Apa Perbedaan Mesin Jigsaw dan Mesin Circular Saw

Caratekno – Kita kali ini akan membahas mesin yang sering digunakan untuk pekerjaan pertukangan kayu.

Mungkin anda memiliki kedua mesin ini di bengkel kerja tapi selama ini tidak terlalu memperhatikan perbedaan keduanya, yang penting pakai saja.

Nah untuk anda yang akan memilih sebelum membeli silahkan simak penjelasan CARATEKNO artikel ini

Mana yang lebih baik ? Jigsaw atau Circular saw

Pertanyaan ini yang sering dilontarkan kebanyakan pengguna sebelum membeli. Nah, daripada bertanya terus mending langsung saja.

Seberapa sering anda menggunakan gergaji kayu, jika sering maka pilihan tepat pada mesin gergaji listrik lebih cepat, efisien dan hemat tenaga.

Mesin Jigsaw listrik dirancang khusus kerja mekanisnya seperti gergaji konvensional dengan bilah gergaji tegak lurus ke atas.

Mata gergaji juga macam-macam tergantung bahannya nanti kita jelaskan secara detail

Sudut kemiringan potong mesin jigsaw bisa kita atur 45 – 90 derajat begitu juga dengan mesin circular saw bisa diatur kemiringannya sesuai kebutuhan.

Lebar mata gergaji jigsaw juga terbuat dari bahan baja yang lentur sehingga memotong dengan alur yang sulit sangat mudah dilakukan seperti papan kayu dipotong alur meliuk-liuk/bergelombang.

Tentu ini sangat sulit bila dipotong dengan mesin gergaji circular atau gergaji konvensional bila gergaji yang lebar. Berbeda halnya dengan gergaji ukir. Namun gergaji ukir hanya khusus untuk kerajinan ukir pola-pola yang sulit. Untuk mesin namanya scroll saw nanti kita akan bahas.

Hasil potongan mesin jigsaw hampir mirip dengan gergaji manual agak kasar. Mesin jigsaw terkenal handal dalam memotong kayu apapun kecuali jenis kayu keras lebih baik menggunakan mesin circular saw, jigsaw bahkan dirancang untuk memotong besi dengan mata gergaji khusus logam.

Baca Juga  Perbedaan RAM dan ROM

Mesin Jigsaw tidak hanya untuk kayu saja bahkan bisa digunakan untuk memotong material lainnya seperti plastik, playwood, triplek, keramik, hardboard dan sebagainya. Gunakan mata gergaji yang khusus sesuai peruntukannya.

Untuk hasil potongan yang rapi dan lurus anda bisa gunakan penggaris kayu pembatas garis potong.

Bahkan beberapa merek pabrik memasang laser sebagai penggarisnya.

Berbeda dengan circular saw, mesin jigsaw kecepatan putaran mesin dapat diatur mulai dari skala rendah hingga putaran paling tinggi ditandai dengan saklar pengatur putaran 1,2,3,4, dan 5 di pegangan mesin.

Tentu ini menjadi keuntungan tersendiri selain daya listrik yang kecil tenaga mesin juga sangat kuat sekali namun tidak sebesar power circular saw.

Karena mesin ini selain motor listrik juga mengandalkan mekanisme scotch yoke. Nah, mekanik inilah yang menyebabkan mata gergaji memotong naik-turun.

File:Scotch-Yoke-in-color.gif - Wikimedia Commons

Jadi kesimpulannya Jika anda sering menggunakan gergaji dengan bentuk pola potongan yang rumit tidak lurus, serta bahan potong yang berbeda-beda serta kecepatan mesin bisa di atur maka pilih terbaik saya rekomendasik anda untuk memilih mesin jigsaw.

Mesin circular saw

Mesin gergaji circular ini sangat berat dan lebih besar dari jigsaw. Power listrik yang besar, putaran yang sangat cepat, dan mata gergaji lebih besar sanggup memotong material apa saja selain kayu, plastik, triplek dan sebagainya.

Hasil potongan juga rapih dan lebih cepat.

Meski tergolong berat dan besar mesin ini masih tergolong jenis mesin tangan bukan mesin meja potong kayu yang mesinnya lebih besar dan tidak bisa dibawa.

Namun jika tidak ingin membeli mesin meja potong, anda bisa mengaplikasikan mesin circular di meja tentu dudukannya mesti dibuat dahulu.

Seperti halnya jigsaw, mesin circular sudut kemiringan potong dapat di atur sesuai sudut yang anda inginkan.

Baca Juga  5 Hal Unik Peralatan Manusia Seputar Teknologi Sehari-hari

Karena menggunakan mata gergaji berbentuk piringan besar selebar piring makan, dekat dengan pegangan tangan, penutup piringan gergaji terbuat dari material besi.

