Jangan Coba-coba Nge-charger Aki Sebelum Tau Caranya, Baca ini!

Arus yang Ideal untuk Charge/Pengisian Aki

Arus ideal pada Ampere meter saat pengisian aki adalah 10% dari kemampuan aki. Jika aki 40 Amp, maka idealnya anda charging dengan 4 amp saja selama 10 jam.

Charge aki bisa dengan arus yang ‘besar’ sehingga aki akan cepat penuh, tapi aki akan menjadi mendidih dan panas, ini akan beresiko membuat sell pada aku tersebut melengkung dan rusak.

Charging C/20

Anda melakukan Charging Aki dengan rumus C/20, artinya arus pengisian = Nominal AH dibagi 20.
Jadi kalau accu Anda 60 AH (Ampere Hour), maka arus pengisiannya adalah 60/20=3 Amp dan dilakukan pengisian selama 20 jam.

Bila accu anda dalam keadaan kosong (kira-2 10,5 – 11 Volt), sebaiknya di’charge pakai C20 atau arus engisian kira-kira 60Amp/20 = 3 Amp selama 20 jam.

Kalau mau lebih cepat pengisiannya, maka bisa dipakai c/10 (atau arus pengisian = 60AmpereHour/10 Hour = 6 Ampere). Makin lambat proses pengisiannya (atau arus pengisian makin kecil) akan membuat accu lebih awet. Sebaliknya proses pengisian yang terlalu cepat (Quick charge) berarti membunuh accu secara perlahan-lahan dan membuat umur accu menjadi lebih pendek.

Voltage Charger

Voltage Charger Biasanya di set 110% sampai 115% dari nominal Tegangan aki. Bila akinya 12Volt maka tegangan Charger harus berkisar antara 13,2 sampai 13,8Volt. Jika lebih maka akan terjadi over voltage sekaligus over charge. Jika kita menggunakan Power supply sebagai charger maka voltage power supply (biasanya 12Volt) hanya mampu mengisi aki (Accu) sebesar 100% dari nominal tegangan aki dan biasanya setelah dicharge dan digunakan aki akan cepat habis karena dianggap tidak penuh.

Sensor Tegangan bias

Untuk Aki charger biasanya telah dilengkapi sensor Tegangan bias aki, artinya bila aki telah terisi penuh Voltage aki = Voltage Charger maka charger otomatis akan menghentikan proses charge. Untuk arus listrik yang mengalir ke aki bila kita menggunakan charger aki proses pengisian perlahan -lahan akan turun bila aki mencapai nilai ambang dari charger dan charger akan menghentikan proses pengisian bila aki telah penuh.

Catatan

Umur aki akan mempengaruhi proses Charging. Aki yang sudah lama akan membutuhkan waktu charging yang lebih lama dibandingkan Aki baru. Jadi umur aki dan proses charging akan berbanding lurus.
Umur aki Umumnya antara 4 sampai 5 tahun, aki yang berumur tua akan rusak meskipun tidak pernah dipakai dan di maintenance (charge).

http://zakizi.blogspot.com/2011/01/arus-yang-ideal-untuk-chargepengisian.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.