12 Tips Burning CD/DVD Yang Benar

Teknologi media penyimpanan seperti memory chips yang lebih praktis dan murah ternyata tidak bisa me... thumbnail 1 summary
Teknologi media penyimpanan seperti memory chips yang lebih praktis dan murah ternyata tidak bisa menggeser posisi media penyimpan kepingan CD/DVD yang tetap terpakai sejak memory card (flashdisk, micro SD, dll) digunakan secara masal.



Tetap saja kepingan yang terbuat dari lapisan almunium-coat tipis menjadi primadona yang lebih praktis dan murah digunakan. Sehingga banyak user memberikan beberapa datanya yang diberikan ke user lainya menggunakan CD/DVD sebab harga yang murah dan mudah.

Nah, kali ini saya ingin share tentang cara mem-burning CD/DVD yang praktis, kebetulan media DVD-RW yang saya gunakan LG DVD-RW SuperMulti dengan harga yang murah seharga Rp 195.000 yuk ikuti 12 tipsnya:


1. Cara membuat data disc
Burner bawaan Windows kurang begitu bagus hasilnya kadang tidak bisa terbaca dengan perangkat lain. solusinya anda bisa menggunakan software open source yang ringan semacam CS BurnerXP atau ImgBurn.
Ini membuat membakar data ke disk sederhana, dan menghindari kebutuhan untuk cache isi disc seluruh ke folder sementara dalam proses.

Jika Anda menggunakan CD BurnerXP, jalankan program dan pilih 'disc Data'. Browse file atau folder kemudian drag and drop  ke panel bawah. Periksa indikator disk Anda. Klik 'Burn' untuk menulis file ke disk.

Di ImgBurn, pilih 'Menulis file / folder ke disk', kemudian drag file yang ingin membakar ke dalam panel kiri. Klik tombol 'Build' tombol dan program akan memeriksa kompilasi Anda, menawarkan koreksi untuk membuat disk kompatibel dengan sebagian besar perangkat. Hal ini juga dapat memverifikasi data pada disk setelah pembakaran.

2. Cara overburn disk



Jalankan CD BurnerXP, masukkan disk, dan tambahkan file atau folder yang ingin Anda burning. Jika kapasitas ukuran data disk tersisa sedikit, klik 'Membakar', lalu pilih 'overburn' ketika terdapat peringatan ketidakcocokan.

Jika disk berhasil di-burning, kemudian mengujinya untuk melihat semua file telah ditransfer. Semakin kecil overburn, semakin kecil kemungkinan Anda memiliki masalah.

3. Bagaimana untuk burning disk yang aman
Cara termudah untuk mengenkripsi file pada disk adalah dengan menggunakan TrueCrypt. Masukkan nama file dan simpan di folder anda. Isilah password dan pilih untuk memformat volume.

4. Cara membuat disk DOS bootable
Anda mungkin ingin membuat boot disk DOS jika Anda memiliki game tua yang hanya berjalan di bawah DOS. Untuk melakukannya, Anda memerlukan PC dengan floppy drive dan boot disk DOS, yang dapat anda download dari www.bootdisk.com.

Gunakan ImgBurn dan pilih 'Modus | Build'. Masukan disket boot DOS ke floppy disk drive. Pilih 'Advanced | disc Bootable' dan pilih 'Membuat gambar bootable'.
Pilih 'Floppy Disc 1.44MB' sebagai jenis emulasi dan pilih floppy drive Anda di bawah 'Ekstrak booting image'. Tambahkan file lainnya yang ingin Anda sertakan. Masukkan CD Anda dan klik 'Burn ". Boot yang berahasil di buat di CD seperti halnya drive A:.

5. Cara untuk burning CD/DVD dual layer
Gunakan software ImgBurn, pilih 'build mode' dan tambahkan file video DVD yang Anda butuhkan. Klik 'Burn' tombol dan memberikan volume label. ImgBurn menunjukkan beberapa saran untuk posisi lapisan istirahat. Pilih salah satu dan klik 'OK' untuk melanjutkan.

6. Bagaimana untuk membakar CD audio
CD yang bermain di CD player standar perlu di Disc Format Audio Digital Compact. Sebagian file musik yang disimpan pada PC dalam bentuk terkompresi dan perlu diubah. Beberapa program yang mampu melakukan hal ini, termasuk Windows Media Player, tapi CD BurnerXP menyediakan antarmuka yang sangat sederhana.

Peluncuran program dan memilih 'Audio disc'. Klik 'OK'. Browse ke file audio yang ingin Anda sertakan dalam disk Anda dan menyeret mereka ke panel bawah dalam urutan yang Anda ingin mereka untuk tampil di CD. Masukkan CD dan klik 'Membakar' untuk menghasilkan disc akhir.

7. Bagaimana untuk menggabungkan file VOB
DVD direkam pada camcorder atau rumah DVD recorder menyimpan isinya dalam VOB, IFO dan file BUP. File-file dengan ekstensi VOB yang berisi video, sedangkan jenis lainnya termasuk informasi disk dan backup.

Anda dapat memutar file VOB di VLC media player, tetapi file Anda tidak selalu cocok dengan bab.
Untuk mendapatkan video penuh, Anda mungkin perlu untuk menggabungkan beberapa file VOB. Ada sebuah program sederhana yang akan melakukan ini, disebut Gabung VOB File Tool. Mendapatkannya dari sini, kemudian unzip file tersebut dan meluncurkan executable.