Tidak itu saja bagian bawah gergaji juga diberikan pelindung gergaji akan terbuka otomatis ketika mesin mesin siap memotong kayu.

Untuk hasil potongan yang lurus gunakan penggaris kayu.

Jadi kesimpulannya jika ingin hasil potong rapi, anda tidak perlu memotong dengan potongan yang rumit hanya lurus saja butuh dan ingin memotong kayu secepat mungkin, maka saya rekomendasikan pilihlah mesin gergaji circular.

Ukuran circular saw lebih besar ketimbang jigsaw yang ringan dan lebih mudah dibawa-bawa.

Keuntungan dan Kerugian Mesin Jigsaw vs Mesin Circular Saw

Keuntungan mesin jigsaw

  • Lebih murah dari sisi harga antara kisaran Rp250rb-Rp350rb
  • Lebih ringan, karena bentuknya yang enak dipegang hanya dengan dynamo yang kecil berdaya antara 350W-450W saja
  • Bisa memotong sudut yang rumit/bergelombang
  • Lebih mudah penggunaannya karena ukuran yang sangat pas untuk orang dewasa
  • Lebih aman digunakan, karena mata gergaji bentuknya ramping dan posisinya jauh dari pegangan tangan, jigsaw sangat aman digunakan, namun anda tetap disarankan menggunakan kacamata kerja.
  • Hasil potongan sedikit debu kayu, hasil potongan juga rapi ampas debu sedikit sekali meskipun tidak sehalus potongan gergaji circular yang menyisakan kotoran debu yang banyak sekali.
  • Mata gergaji lebih bervariasi, Jigsaw cocok untuk semua material kayu, plastik, dan logam.

Mata gergaji tentu harus disesuaikan dengan materialnya. Ada banyak sekali pilihan di jual dan ukuran mata gergaji khusus sesuai materialnya.

Nanti kita akan bahas jenis mata gergaji jigsaw nanti ya.

Kerugian Mesin Jigsaw

  • Mata gergaji mudah patah jika paksa memotong melengkung pada jenis kayu keras.
  • Mata gergaji dapat melengkung
  • Variasi mata gergaji untuk setiap material yang bagus harganya mahal
  • Kelemahannya pada saat memotong panjang lurus kurang begitu bagus, solusinya anda harus menggunkan garis bantu
  • Model yang lebih murah cenderung lebih bergetar
Baca Juga  Inilah 9 Manfaat Kipas Angin Model AC Bikin Udara Lebih Sejuk!

Keuntungan mesin circular saw

  • Lebih cepat memotong kayu, mata piringan gergaji ukuran besar jadi keuntungan tersendiri circular memotong kayu lurus lebih cepat tidak butuh ketelitian pola potong seperti mesin jigsaw
  • Bisa memotong jenis kayu yang sangat keras sekalipun, karena daya mesin besar
  • Piringan mata pisau meski mahal, namun awet tahan lama
  • Mesin circular adalah pilihan terbaik untuk urusan memotong lurus, semua jenis kayu apapun.

Kerugian mesin Cirucular Saw

  • Tidak bisa memotong meliuk/melengkung/bergelombang, hanya bisa dihandalkan memotong lurus saja
  • Suara berisik, Power mesin besar akibatnya putaran mesin jadi lebih berisik ketimbang mesin jigsaw
  • Lebih berat, dinamo yang besar, power yang besar, piringan yang besar mempengerahui
  • Hasil pemotongan lebih banyak membuang debu kayu ketimbang mesin jigsaw
  • Lebih mahal dari sisi harga beli

Kesimpulannya

  1. Untuk pengerjaan proyek skala kecil seperti pekerjaan pertukangan di rumah, kerajinan atau material kayu, logam, dan plastik yang kecil atau sedang tidak terlalu besar. Serta tidak membutuhkan akurasi pemotongan lurus dan halus atau ingin memotong material dengan bergelombang makan mesin jigsaw adalah pilihan terbaik anda. Siapkan dana antara Rp250rb – Rp400rb tergantung dari kualitas merek mesin.
  2. Untuk pengerjaan proyek skala menengah dan besar atau anda sedang menggarap sesuatu yang membutuhkan material kayu yang banyak mulai dari lembaran triplek atau bahkan kayu glondongan. Hasil potongan juga dibutuhkan lurus sempurna dan cepat. Maka circular saw adalah jawaban peralatan yang sangat tepat.
  3. Pergunakan peralatan dengan bijak dan tepat selalu menggunakan peralatan keamanan seperti kacamata bengkel, sarung tanga kerja, alas meja kayu, clamp penjepit kayu, penggaris bantu pemotongan.
  4. Pilihlah mata gergaji jigsaw sesuai materialnya karena jenis mata gergaji yang cukup bervariasi untuk setiap material.

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.