Langkah Awal Bagaimana Cara Menggunakan Komputer Secara Mudah

Caratekno – Bagi pemula belajar komputer pertama kali sangat menegangkan, Tapi tenang Anda beruntung membaca artikel ini ga perlu khawatir lagi.

Silahkan simak sampai tutas ya…

Sebenarnya belajar komputer itu bisa dibilang sederhana, ketika anda sudah mulai duduk didepan layar monitor dan tangan memegang mouse dan keyboard tanpa anda sadari.

Nah seperti itulah perasaannya ketika sudah terbiasa menggunaka komputer.

Jadi, ubah rasa cemas dengan rasa senang tanpa takut tidak usah khawatir komputer rusak.

Langusng saja kita mulai langkahnya

Langkah 1

Biasakan anda dengan mengenal hardware (perangkat keras komputer) seperti layar tampilan (monitor) perangkat ini kita pantau terus (monitor terus) untuk interkasi antar komputer dengan manusia (pengguna), perangkat selanjutnya disebut input informasi interaksi (keyboard dan mouse). Sebenarnya perangkat input ini masih banyak lagi, cuma kita bahas 2 dulu ya.

Mouse jaman sekarang sudah tidak menggunakan bola geser seperti era 80-90an yang mudah kotor dan merusak mouse. Mouse modern menggunakan sensor led optical yang lebih akurat

Ketiga perangkat ini (mouse, keyboard, dan monitor) selalu terhubung dengan komputer (CPU).

Beberapa komputer dilengkapi dengan perangkat CD/DVD optical drive (opsional), kegunaannya untuk membaca dan menulis informasi dari kepingan CD/DVD.

Langkah 2

Perangkat keras tadi tidak akan berfungsi baik pada komputer tanpa adanya sitem operasi, yang paling terkenal dan sering digunakan ada 3 sistem operasi Mac, Linux, dan Windows.

Masing-masing operating system tadi memiliki kelebihan-kekurangan sendiri. Tergantung anda mau pakai yang mana?

Untuk memulainya bisa tekan tombol bendera/start pada keyboard, selanjutnya anda pilih mau pakai aplikasi program apa?

Baca Juga  Perbedaan Laptop vs Komputer Desktop

Langkah 3

Setelah komputer siap digunakan silahkan menu “Progra” disitu tertera lengkap program apa saja yang telah terinstall.

Buka program, jika masih bingun untuk apa kegunaannya Anda bisa tekan F1 (Helps)  dalam menu bantuan petunjuk tertulis lengkap apa saja yang harus dilakukan saat bingung menulis program. Jika masih kesulitan memahami anda bisa bukan Internet Explorer.

Tekan pada keyboard WIN + E untuk Windows Explorer untuk memulai melihat apa isi dari harddisk.

Nah, sekarang untuk apa sih kegunaan dari alat-alat Komputer?

Secara garis besar komputer sangat membantu manusia dalam mempercepat pekerjaan yang sangat rumit dan susah bila dikerjakan oleh manusia seprti menghitung rumus rumit, menyimpan informasi yang kompleks, mengerjakan proses secara berulang dengan cepat, serta mengolah data-data.

Komputer memiliki program data atau bahasa  pemograman yang terwujud dalam bentuk software atau aplikasi tergantung tujuannya untuk apa saja (menggambar, mengolah kata, menulis, mencetak, dsb).

Sebab komputer 99% tidak pernah membuat kesalahan seperti pekerjaan oleh manusia karena human error yang paling sering terjadi.

Nah, jadi sudah tahu kan fungsi komputer membantu manusia meminimalisir kesalahan-kesalahan tadi.

Jago Hitung

Computer sangat bisa diandalkan dalam urusan logika dan kalkulasi hitungan. Komputer dapat mengerjakan sekaligus baik tambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Untuk urusan akuntansi anda bisa menggunakan aplikasi terkenal seperti Google sheet atau Microsoft Excel

Simpan Data

Sejak manusia diciptakan karuni terbesar manusia diantaranya yakni memiliki memori/ingatan untuk selalu belajar, merekam dan mengerjkannya apa saja yang diketahui.

Sayangnya ingatan manusia ada kalanya lupa bahkan hilang, oleh karena itu umat manusia menciptakan alat yang bisa merekam dan menyimpannya memori tersebut selamanya tanpa hilang sedikitpun yakni komputer.

Baca Juga  Cara Mengeluarkan CD/DVD Drive yang Macet

Memori ini disimpan oleh pengguna komputer sesuai informasi yang disimpan tergantung pengaturan komputer secara otomatis bisa menyimpan setiap 10 – 15 menit.

Mengambil Data

Setiap informasi yang tersimpan rapi ke dalam komputer kapan saja juga dapat diakses kembali dalam waktu yang tidak terbatas. Cara mengambil data, buka program aplikasinya yang telah dibuat sebelumnya, klik menu File di pojok kiri atas dan klik menu Buka kemudian pilih nama file yang akan diakses.

Proses Data

Setiap pengoperasian komputer perlu membutuhkan proses data, agar lebih jelas memahami seperti ini ya.

Saat mulai awal menyalakan komputer kemudian anda menekan huruf P pada keyboard, Instruksi informasi input ini diteruskan ke otak komputer yang disebut dengan Processor yang terletak pada sebuah Motherboard maka instruksi tadi diolah/diproses kemudian ditampilkan ke dalam layar monitor. Apa yang kita ketik, gambar, interkasi mouse  ditandai oleh komputer sebagai sinyal input dan kemudian menampilkannya pada layar komputer.

Inilah yang disebut dengan proses data, semoga mudah dipahami ya.

Kegunaan Komputer

Komputer sangat multifungsi, mulai mengerjakan makalah, bermain game, hiburan, nonton film, bekerja, mengatur kerja mesin, organisasi, membaca berita, internetan, musik, desain, editing audio-video, dan masih banyak manfaat lainnya.

Sebagai tambahan setiap perangkat komputer mesi lengkap dengan pemutar optik seperti CD/DVD untuk memutar film, merekam, download, dan segudang manfaat lainnya.

Semoga literasi ini bermanfaat artikel diterjemahkan bebas dari techwalla

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.