau Multi Meter
  • Putus rangkaian, kemudian pasang avometer seperti gambar ini

pengertian-arus-listrik-avometer
  • Atur saklar ke Ampere pada skala paling besar, bila belum terbaca turunkan satu level lagi
Jadi setelah kita tahu cara mengukur arus yang mengalir dalam rangkaian listrik ternyata besaran nilai arus sangat mempengaruhi daya (Watt) pada listrik itu.

Seperti Rumus umum:  P = V x I

Karena itulah Tegangan listrik PLN di rumah-rumah adalah tetap (constant) 220 Volt AC sedangkan Daya yang tersedia mulai 900VA, 1300 VA, 3600VA, dan sebagainya. Yang hanya dirubah oleh PLN untuk besaran daya tersebut adalah kuat arusnya saja.

Nah, sementara ini dulu yang pengertian arus listrik yang lumayan rumit ternyata asyik untuk dipelajari dengan mudah. Kalau rekan tronika ingin berbagi artikel ini silahkan pencet tombol share di tombol floating sebelah kiri. Agar tidak ketinggalan materi selanjutnya silahkan Like kumpulan ilmu hari ini.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!