Prinsip Kerja Kapal Selam

img by: Navalpost – type 212C

Lambung Bertekanan

Kapal selam di kedalaman air memiliki tekanan yang sangat besar, tentu itu menjadi masalah besar jika desain kapal selam serampangan dan ngasal. Maka dibutuhkan lambung dengan bahan kuat pilihan sepert baja khusus atau titanium.

Tekanan air di bawah permukaan air laut akan semakin besar jika semakin dalam menyelam. Terori persamaannya jika kedalam 600 meter (2000 feet) dibawah permukaan maka tekanannya 60 kali lebih besar daripada permukaan.

Biasanya kapal selam dirancang hanya mampu bertahan sampai batas kedalaman 250 – 300 meter.

Umumya kapal selam memiliki 2 lapis lambung, lambung utama bertekanan yang berisi awak kru kapal selam dan seluruh persediaan hidup, lambung kedua biasa untuk keluar masuk air laut.

Pesawat Selam

Seperti halnya ikan hiu yang memiliki sirip pada tubuhnya yang membantu semakin lincah saat berenang dan menyelamnya. Kapal selam juga menirunya meletekan sirip di tubuhnya yang dikenal istilahnya diving planes atau hydroplanes.

Cara kerjanya mirip seperti elevator pesawat terbang mengontrol naik ke permukaan atau menurun menyelam. Sirip ini benar-benar berfungsi ketika sudah benar-benar masuk kedalama permukaan ai. dengan dibantu doronga mesin

Tangki Ballast

Tangki kosong yang disiapkan di bagian tengah bada kapal selam yang dapat diisi dengan air ataupun udara (nanti akan dijelaskan detail di artikel ini)

Sederhanya kurang lebih seperti ini, ketika tangki terisi penuh denga udara makan kapal selam muncul ke permukaan untuk mengapung. Ketika tangki terisi oleh air laut makan kapal selam dalam kondisi menyelam dan mengambang. Kondisi darurat tangki ballast ini bisa digunakan untuk mengapung dengan cepat agar tidak tenggelam.

Mesin Kapal selam

Seringnya kapal selam ditenagai oleh mesin berbahan bakar minyak seperti diesel atau bisa juga bensin seperti umumnya digunakan pada kendaraan truk atau mobil, tentu mesin ini butuh oksigen agar berfungsi. Jadi gimana kalau kapal selam?

Caranya saat dipermukaan seringnya kapal selam menyalan mesin BBM uiini untuk mengisi ulang aki kering atau batterynya, kemudian setelah dirasa cukup makan mesin dimatikan kemudian menyelam kembali dengan tenaga battery .

Begitu seterusnya jika cadangan battery sudah habis diisi kembali dengan mesin diesel ini dengan muncul ke permukaan. Oo iya ini tidak benar-benar muncul ke permukaan ya. kapal selam cukup memunculkan tabung intake udara dan exhaust mesin diesel saja.

Tower

Menara pada kapal selam ini fungsinya adalah agar kapal selam ketika muncul ke permukaan laut tidak semuanya bada kapal selam cukup menara ini saja, juga kapal selam harus terkesan senyap dan tidak kelihatan. Atau bahasa lainnya tempat “ngintip”.

Fungsi lain menara ini untuk kendali, keluar masuk kru kapal selam, navigation, dan pengamatan lainnya.

Navigation System

Di kedalaman air laut sangat kedap cahaya dan semakin dalam maka semakin gelap dan dingin.

Maka dari itu sebagai alat bantu arah tujuan perjalanan kapal selam membutuhkan alat navigasi diantaranya periskope yang terletak di tower kapal selam.

Periskop sudah digunakan sejak awal mula kapal selam diciptakan sebelum alat navigasi modern digunakan seperti radar, sonar, dll.

Cara menggunakan periskop saat kapal selam sedikit muncul kepermukaan tabung teropong dinaikkan sehinga persikop naik ke atas permukaan lau dan melihat sekitarnya.

Kapal selam era modernya mungkin sedikit banyak perannya digantikan oleh pantauan GPS lewat satellit sehingga pergerakan lawan sangat lebih akurat, Semua informasi tertampil pada layar monitor dan tidak perlu mengandalkan periskop untuk mengukurnya.

Operator kapal selam harus menguasai data yang ditampilkan agar posisi kapal selam dengan segala kondisinya serta pergerakan musuh mudah dilacak.

Life-support system

Kapal selam militer besar sangat dibutuhkan personal yang cukup banyak. sehingga penunjang kebutuhan hidup yang dibawa kapal selam juga semakin banyak untuk kebutuhan beberapa hari hingga bulanan, sebab sekali berlayar ke lautan sangat jarang bersandar kepelabuhan.

Kru kapal selam sudah terbiasa dengan pergerakan terbatas dalam kapal selam. mereka sudah terlatih untuk cara tidur, makan, mandi, BAK/BAB, serta aktifitas terbatas di tengah lautan.

Kapal selam juga menyuplai kebutuhan oksigen dari hasil elektrolysis pemisahan dari air laut menjadi H2 dan O2, sedangkan untuk Co2 hasil pembuangan mesin diesel seringnya digunakan untuk kompresi tangki ballast atau dibuang melalui tower.

Para kru juga harus biasa meminum air hasil penyaringan dari air laut lwat proses pemisahan garam laut.

Siapakah yang menemukan kapal selam?

