7 Pertanda Bahwa Aki Mobil Anda Sudah Rusak dan Wajib Ganti Baru

Kita tau semua kendaraan terbaru selalu tergantung dengan yang namanya aki/baterai/battery baik yang jenis basah atau kering.

Tanpa baterai kelistrikan kendaraan jadi tidak stabil dan cepat merusak pembakaran mesin.

Sebelum yakin apakah aki mobil anda diganti atau tidak sebaiknya anda harus tahu tanda-tandanya. Tujuannya agar lebih tepat dan hemat anggaran perawatan.

Susah Starter Mesin (Lemah)

Saat lagi buru-buru pagi hari ingin menyalakan mobil tiba-tiba susah starternya mobil sulit menyala, jangan keburu menyalahkan aki bisa jadi ada hal lain.

Apabila seluruh komponen sudah diperiksa normal semua dan setiap hari sering starter “ngadat” sangat besar aki mobil harus ganti baru.

Lampu Indikator Mesin Menyala

Mobil terbaru sudah memiliki CPU untuk menganalisa seluruh komponen mobil, tentu mempermudah pelacakan ditandai dengan lampu indikator nyala pertanda ada ketidak beresan pada mesin.

Usia Baterai

Terlihat aki baik-baik saja namun usia baterai sendiri sudah udzur, kalau ada anggaran lebih sebaiknya ganti baru dengan tukar tambah akan lebih baik.

Masalah Komponen Kelistrikan

Kabel terkelupas, konektor berkarat, motor power lock rusak, dan masalah kelistrikan lain yang tidak terlihat karena faktor usia kendaraan bisa jadi penyebab utama aki cepat rusak/soak.

Kotak Baterai Bengkak

Wah, yang seperti ini sangat berbahaya sekali harus cepat ganti deh. Takut terjadi marabahaya dikemudian hari.

Bau Menyengat

Bau menusuk seperti telor busuk menyeruak kedalam kabin tentu ini pertanda kuat kalau cairan asam sulfat sudah rusak dan bocor harus cepat bereskan hal ini sebab cairan asam dapat merusak besi-besi komponen.

Sering Jumper Aki/ Ngecas

Baterainya sering di isiulang dirumah atau ke tukang aki? Nah ini tandanya kalau baterai sudah mesti ganti baru. Karena secara normal aki akan terisi penuh otomatis saat kendaraan menyala dan bertahan lama.

Jika aki selang beberapa hari sudah lemah saat starter mesin dan isi ulang dengan charger aki ini menunjukkan baterai mobil sudah patut ganti baru.

Kesimpulan

Sebelum baterai diganti sebaiknya periksa seluruh komponen yang berkaitan dengan kelistrikan sehingga kasus serupa tidak terulang kembali.

photo by ezbatteryreconditioning.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.