Perbedaan Laptop vs Komputer Desktop

Caratekno – Ketika anda sedang memutuskan untuk membeli apakah mau beli laptop atau PC. Anda bisa menimbang sesuai kebutuhan dan kriteria yang cocok untuk menunjang pekerjaan.

Berikut artikel ini akan memandu mempermudah dalam pilihan antara laptop atau komputer desktop.

Sebagai disclaimer, perbandingan ini tentu pro dan kontra silahkan indormasi ini sebaga bahan pertimbangan saja ya.. OK lanjut pembahasannya.

Perbedaannya sebagai berikut

Biaya

Komputer – Tersedia berbagai banyak pilihan komponen yang sangat variatif mulai dari harga murah dan mewah tergantung kantong, Untuk komputer standart yang cukup bagus bisa diharga mulai dari Rp 1juta – Rp 5jutaan. Suku cadang juga sangat mudah ditemukan.

Laptop – Komponen laptop juga beragam juga tersedia dipasaran tapi terbatas untuk komponen tertentu tidak seperti suku cadang dan komponen pada PC. Untuk spesifikasi laptop yang super cepat, kualitas gambar dan penyimpanan besar diperlukan harga yang sangat mahal kisaran Rp 7jutaan – Rp40jutaan tentu dipengaruhi brand laptop sendiri.

Intinya: Membeli komputer desktop banyak keunggulan untuk urusan biaya komponennya, PC lebih murah ketimbang laptop.

Baca Juga  Ikuti 3 Langkah Praktis Belajar Komputer Ini, Ternyata Sangat Gampang Kok!

Portabilitas

Komputer – Komputer desktop memiliki layar monitor besar yang terpisah dengan CPU membutuhkan tempat sendiri di atas meja banyak kabel melintang agak rumit memang di atas meja. Sebab, komputer dirancang untuk diletakkan di satu tempat dan tidak berpindah-pindah seperti untuk kantoran atau rumah.

Laptop – Karena bentuknya yang ringan mudah dijinjing laptop didesain khusus untuk mudah dibawa kemana-mana tanpa perlu listrik lagi. Anda bisa mengerjakan pekerjaan di rumah, kantor, lapangan, atau dalam perjalanan di dalam kendaraan. Laptop sangat praktis dan cocok untuk anda dengan tingkat mobilitas tinggi.

Intinya: Untuk urusan kepraktisan dan mudah dibawa-bawa laptop juaranya tidak diragukan lagi.

Baca Juga  5 Cara Mudah dan Gratis untuk Meningkatkan Skill Komputer Anda

Processor

Komputer – Processor komputer dekstop lebih besar ketimbang laptop, namun performanya sangat powerful ketimbang processor laptop. Seringnya brand Processor mengeluarkan processor jenis baru untuk komputer desktop terlebih dahulu ketimbang laptop.

Laptop – Karena memetingkan kerampingan desain processor laptop dihimpit dan diperkecil menyatu dengan komponen lainnya, sangat terbatas. Karena itulah processor gaming harganya sangat mahal sekali

Intinya: Komputer desktop sangat pantas dibeli jika membutuhkan performance dan tidak perlu dibawa-bawa.

Baca Juga  Cara Reset Password Bios Laptop Acer Tanpa Bongkar Casing

Internal Storage

Komputer – karena tempatnya yang leluasa komputer desktop bisa dipasangi internal harddisk yang lebih banyak.

Laptop – Biasanya laptop hanya memiliki satu tempat khusus untuk harddisk tidak bisa dipasang lebih, Jika ingin diperbesar kapasitasnya maka perlu diganti baru.

Intinya: Untuk urusan jumlah harddisk internal Komputer desktop pemenangnya. Namun keduanya bisa anda tambahkan opsional harddisk eksternal atau cloud storage.

Baca Juga  10 Tips Komputer untuk Pemula

Perakitan, instalasi dan pengaturan

Komputer – Untuk seting komputer dekstop memerlukan sedikit skil teknik komputer, anda harus paham fungsi dan cara pemasangannya mulai dari instalasi komponen, dan pengaturan perangkat lunak. Meskipun terlihat hal sepele masih tetap rumit ketimbang instalasi laptop.

Laptop – Sesuai bentuknya yang sangat ramping, laptop disesain pabrik langsung pakai sejak pengguna membelinya tanpa perlu lagi instalasi dan pusing aplikasinya. Cukup butuh waktu sedikit membaca buku petunjuk, mengecharge baterainya, dan menekan tombol power, kurang semenit laptop sudah siap dipakai.

Intinya: Laptop pemenangnya untuk kategori ini, laptop sangat mudah digunakan dalam beberapa menit saja.

Baca Juga  Langkah Awal Bagaimana Cara Menggunakan Komputer Secara Mudah

Keyboard

Komputer – Bentuk dan ukuran keyboard USB komputer dekstop sangat besar dan dilengkap numpad disisi kanannya sangat mudah digunakan dan enak secara ergonomis di tangan.

Laptop – Ukuran layar semakin kecil 14″ dan 10″ maka ukuran keyboard semakin mungil mengkuti bentuk layar monitor. tentu ini menjadi nilai kurang dari laptop. Laptop 17 inchi keyboardnya hampir mirip seperti keyboard destop terdapat numpad disisi kanannya, sayangnya laptop ini semakin besar maka semakin berat.

Intinya: Komputer PC keyboardnya unggul lebih baik dan nyaman. Bagaimanapun keyboard PC juga bisa disambungkan ke laptop via USB, cuma agak ribet nantinya.

