Tutorial Cara Membuat PCB di rumah (part 1)

Anda yang merasa sebagai pegila dunia elektronika, pasti mengenal istilah PCB (printed circuit board... thumbnail 1 summary
Anda yang merasa sebagai pegila dunia elektronika, pasti mengenal istilah PCB (printed circuit board) atau istilah gampangnya papan rangkaian. Untuk kalangan profesional tidak jadi masalah untuk menciptakan sebuah PCB yang bagus dan sesuai keinginan rangkaian elektroniknya.

Yang sudah mahir mereka tanpa berpikir ulang untuk menciptakan sebuah PCB sesuai keinginan, dengan cepat mereka desain layout kemudian proses pembuatan PCB. Selesai!

Tetapi untuk yang baru mengenal dunia elektronika terlebih orang awam pasti bingung memulai membuat PCB dari bagian mana dulu dan seperti apa caranya. Tentu saja di pasaran sudah tersedia beberapa produk  PCB siap pakai.


1. (PCB dot matrix). PCB ukuran 10x20 cm berlubang kecil-kecil sesuai ukuran kaki IC. Penggunaannya cukup mudah circuit tinggal di hubungkan sendiri-sendiri menggunakan kabel, seperti gambar rangkaian di gambar. Selesai


2. Project board/ white board, PCB seperti ini sangat cocok sekali untuk pertama kali belajar mengenal elektronika dan hanya bisa diterapkan untuk circuit yang sederhana saja, untuk rangkaian yang komplek sangt tidak dianjurkan sekali menurut saya, sebab akan banyak sekali kabel/ jumper.


3. Jumper langsung, penggunaan yang cukup praktis, antar kaki komponen langsung di hubungkan tanpa PCB dan sedikit kabel, bentuk rangkaiannya pun akan menjadi tidak beraturan. Sangat tidak baik untuk rangkaian yang menggunakan arus dan tegangan tinggi seperti 220VAC (kecuaki ada isolator yang baik), rangkaian oscilator frekuensi, beberapa audio.

Setelah penjelasan singkat tentang mengenal PCB akan dijelaskan cara membuat PCB.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!