Membuat Charger Aki Otomatis dengan Relay

Rangkaian ini adalah rangkaian charger aki yang bekerja secara otomatis menggunakan relay sebagai saklar pemutus arusnya. Penggunaan relay pada rangkaian ini bertujuan supaya pada saat aki penuh rangkaian akan benar-benar terputus dengan sumber, alasan ini merupakan pertimbangan yang penting untuk penghematan energi, selain itu juga bertujuan untuk proteksi terhadap aki supaya umur pakainya lebih lama.

rangkaian charger aki

Prinsip Kerja Rangkaian

Rangkaian ini menggunakan prinsip kerja seperti sistem pompa otomatis pada tampungan/tandon air. Charger dianalogikan sebagai pompa air sedangkan aki adalah tampungan/tandon airnya. Mula-mula saat aki kosong maka charger akan mengisi aki sampai penuh, saat penuh maka charger akan mati. Saat aki dipakai dan tegangannya berkurang pada level tertentu maka charger akan menyala kembali, begitu seterusnya. Setingan level saat charger mulai menyala dan mulai mati dapat diset menggunakan potensiometer.


rangkaian charger aki

IC 555 berfungsi sebagai dua komparator dan set-reset flip-flop. Untuk set flip-flop, sebuah pembagi tegangan dan VR1 masuk ke pin 2, dan untuk reset flip-flop masuk melalui pin 6. Saat tegangan baterai rendah maka flip-flop akan mendapat sinyal set dan keluaran dari pin 3 akan mengaktifkan relay. Saat tegangan naik dan baterai penuh maka flip-flop akan mendapat sinyal reset, dan keluaran akan mematikan relay, begitu seterusnya. Saat baterai berada pada level tengah dan kita ingin melakukan pengisian secara manual maka S1 dapat ditekan untuk menyalakan charger secara manual.

Contoh Aplikasi

Modul charger ini dapat digunakan untuk mengisi aki 12 Volt dengan kapasitas maksimal 100Ah. Dapat digunakan untuk mengisi aki basah maupun aki kering. Selain itu modul ini juga dapat dipasang sebagai proteksi pada charger UPS dan charger pada emergency lamp agar aki tidak diisi terus menerus pada saat aku telah terisi penuh.

Petunjuk penyetelan dan perakitan

Pada modul charger ini terdapat sebuah terminal masukan, terminal keluaran, dan terminal saklar pemutus. Terminal masukan disambungkan ke dioda bridge dan transformer sebagai sumber tegangan DC 18 Volt. Terminal keluaran disambungkan ke aki yang akan diisi. Terminal saklar pemutus disambung secara seri dengan lilitan primer transformer.

Modul Jadi siap Pakai

Apabila anda berminat untuk membuat rangkaian ini tetapi tidak ingin terlalu repot, kami menyediakan modul jadi siap pakai tanpa travo. Berikut adalah beberapa foto Modul Pengisi Aki Otomatis dengan relay pemutus.

referensi artikel : innovasi.blogspot.com/2014/05/rangkaian-pengisi-aki-otomatis-dengan.html

13 comments on “Membuat Charger Aki Otomatis dengan Relay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.