Mengenal Sejarah Peralatan Pengeboran dan Fungsinya

Caratekno – Pernahkah anda membayangkan jika anda seorang teknisi atau kepala rumah tangga yang selalu tanggap memperbaiki dan senang bongkar pasang perlatan di rumah atau bengkel kerja.

Semisal dapur keluarga membutuhakn alat untuk menggantung alat masak atau ingin membuat lubang di dinding atau lemari.

Untuk kasus seperti ini seorang teknisi/tukang mesti menggunakan alat pembuat lubang kan?

Ya benar sekali.

Alat itu Bor namanya. Pasti anda punya di rumah baik yang portable, listrik atau yang manual pakai tangan.

Memang tidak semua bor bisa digunakan pada semua pekerjaan, beberapa bor diciptakan dengan kegunaan yang berbeda.

Nah artikel kali ini akan mengulas tentang dunia peralatan bor dan kegunaannya.

Menurut Drilling Advisor bor listrik yang berbeda dapat menyelesaikan banyak pekerjaan tangan di rumah.

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita simak ringakasan sejarah alat pengeboran

source image b Construction Equipment

Para nenek moyang kita sejak lebih dari 37000 tahun yang lalu, sangat menyadari dan menyadari pentingnya manfaat alat putar.

Pada saat itu mereka menggunakan alat yang tajam untuk membuat lubang pada kayu atau bahan lainnya.

Perkembangan selanjutnya menggunakan busur sebagai tenaga poros putarnya bukan lagi menggunakan tangan.

Tekni ini persis digunakan ketika nenek moyang membuat api kecil.

Kemudian

Pada tahun 221 sebelum Masehi, Dinasti Qin dari China menemukan bor churn, digunakan untuk melubangi bahan dengan diameter yang cukup besar.

Zaman selanjutnya terus bergulir tahun 1885, Isaac Singer membangun bor churn bertenaga uap, berdasarkan konsep dari orang china kuno.

Source image by researchgate.net

Semakin modern dengan diketemukannya energi listrik. Pada tahun 1889 Arthur James Arnot dan William Blanch membuat alat bor pengeboran bertenaga listrik.

Sedangkan desain seperti mesin bor modern yang kita gunakan saat ini dipatenkan oleh Black & Decker.

First drill Black & Decker source image by htpaa.org

Sebenarnya untuk apa sih kita membutuhkan alat pengeboran?

Kita sebenarnya sangat berterima kasih kepada orang yang telah menciptakan mesin bor, sehingga mempermudah pekerjaan urusan melubangi benda di beberapa titik.

Misalnya anda ingin memasang rak gantung baru di dapur, untuk memasangnya anda bisa melubanginya di dinding tanpa merusak struktur dinding.

Atau juga menempelkan 2 bahan satu sama lain, adan perlu alat bor memasukan skrup.

Setiap bor modern diciptakan dengan berbagai model dan manfaat, seperti bor listrik, bor portable, bor kayu, bor beton, bor anti air, bor tenaga besar, bor kecepatan sedang.

Misalkan bor untuk kerajinan atau perbaikan dilapangan sangat perlu menggunakan bor portable serta desain ringan.

Sedangkan untuk membuka baut kencang tentu dibutuhkan bor listrik tenaga yang kuat.

Jenis-jenis Alat Pengeboran

Seperti pada penjelesan sebelumnya ternyata mesin pengeboran memiliki beberapa kriteria disesuaikan denga pekerjaannya.

Apapun jenis alat bor, pastikan anda selalu menggunakan kacamata pelindung mata, sarung tangan dan masker debu.

Pastikan juga gunakan alat yang berkualitas baik dan terjamin SNI.

Mari kita simak jenis bor apa saja yang paling umum digunakan.

Bor tangan

Bor tangan bisa dikatan pra-bor atau alat awat untuk melubangi secara sederhana. Bentuknya ringan dan bahkan nyaris tanpa tenaga. Caranya cukup putar bor tangan ke kiri dan kekanan sampai ujungnya masuk ke dalam kayu. Terus putar ke kanan dengan tangan sampai kedalaman tertentu.

Bor tangan dan penjepit

Meski kita sekarang di era modern abad ke-21, banyak para teknisi masih lebih nyaman menggunakan alat sederhana dan manual ini.

Alat ini lebih tidak berisik sebab tanpa motor listrik dan presisi dan tepat, anda bisa menggunakannya untuk kayu dan bahan lunak.

