5 Tips Sederhana Meningkatkan Performa Laptop Lama Ketimbang Beli Baru

Caratekno – Semua orang menyukai laptop untuk menunjang produktifitas. Laptop sangat praktis, mudah dibawa dan sangat berguna.

Jika laptop anda sudah usang kemungkinan laptop akan sedikit menurun performanya. Jika memiliki dana lebih membeli baru tidak jadi soal, nah bagaimana jika keterbatasan budget karena ada kebutuhan lainnya?

Artikel caratekno kali ini akan mengupas hal sederhana yang bisa meningkatkan performa laptop yang sudah lama.

Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua.

1. Perbesar ruang Penyimpanan

Seperti yang anda ketahui seperti jenis laptop sekelas Ultrabook yang sangat tipis sangat berbeda-beda dari sisi harga dan modelnya karena opsi penyimpanan ini.

Seperti Acer Aspire Switch kapasitas penyimpanan 128GB SSD atau yang 512GB SSD kisaran selisih harga $300 lebih mahal.

2. Jauhkan dari hewan peliharaan

Saya tahu anda mungkin seorang penyayang hewan seperti kucing, anjing, hamsters, kelinci dan lain-lain.

Biasanya anda akan membiarkannya duduk meringkuk disebelah laptop diatas meja, biasaya bulu-bulu halusnya menempel tersisa di atas meja, laptop, speaker, keyboard. dll.

Sebaiknya lakukan berkala untuk membersihkan perangkat dari bulu yang berakibat ventilasi pendingin prosesor tersumbat atau korsleting internal dan bisa juga percikan api.

3. Rapihkan dengan peralatan rumah/dapur

Sekarang sangat banyak berbagai tutorial yang menunjukkan cara unik menggunakan barang bekas atau peralatan seaadanya yang sangat banyak ada di rumah.

Seperti klip kertas bisa untuk menjepit kabel-kabel yang berserakan. Atau sebagai penahan kabel USB, adaptor, LAN agar tidak terjatuh kebawah yang membuat sulit untuk mengambilnya.

Baca Juga  Kumpulan Galeri Meja Workbench Teknisi Elektronika Profesional

4. Hemat bateri laptop

Hal yang sangat mejengkelkan ketika menggunakan laptop adalah baterai cepat terkuras habis, sedangkan anda masih banyak pekerjaan di luaran rumah.

Berikut tips hemat baterai laptop.

  • Aktifkan mode hemat baterai laptop agar lebih hemat energi
  • Redupkan layar, pengaturan pencayahayaan layar terlalu terang inilah penyebab diantara baterai boros. Selagi layar masih bisa dilihat sebaiknya redupkan layar laptop.
  • Matikan mode perangkat bluetooth yang tidak terpakai.
  • Matikan mode Wi-Fi, jika tidak ada sinyal wireless sebaiknya matikan saja, sebab perangkat akan terus menerus mencari sinyal tentu membutuhkan daya lebih. Beberapa perangkat matikan WiFi tidak memiliki tombol, matikan saja lewat pengaturan.
  • Ganti dengan drive SSD yang lebih praktis dan lebih cepat prosesnya sebab setiap detik proses harddisk membutuhkan daya. Jika ingin lebih hemat gunakan saja SSD performa laptop dijamin menanjak.

5. Jangan makan atau minum diatas Laptop

Sebisa mungkin jauhi laptop saat makan atau minum, dikhawatirkan jika remah-remah atau cairan tumpah di atas permukaan keyboard akan sulit mengganti atau membersihkannya karena terintegrasi dengan semua perangkat, tidak seperti keyboard PC yang mudah diganti atau dibersihkan.

Jadi itulah lima tips membantu dan memperpanjang usia laptop lama anda yang masih bisa ditingkatnya produktifitasnya ketimbang membeli laptop baru yang jauh lebih mahal harganya.

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.