Baca Juga  5 Tips Sederhana Meningkatkan Performa Laptop Lama Ketimbang Beli Baru

Ukuran layar monitor

Komputer – ukurang layar monitor LCD Komputer tersedia mulai 16″ sampai ukurang tak terbatas, bebas anda mau gunakan yang ukuran berapa inchi.

Laptop – Sejak awal mula diciptakan sampai teknologi terbaru, layar laptop hanya menyajikan ukuran layar 10″ – 17″ saja.

Intinya: Lagi-lagi urusan Monitor LCD/LED komputer desktop pemenangnya, Tapi Laptop juga bisa disambungkan dengan monitor lebih besar, TV dan proyektor.

Baca Juga  Perkembangan Teknologi Cache

Sumber daya

Komputer – sumber daya komputer desktop mengkonsumsi lebih banyak ketimbang laptop. Membutuhkan watt power supply yang lebih besar untuk komponen yang banyak, dan monitor. Jika sumber listrik tidak stabil atau padam listrik bisa-bisa dokumen terancam hilang jika tidak disimpan.

Laptop – Sumber daya komputer membutuhkan lebih kecil ketimbang desktop. Semakin kecil komponen utama maka dibutuhkan sumber daya lebih kecil. Laptop juga dilengkapi dengan battery dan indikatornya. Jika terjadi naik-turun tegangan listrik dan padam tidak masalah dan khawatir data hilang.

Intinya: urusan tegangan dan sumber daya Laptop juaranya. Laptop minim power dan ada baterai masih ada waktu untuk simpan dokumen.

Baca Juga  Cara Kerja Subsisteme Cache

Upgrade

Komputer – Hampir semuanya komponen komputer desktop mudah dilepas, hal ini tentu memudahkan untuk upgrade selama motherboard mendukungnya. Casing komputer lebih luas sehingga anda bebas menentukan komponennya dan peralatan penunjang lainnya seperti kipas pendingin yang lebih bagus.

Laptop – Hanya harddisk dan RAM saja yang bisa anda Upgrade sedangnkan untuk VGA, Processor, LAN, WIFI, Sound card dan part komponen lainnya tidak bisa diganti atau ditambah dengan yang lebih baru. Jika ingin upgrade semuanya anda mesti beli baru.

Intinya: Komputer PC unggul lagi untuk urusan upgrade. Komputer lebih leluasa dan mudah untuk upgrade part komponennya.

Baca Juga  3 Tips Tidak Sembarangan Cara Mendownload Aplikasi di Laptop yang Bisa Membahayakan Komputer

Gaming

Komputer – Video grafis dengan daya yang besar lebih baik untuk kebutuhan bermain game. Visual lebih mulus dan sangat berkualitas. Selain itu VGA Card pada komputer desktop terdapat dual output monitor yang sangat keren dan lebih baik jika double monitor dibuat main game,

Laptop – Secara fisik laptop terbatas, tentu juga kapasitas video card juga tidak bisa maksimal, daya kecil ketimbang komputer dan mudah panas pada seluruh casing sehingga menurunkan performa jika digunakan dusari lama sebab pendingin tidak baik.

Intinya: Komputer menang di kategori gaming, b ermain game dengan desktop terasa puas dan mengesankan daripada bermain di laptop.

Baca Juga  Tip seputar DVD

Reparasi

Komputer – Memperbaiki komputer desktop secara umum sangat mudah sebab kebanyakan hardwarenya mudah ditemukan dan dibeli dengan harga terjangkau sesuai selera. Anda bisa memilih komponen bekas berkualitas atau yang baru di toko komputer.

Laptop – Bagi sebagian orang para pemakai laptop tidak semua bisa memperbaiki laptop sendiri sebab susah dan rumit. Sebaiknya anda ke tempat service yang profesional agar reparasi laptop bisa ditangani cepat dan baik.

Intinya: komputer urusan perbaikan sekali lagi mengalahkan laptop. Komputer desktop lebih mudah diservis ketimbang laptop.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mempercepat Komputer yang Lambat Tanpa Harus Upgrade Hardware

Kesimpulan artikel ini

Pada akhirnya semua artikel dari awal hingga akhirnya ini bukan untuk memilih komputer desktop karena lebih banyak keunggulannya, ya?! Silahkan anda bebas tentukan mau pilih Laptop atau Komputer tergantung dari Seberapa penting dan butuhnya Laptop atau Komputer dekstop. Anda sendiri yang lebih paham.

Sebagai panduan, Jika anda sering bekerja diluar rumah, pindah-pindah kantor, untuk presentasi, sering mengerjakan tugas di dalam perjalan. Sebaiknya pilih laptop yang memang cocok untuk pekerjaan kantoran  dan presentasi. Tapi jika anda butuh konsentrasi kerja di rumah dan menetap seperti desain grafis, editing video, dan bermain game sebaiknya pilih Komputer desktop.

Komputer desktop dirancang untuk pengguna yang tidak memetingkan mobilitas tinggi, komputer desktop pilihan tepat. Kebalikannya jika anda selalu aktif bekerja kemana-mana, maka pilihan jatuh si Laptop.

Semoga artikel sederhana ini membantu para rekan Tekno mau memilih Laptop atau Komputer PC tidak bingung lagi ya.

Baca Juga  Bingung: Ini Cara Membaca Label Memory RAM PC/Laptop yang Benar

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.