Bor standart listrik

Alat ini sangat baik digunakan untuk pekerjaan ringan dan berat, memperbaiki benda di bengkel cukup handal digunakan.

Kita ketahui secara umum ada dua jenis yang pertama borlistrik yaitu bor listrik bertenaga baterai (dikenal juga bor portabel) kelebihannya dapat digunakan dimana saja kondisi apa saja tanpa perlu kabel listrik yang panjang. Selain itu mudah dibawah dan ringan. Untuk pekerjaan dilapangan yang butuh waktu pengoperasian lama disarankan membawa baterai cadangan siap digunakan.

Jenis bor kedua yaitu bor listrik menggunakan kabel listrik panjang dengan sifat pekerjaan tetap di tempat tanpa perlu pindah-pindah. Kelebihannya tenaga mesin ini sangat besar ketimbang tenaga baterai.

Bor palu

Jenis bor plus palu ya seperti namanya bor standar dengan ada fitur tambahan “memalu”. Bor palu sangat sempurna digunakan untuk material yang sangat keras dan kokoh seperti beton atau batu keras.

Model dipasaran bor palu dilengkapi dengan knop pengaturan mau digunakan bor saja, palu saja atau digunakan keduanya secara bersamaan.

Mesin Bor Benchtop

Unit ini agak sulit digunakan untuk pemula tetapi bisa sangat berharga sekali untuk DIY profesional. Keuntungan utama dari alat bor meja ini adalah memungkinkan Anda membuat lubang yang sangat akurat.

Selain itu, bor meja berat biasanya menghasilkan banyak daya dan dapat digunakan untuk berbagai bahan yang sangat keras sekalipun. Sering mesin bobok kayu menggunakan jenis mesin duduk yang bertenaga besar.

Nah setelah mengetahui jenis bor dan kegunaannya saat nya mengenal jenis matar bornya.

Selain alat bor, memilih mata bor yang tepat juga sangat penting. Ada banyak jenis mata bor yang berbeda, tetapi mari kita sebutkan yang paling sering digunakan oleh pengguna mesin bor.

Twist Bits

Bit ini paling banyak digunakan. Jenis mata bor universal dan bagus untuk sebagian besar bahan, tetapi tidak sempurna. Menggunakan bit yang lebih khusus selalu merupakan pilihan yang lebih baik. Juga, bit twist sangat baik untuk mengebor baja.

Mata bor (bit) batu

Potongan batu mudah dikenali karena ujungnya lebih lebar dari bentuknya. Mata bor batu Ini sangat baik untuk batu bata, batu, dan mortar, tetapi Anda harus selalu menggunakannya dengan palu dihidupkan. Jika tidak, ujungnya akan segera aus.

Bit Dowel

Mata bor dowel ini selalu memiliki ujung yang tajam, dan ujung tombaknya berlawanan arah. Mata bor dowel ideal untuk mengebor lubang yang bersih dan tepat di kayu. Namun, Anda tidak dapat menggunakannya untuk mengebor logam atau plastik.

Bit Datar

Jika Anda perlu mengebor lubang besar, di mana jenis mata bor lainnya mahal, mata bor datar adalah solusi terbaik. Mata bor harganya juga murah dan kinerja rendah dan membuat lubang kasar di kayu.

Satu-satunya keuntungan dari bit datar adalah harganya yang murah. Anda harus memilihnya jika kerapian lubang tidak penting pada hasil akhirnya.

Auger Bit

Mata jenis Ini adalah dengan kecepatan putaran rendah, tapi bit torsi tinggi. Sangat hemat energi dan menghasilkan lubang yang sangat bersih. Selain itu, Anda dapat menggunakannya pada sebagian besar bor baterai tanpa kabel, jika bor portabel alat tersebut menghasilkan torsi yang cukup. Kelemahannya dari mata bor auger ini cenderung sering macet di tengah jalan, jadi Anda harus selalu membeli beberapa set, untuk berjaga-jaga.

Kesimpulan pembahasan

Memilih alat bor yang tepat bisa jadi keputusan sulit jika Anda belum pernah menggunakan bor sebelumnya. Namun, dengan semua info yang kami sebutkan dalam ulasan kali ini, ternyata memilih alat yang tepat menjadi jauh lebih sederhana kan?. Anda pasti akan membutuhkan alat bor, jadi pastikan untuk mendapatkan yang alat bor yang tepat, dan jangan lupa tentang pentingnya memilh mata bor yang tepat juga.

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.