Cara Memperbaiki Pompa Plastik Kasur Angin

Cara Memperbaiki Pompa Plastik Kasur Angin

Caratekno – Postingan kali ini sedikit berbeda dari artikel sebelumnya yang sudah lebih populer yaitu cara memperbaikin pompa plastik yang sering tidak berfungsi.

Masalahnya kenapa ?

Sebenarnya sepele karena salah satu katup angin berbahan plastik masih nempel atau menyatu sehingga katup hisap buang tidak berfungsi baik.

Kalau mau tau berfungsi baik atau tidak. coba ambil salah satu katup hisap atau buang kemudian tahan ujungnya seperti di video ini.

Tahan ujung katub untuk mengetes angin lancar/tidak

Nah, kemudian pompa tekan, dan tahan ujung buang, jika terasa menekan (bagus) apabila tidak ada tekanan katup rusak (diperbaiki)

Begitu sebaliknya tarik pompa, tahan katup hisap dengan ujung jari, bila menyedot kuat berarti katup oke.

Bila terjadi masalah/rusak maka bongkar katupnya seperti ini.

Buka katub angin

Membukanya agak susah jadi buka perlahan-lahan dari setiap sisinya.

jangan sampai katub bahan plastik ini pecah

Setelah rumah katup terbuka maka keluarkan lempengan plastik warna hitam, kemudian periksa apakah ada yang masih tersambung plastiknya.

Jika terlihat masih menyambung anda bisa merobek plastik katub yang belum sempurna inilah penyebab kenapa pompa plastik gagal berfungsi.

Pasang kembali katub tersebut ke dalam rumah katub warna biru

Kemudian tandai dengan spidol permanen beri tanda anak panah arah dari hisap-buang anginnya. Panah keluar (arah buang/pompa) dan panah masuk (arah hisap udara)

Pasang kembali katup ke pompa angin plastik, lakukan pemeriksaan akhir dengan cara menekan pompa apa sudah bekerja dengan baik.

Nah, setelah terpasang semua saatnya lakukan pengetesan angin pompa. Kalau awal rusak pompa tidak bisa maksimal memompa bahkan setelah ditekan angin keluar sedikit, katup hisap/buang tidak bekerja bahkan pompa ditekan terasa keras seperti ada yang menyumbat angin dari dalam.

Ambil balon masukkan ke selang angin pompa, coba tekan berulang-ulang secara perlahan pompanya. Jika balon udara mengembang dengan cepat itu artinya pompa angin plastik injak-injak sudah siap digunakan untuk mengisi kasur angin, bantal angin, bola, ban pelampung, dan sebagainya.

Kalau masih belum puas coba tes katub hisapnya sekarang pastikan sudah bekerja sempurna.

Semoga bermanfaat ya. Anda bisa simak cara jelasnya di video channel CaraTekno di bawah ini.

video youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.