Klik 'Tambah VOB file' dan browse ke file yang ingin bergabung. Klik 'Ubah nama file' dan memberikan nama dan lokasi untuk bergabung file, kemudian klik 'Join file VOB'.

8. Bagaimana untuk membakar cakram Blu-ray

Untuk membakar cakram Blu-ray, Anda akan memerlukan disk itu sendiri dan drive mampu menulis untuk itu. ImgBurn mendukung perekaman Blu-ray. Peluncuran dan pilih Menulis File / Folder ke disk. Untuk disk data, menambahkan file dan folder apapun Anda ingin 'Sumber' kotak.

Jika Anda memiliki disk Blu-ray video yang menulis, Anda harus memiliki folder berlabel 'BDAV' atau 'BDMV', dan satu label 'SERTIFIKAT'. Browse ini dan menambahkannya ke kompilasi Anda.
Sekarang pilih 'Options' di sisi kanan, kemudian 'Tipe Data MODE1/2048'. Untuk 'Filesystem' pilih 'UDF', dan 'UDF revisi' pilih '2 .50 '. Centang kotak yang bertanda 'subdirektori Rekursif'.

Sekarang, pada 'Informasi' tab, klik 'Hitung' untuk memeriksa Anda memiliki cukup ruang. Klik 'Build' dan memberikan volume label saat diminta.

9. Cara membuat file Recovery


Setiap kali Anda membakar cakram data, Anda mungkin memiliki beberapa ruang cadangan. Anda bisa menggunakan ini untuk menyimpan file lain untuk memastikan setiap disk penuh atas, atau Anda bisa menggunakannya untuk keuntungan yang lebih baik dengan menyimpan file recovery untuk data yang sudah menempatkan pada disk Anda.

QuickPar adalah verifikasi data dan recovery tool yang memungkinkan Anda membuat file pemulihan dari aslinya. Jika sesuatu hilang, Anda dapat menggunakan file-file pemulihan dan apa yang tersisa dari data untuk merekonstruksi bit hilang.

Peluncuran QuickPar dan klik 'Add files'. Tambahkan semua file yang ingin Anda sertakan pada disk Anda. Tarik 'redundansi' slider sampai ukuran data yang cocok ruang luang Anda. Klik 'Buat' untuk menghasilkan PAR2 file. Setelah selesai, kembali ke Program pembakaran disk Anda, menambahkan PAR2 file dan membakar disk.

10. Cara mengembalikan file dari PAR2
Peluncuran QuickPar dan klik 'Open'. Browse ke salah satu dari PAR2 file di samping data yang Anda disalin dari disk Anda rusak.

Perangkat lunak ini akan mendeteksi file yang hilang atau rusak dan menunjukkan mereka sebagai scan data. Selama tidak terlalu banyak data yang telah rusak, QuickPar dapat memulihkan apa yang telah hilang. Klik 'Perbaikan' dan menunggu untuk program untuk mengembalikan file yang rusak ke tempat yang selayaknya mereka.

11. Bagaimana membaca disk yang rusak
Jika Anda menemukan bahwa CD atau DVD tidak lagi membaca dengan benar dan tidak ada sidik jari terlihat atau goresan, Anda mungkin dapat menyelamatkan beberapa atau sebagian besar data menggunakan versi gratis dari ISO Buster.

Masukkan disk Anda rusak dan meluncurkan ISO Buster. Klik 'Refresh' jika tidak terdeteksi. Anda akan melihat setiap sesi rekaman pada disk. Pilih 'File' dan memilih sesi. Pilih 'Ekstrak sesi | data pengguna Extract'. Menyediakan lokasi untuk menyimpan ini ke disk. Anda kemudian dapat membuka gambar dan mengembalikan file utuh.

12. Bagaimana mengkonversi ke ISO

Instal Recorder ISO, yang tersedia dari sini. Masukkan disk akan dikonversi, klik kanan pada My Computer dan pilih 'Create image'.

Dalam dialog, pastikan drive yang tepat dipilih dan browse ke lokasi di mana Anda ingin menyimpan file gambar. Memberikan nama file. Klik 'Next' dan menunggu sebagai ISO image yang dihasilkan. Ketika itu selesai, klik 'Finish'. Anda sekarang dapat browse ke file gambar disk ISO Anda.

5 comments

  1. Nnya gan, apa setiap cd/dvd rom perlu melakukan penginstallan driver atau tinggal colok & pake aja? Mslhnya ane ga bisa burn smnjak pake dvd rom LG, udh coba pake nero 6 & 8 psti gagal trs.

    Permasalahan utamanya, setiap proses burn selalu gagal, klo ane pake burner windows media player keterangannya komplit/sukses tp pas ane buka CD nya masih blank/ga ada filenya itu lari kemana filenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan sory, DVD-ROM agan bisa untuk nulis gak? karna ada 3 jenis DVD-ROM

      1. DVD-ROM Biasa
      2. DVD-ROM Combo
      3. DVD-ROM RW

      yang bisa buat nulis DVD ya yg no 3 doang CUY

      Delete
  2. coba bakar discnya dengan software yang memang khusus untuk membakar disc,seperti CD Burner Xp misalnya

    ReplyDelete
  3. bung ihsan , [maaf kalo namanya salah] ,infor,asinya sangat konak ,makasih

    ReplyDelete
  4. Mau nanya gan. Saya burning video di dvd tapi menggunakan UDF. Apakah bisa diputer di dvd player bisa(bukn komputer)?

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!