Cara Membuat Lampu Hias Geomterik dari Kardus

Sangat menyenangkan berkreasi dengan kardus atau karton bekas bungkus/ kemasan produk yang kadang di... thumbnail 1 summary
Sangat menyenangkan berkreasi dengan kardus atau karton bekas bungkus/ kemasan produk yang kadang dibuang tak terpakai. Nah, kreasi kali ini juga tidak jauh temanya dari lampu dekorasi yang banyak artikel saya tulis. Ide sederhana ini dapat dari rekan lindarose92 yang memanfaatkan kardu bekas menjadi barang cantik. Ayo kita sima cara membuat lampu hias unik bentuk geomtrik dari kardus bekas.


Lampu ini adalah dodecahedron disusun oleh banyak segilima yang digabung bersama-sama. Menyusunnya tidak sesulit kelihatannya, Anda akan membutuhkan banyak kesabaran dan waktu untuk memotong semua potongan-potongan ini dengan tangan!

Jangan khawatir, hasilnya akan membalas Anda, dengan hasil karya yang cantik. percayalah! ;)

Langkah 1: Apa saja yang Anda butuhkan untuk membuatnya

  • Karton - Saya menggunakan karton tipis agar lebih mudah untuk memotong dengan cutter kecil
  • penggaris dan pensil
  • Glue gun/ lem panas
  • Lem putih
  • LED 
  • * lampu dan lampu pemegang
  • * lampu LED sangat penting karena tidak akan membakar kardus.

Langkah 2: Menggambar segilima
Menggambar 11 segilima biasa pada kardus. Segi lima ini biasa disebut pentagon biasa yakni yang memiliki sisi yang sama.
Sisi-sisi segilima saya membuat yang 6cm panjang (2,36 inci) tapi ini terserah Anda ukurannya. Yang paling penting adalah bahwa semua segilima harus sama. Cobalah untuk seakurat mungkin!

Langkah 3: Potong perbagian
Sekarang menggambar 5 pentagons kecil di setiap dari 11 segilima Anda. Segilima tadi harus memiliki jarak sekitar 6 mm (0,23 inci) dari satu sama lain, seperti yang Anda lihat di foto pertama. Yang harus Anda lakukan adalah mengukur 6mm dari sisi dan menelusuri garis.

Ketika Anda akhirnya selesai menggambarnya, potonglah dengan sangat hati-hati menggunakan cutter.
Saya memutuskan untuk menghapus pentagon tengah, tetapi Anda dapat tetap jika Anda suka.

Ini adalah langkah terpanjang untuk membuat, tapi tidak terlalu sulit! ;)

Baca juga: 12 cara membuat lampu hias lainnya yang unik dan kreatif

Langkah 4: Menyusun segilima
Mari kita pertimbangkan kelompok pertama Anda dari segilima sekarang:

Baring ukuran yang terbesar di atas meja dan lem berikutnya (lebih kecil) satu di atasnya menempatkan sudut pada sisi yang besar. Segilam yang telah kita potong akan kita buat 5 segitiga kecil di sekitarnya.

Ini terlihat seperti bintang, bukan? :)

Sekarang lem pentagon berikutnya di atas, selalu mengubahnya seperti yang Anda lakukan sebelumnya, sehingga sudut selalu cocok sisi pentagon sebelumnya. Terus menambahkan yang berikutnya mengikuti pola ini, satu demi satu.

Anda bisa menggunakan lem putih atau lem panas (hot glue gun) untuk ini. Saya menggunakan lem putih, tapi itu tidak membuat perbedaan besar.

Ketika Anda selesai dengan kelompok pertama segilima, lanjutkan cara ini dengan yang lain 10 kelompok juga.

Langkah 5: Susun kap lampu
Sekarang semua potongan Anda selesai, Anda dapat membuat kap lampu.

Pertama-tama letakkan pentagon di atas meja (atau sesuatu yang membuat datar).
Oleskan lem panas pada 2 sisi yang berdekatan dan lem pentagon baru pada masing-masing, pastikan untuk menempatkan mereka dengan cara yang 2 sisi vertikal mereka juga menyentuh satu sama lain. Anda akan melihat bahwa agar berkaitan satu sama lainnya.

Menyelesaikan putaran pertama perekatan 3 segilima baru di 3 sisi kiri "dasar".
Anda akan mendapatkan sesuatu yang tampak seperti mangkuk.

Tambahkan potongan baru lainnya di atas 2 dari hasil tadi, perekatan 2 dari sisi berdekatan atas 2 segilima, seperti yang Anda lihat pada gambar ketiga.

Lakukan hal yang sama di seluruh "mangkuk" menempelkan 4 segilima Anda telah meninggalkan.
Semua 5 buah putaran kedua harus menyentuh satu sama lain juga di sisi mereka: untuk melakukan hal ini, Anda perlu menempatkan mereka seperti jika Anda menutup "mangkuk" untuk membuat bola.

Putar lampu berbentuk setengah bola dan balikkan: kap lampu Anda selesai!

Langkah 6: Potong bagian alas dasar
Ambil sekitar 8 segilima baru di kardus, seperti yang Anda buat di Langkah 2.
Jumlah potongan yang Anda butuhkan untuk dasar tergantung pada seberapa tebal karton Anda dan seberapa tebal dasar pemegang bola Anda. Untuk alasan ini, pastikan untuk membuat beberapa percoba dengannya. Anda mungkin perlu menghapus atau menambahkan beberapa potongan.

Ketika Anda yakin jumlah segilima yang Anda butuhkan, menggambar pentagon kecil di masing-masing, sekitar 1cm (0,39 inci) dari tepian.
Potong semuanya menggunakan cutter buang bagian tengahnya.

Lem potongan-potongan tadi menjadi satu di atas yang lain dengan lem putih (atau lem panas), pastikan untuk mencocokkan sudut dan sisi mereka bersama-sama agar tidak miring

Langkah 7: Membuat potongan penyangga
Bagian terakhir ini adalah salah satu yang akan mengadakan pemegang lampu bola kardus. Jadi, gambarlah satu lagi pentagon pada karton, seperti yang sebelumnya, dan menarik garis dari pemegang bola Anda di tengah.

Memotong kedua pentagon dan garis putaran di tengah. Lubangi bagian tengah sehingga lubang bundar untuk pemegang bola Anda untuk dimasukkan. Lem potongan pentagon baru di atas sisa dasar, lalu atur letak sisi dan sudut sudutnya.

Akhirnya, mengubah dasar terbalik dan memotong bagian tipis di bagian bawah satu sisi, sehingga kabel akan melewatinya dan lampu akan stabil.

Langkah 8: kap lampu + penyangga = Lampu Hias!
Yang harus Anda lakukan sekarang adalah memasukkan pemegang bola melalui lubang di dasar, dan akhirnya menempatkan kap lampu yang Anda buat di atasnya!

Jika Anda ingin kap lampu Anda menjadi sempurna berdiri di dudukan lampu, lem beberapa potongan-potongan kecil dari kardus di pangkalan, sangat dekat dengan sisi-sisinya, seperti yang saya lakukan di sini.

Gambar panduan membuatnya bisa Anda liat secara bertahap disini
Ayo, ciptakan efek cahaya lampu kardus yang spektakuler!

2 comments

Silahkan komentar yang baik ya...!