Charger Baterai Otomatis

Rangkaian ini merupakan charger baterai yang dirancang khusus untuk baterai atau aki yang disimpan (tidak dipakai) dalam jangka waktu lama, misalnya pada sepeda motor yang tidak dipakai selama musim penghujan. Maka anda bisa mengambil baterai dari kendaraan itu dan menghubungkannya secara permanen dengan pengisi yang dihidupkan satu atau dua kali seminggu.

Baterai tersebut akan termuati dan kalau sudah mencapai tegangan nominal. Sakelar pengisi tersebut akan putus sendiri.

Namun tetap siap dan jika tegangan baterai turun di bawah harga nominal, dan akan kembali hidup sendiri.

Anggaplah bahwa baterai di dalam diagram rangkaian mempunyai tegangan di bawah harga nominalnya

Seketika pengisi tersebut dihidupkan, arus akan mengalir melalui D3 ke gerbang penyearah terkemudi SCR Th1.

SCR menghantarkan dan arus muatan mengalir melalui baterai seperti ditunjukkan oleh ammeter M.

Tegangan baterai meningkat perlahan-lahan dan demikian pula potensio pada R1/P1.

Kemudian kondensator C1 mengisi pada suatu taraf tegangan apit tertentu, dioda zener D4 mulai menghantar, lalu arus hantar dan mengakibatkan arus gerbang Th1 turun di bawah harga yang dipertahankan .

Jika itu terjadi Th1 tersumbat dan arus membaca D. Jika setelah beberapa saat tegangan baterai kembali turun di bawah harga nimnalnya, arus gerbang TH1 mengecil, maka SCR menghantar, dan arus pengisian mengalir kembali ke baterai.

Charger baterai ini dikalibrasi dengan menghubungkan sebuah baterai bermuatan penuh di dalam rangkaian dan mengatur P1 sedemikian sehingga tak ada arus mengalir ke ammeter.

Catatan: Bahwa transformator harus dapat memberikan arus pengisian lebih dari 5A. Ini dikarenakan jika Th1 menghantar dan bebanya hanyalah sekunder transformator dan betarai.

Untuk keamanan selama unjuk kerja. Th1 harus sanggup memindahkan arus sambung sampai dengan 10A, TIC 236A dan TID 246A misalnya harus memenuhi persyaratan ini. Untuk diode penyearah, SKN 26/04 SD 25, BYS 24-90, sudah cukup memadai. Arus maju maksimal untuk dioda-dioda ini tidak boleh kurang dari 8A.

Gambar Rangkaian:

General Electric, Auburn N.Y. USA Notice 630.15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.