1620: Warga kebangasaan inggris bernama cornelis Drebble (1572-1633) membuat kapal selam pertama kali, berbahan kayu yang tahan air. Kapal bulat mirip cangkang telur ini dibalut dengan lembaran kulit dan silapisi lilin agar air tidak mudah menyerap lewat sela-sela kayu. Para ilmuwan menyebut kapal selam pertama ini dengan nama kapal Drebble.

1776: Sebelum Revolusi Amerika bergejolak, David Bushnell (1742-1824) membuat kapal selam bertenaga kayuhan tangan dikendalikan satu orang saja dikenal dengan kura-kura ikut menyerang kapal perang Inggris

1800: Ahli mesin uap Amerika Robert Fulton (1765-1815) merancang kapal selam yang mirip kapal layar, kapal selam dengan layar bisa dilipat kebawah saat kapal selam mulai menyelam ke bawah air.

1863: Ahli mesin Amerika Horace Lawson Hunley (1823-1863) mengembangkan kapal selam bertenaga manusia hingga dikembangkan dan dikenal dengan CSS H.L Hunley. Selama tahap percobaan awal Agustus 1863 kapal selam ini sudah menewaskan 5 orang krunya lebih tragis lagi percobaan berikutnya Oktober 1863 menewaskan semua kru kapal selam beserta penciptanya Hunley sendiri. Kemudian diangkat dan menjadi kapal selam pertama dalam sejarah yang berhasil menenggelamkan kapan perang pertama sepanjang perang saudara Amerika, inilah sejarah era kapal selam perang dimulai.

1888: Insiyur mesin Spanyol Isaac Peral (1851 – 1895) berhasil membuat kapal selam ditenagai baterai pertama kali. Percobaan berhasil gemilan namun sayang sekali kapal selam ini tidak pernah diproduksi sama sekali. Bagaimanapun kapal selam buatan Peral ini menyumbangkan ide besar untuk para insinyur mesin lain di seluruh dunia dalam mendasain kapal selam keren.

1897: Penememu dari Amerika Simon Lake (1866-1945) meluncurkan kapal selam yang pertama kali beroperasi di laut bernama Argonaut.

Sejarah Penerapan kapal selam

1900: Angkatan Laut AS meluncurkan kapal selam pertama diberi nama seperti Nama penciptanya berkebangsaan Amerika John Holland (1840-1914). Awalnya Holland sudah berkali-kali mengajukan penawaran kepada Angkatan Laut namun tidak berminat.

1908: Rusia Pochtovy adalah perintis awal Air Independent Propulsion (AIP) mengoperasikan kapal selam tanpa sering muncul ke permukaan lain menggunakan mesin besin untuk memompa tabung bertekanan udara.

Sejarah kapal selam dari Perang dunia hingga Perang Dingin

1914-1918: Sepanjang Perang dunia I, Angkatan laut Jerman mengoperasikan kapal selam canggih dijamannya berbentuk ramping efektifitas tinggi yang dikenal dengan sebutan U-Boats (singkatan dari Unterseeboot, atau artinya kapal di bawah permukaan laut). Tahun 1930 disebut yang pertama kali kapal selam yang menggunakan tabung udara snorkel, fungsinya memasok udara ke mesin diesel dan mampu menyelam lebih dalam. Karena sangat efektif teknik yang ditemukan insyinyur jerman masih tetap digunakan pada kapal selam modern sekarang.

1930: Ahli mesin Jerman Hellmuth Walther pelopor mesin hidrogen peroksida yang berdaya dorong tinggi untuk digunakan di kapal selam dan roket rudal. Hal ini selangkah jauh lebih maju ketimbang teknologi Air Independent Propulsion

1952: Seorang fotogfrafer Perancis Dimitri Rebikoff membuat Poodle, kapal selam pertama kali tanpa awak yang bisa dikendalikan jarak jauh (ROV, Remotely Operated Vehicle)

1955: US Navy meluncurkan USS Nautilus, kapal selam pertama kali dengan tenaga nuklir.

1964: Alvin, sebuah kapal selam penelitian ilmiah yang dioperasikan oleh Woods Hole Oceanographic Institution, memulai sejarah panjang eksplorasi bawah lautnya. Keberhasilan utamanya termasuk menemukan cerobong besar (ventilasi hidrotermal — mirip cerobong asap di dasar laut) dan menjelajahi bangkai kapal Titanic.

1968: Uni Soviet Meluncurkan K-162 sebuah kapal selam pertama lambung berbahan kuat titanium dan yang tercepat di dunia.

1969: Uni Soviet kembali meluncurukan salah satu kapal kelas alfa berlambung titanium.

Era Modern

1990an: Kapal selam nuklir yang dibuat mubazir pada akhir Perang Dingin sekarang dimanfaatkan untuk penelitian oseanografi dan iklim di Kutub Utara dalam sebuah proyek bernama Science Ice Exchange (SCICEX).

1990an: Perancang kapal selam kelahiran Inggris Graham Hawkes Menjajikan sebuah rancangan kapal selam revolusioner kecil mirip pesawat yang dengan lincah “terbang” lebih dalam ke bawah permukaan laut.

1990an: Seperti di banyak industri lain, Cina muncul sebagai pemasok utama kapal selam militer diesel-listrik yang terjangkau tetapi efektif, termasuk versi yang diperbarui dari kelas Ming tahun 1960-an-1980-an yang lama (Tipe 035) dan kelas Song yang lebih baru (Tipe 039).

Ref: Submarine - https://www.explainthatstuff.com/submarines.html

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.