Cara Mengetahui Perbedaan dan Spesifikasi Laptop dengan Netbook

Cara Mengetahui Perbedaan dan Spesifikasi Laptop dengan Netbook

Ketika melihat sebuah komputer portable masih banyak kita bingung menyebutnya laptop? Notebook? atau Netbook?

Istilah ini pasti dengan mudah dibedakan bagi yang sudah paham teknologi komputer. Nah, artikel ini insya Allah akan membantu membedakan istilah-istila tadi.

Agar lebih mudah dipahami akan saya buat berupa tabel kolom perbanding. Sebelum penjabaran perlua Anda ketahui bahwa untuk laptop dan Notebook memiliki spesifikasi yang sama seperti komputer desktop.

 

Baca juga

Bagaimana Cara Mempercepat Komputer yang Lambat Tanpa Harus Upgrade Hardware
Tips Sederhana Mengganti dan Membeli Battery Laptop
10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7 Secara Mudah Siapapun Bisa Melakukannya

Jadi yang dijabarkan hanya istilah Laptop dengan istilah Netbook saja. Yuk, simak apa saja perbedaanya.

Topic Laptop Netbook
Harga Laptop memiliki banyak fungsi seperti halnya sebuah komputer kantoran ketimbang netbook. Karena itu sisi harga laptop lebih mahal. Jika Anda kendala anggaran sebaiknya pilih netbook dan sesuaikan dengan jenis pekerjaan. Netbooks sejak awal diciptakan memang memiliki spesifikasi biasa, software ringan, dan hardware yang sederhana saja.
Processor Jelas spesifikasi laptop lebih unggul ketimbang prosessor netbook. Meski processor sangat penting netbook tetap memiliki prosessor jenis low-end yang cukup untuk pekerjaan ringan seperti nonton video, main game sedang, mengetik, dan aktifitas ringan lain.
Keyboard Keyboard laptop sangat besar seperti keyboard komputer biasa, sehingga mengetik lebih mudah dan nyaman di tangan. Memiliki keyboard yang kecil ukurannya sehingga agak susah mengetik untuk tangan berukuran besar.
Transport Karena berbentuk lebih besar ketimbang netbook laptop terasa lebih berat dan agak sulit untuk sering-sering dibawa-bawa. Bentuk yang ringan dan kecil sehingga mudah ditenteng dalam tas kemana saja baik untuk belajar atau kerja.
Layar Layar laptop 14 inchi lebih besar ketimbang netbok berkisar 7-10 inchi. Lebih mudah membaca tulisan pada layar monitor. Perlu dipertimbangkan bahwa layar Netbooks sangat kecil, paling besar 10 inchi.
Harddrive Laptop seringnya menggunakan cakram harddisk dengan rotasi minimal 5400 RPM. Netbook menggunakan drive SSD kepingan, ada juga type netbook yang sudah menggunakan harddisk seperti laptop biasanya harga netbook tersebut sangat mahal.
CD/DVD drive Laptop juga sama dibekali CD/DVD ROM berfungsi Write/Read data seperti komputer kantor. Ciri fisik yang kentara sekali Netbook tidak dilengkapi dengan CD/DVD ROM karena memang fungsinya untuk main game, internet, film, mengetik, dan kerjaan ringan lainnya.
OS Laptop hampir semua operasi sistem kompatibel jika diinstall. Bahkan versi terbarupun masih mampu. Operasi sistemnya biasanya yang sederhana seperti Linux atau Windows versi lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.