Cara Memperbaiki Touchscreen Xiaomi yang tidak Responsive

Caratekno – Xiaomi akhir-akhir ini sudah menjadi smartphone yang cukup bikin gentar kompetitornya dan salah satu vendor ponsel pintar yang sangat diperhitungkan di pasar smartphone.

Harga terjangkau dengan kelas premium dan kualitas yang tidak kalah dengan vendor pendahulunya yang terkenal mahal sebut saja Samsung, Huawei, Sony bahkan iPhone. Karena digemari pasar karena kualitas dengan harga terjangkau Xiaomi berhasil menduduki posisi kelima di tangga produsen smartphone terbesar di dunia.

Di tengah kian maraknya peredaran ponsel ilegal atau black market di Indonesia, maka Xiaomi secara resmi menyatakan bahwa pusat servis mereka (Mi Exclusive Store) siap melayani produk ponsel pintar Xiaomi non-garansi resmi di Tanah Air. Mencakup layanan yang diberikan adalah software upgrade dan hardware repair tanpa penggantian mainboard. Maupun servis Cara Mudah Benerin Touchscreen Xiomi , Solusi Touchscreen No Responsive

Tentu sangat banyak sekali faktor yang menjadi penyebab hp xiaomi menjadi Cara Mudah Benerin Touchscreen Xiomi , Solusi Touchscreen No Responsive . Akan tetapi penyebab yang sering terjadi pada hp xiaomi yang tidak bisa nyala dan saat di charge tidak dapat mengisi daya namun lampu LED saja yang berkedip berwarna merah adalah karena baterai hp xiaomi yang terlanjur kosong atau habis power atau dayanya.

Lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut Cara Mudah Benerin Touchscreen Xiomi , Solusi Touchscreen No Responsive ? Perlu untuk kita ketahui bahwa mengatasi bootloop pada hp baterai tanam yang terlanjur mati total tidak bisa dihidupkan karena tidak bisa dicas tersebut harus dilakukan pengecasan secara langsung kepada PIN baterai.

Dikenal sebagai Apple dari China, Xiaomi memang terkenal menghadirkan smartphone berspesifikasi premium dengan harga murah. Tapi dengan harganya yang murah, tak jarang ditemui masalah pada smartphone keluaran Xiaomi seperti Cara Mudah Benerin Touchscreen Xiomi , Solusi Touchscreen No Responsive. Nah maka dari itu, kami akn bagikan info mengenai masalah Cara Mudah Benerin Touchscreen Xiomi , Solusi Touchscreen No Responsive smartphone Xiaomi dan cara mengatasinya

Baca Juga  Kincir Angin! Bagaimana Riwayatmu Kini?!

Cara mengatasi HP Xiaomi Cara Mudah Benerin Touchscreen Xiomi , Solusi Touchscreen No Responsive dapat membantu mengatasi permasalahan smartphone Anda. Tips lengkapnya akan kami sajikan di bawah ini.
Permasalahan Cara Mudah Benerin Touchscreen Xiomi , Solusi Touchscreen No Responsive pada ponsel memang sering terjadi pada berbagai merk HP, tidak hanya pada Xiaomi saja.

Penyebab Touchscreen HP Xiomi Tidak Berfungsi Atau Kurang Responsive

#]1. Pastikan Kondisi Charger

Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa penyebab utama terjadinya masalah touch screen meleset pada hp android adalah karena arus listrik yang berlebihan. Maka dari itu charger memiliki peranan yang sangat penting disini sehingga diharapkan kita tidak menggunakan charger yang bukan asli bawan pabrik. Dengan harapan masalah layar sentuh yang error tidak berfungsi tidak terjadi pada diri kita.

#]2. Pastikan Kondisi Pelindung Layar

Tempered glass saat ini memang menjadi alat bantu pelindung layar sentuh / touchscreen hp android yang sangat populer. Namun tahukah anda, ternyata pelindung layar yang kotor ataupun rusak dapat menjadi sumber penyebab touchscreen smartphone android error bergerak sendiri.

Oleh karena itu untuk memastikannya saat touchscreen hp xiaomi yang kita miliki mengalami masalah bergerak sendiri ataupun meleset saat disentuh sebaiknya kita lepas terlebih dahulu tempered glass yang ada.

#]3. Kondisi Hp Xiaomi Yang Terlalu Panas

Memang tidak dipungkiri bahwa kondisi smartphone yang terlalu panas dapat menimbulkan berbagai masalah, contohnya saja seperti layar sentuh hp xiaomi yang tiba – tiba tidak berfungsi. Jadi apabila kita merasakan kondisi smartphone yang terlalu panas dan muncul error pada layar sentuh tersebut alangkah lebih baiknya jika kita berhenti terlebih dahulu dan menunggu sampai suhu kembali nomal.

#]4. Kalibrasi Touchscreen

Kalibrasi layar sentuh hp android memiliki fungsi untuk mengembalikan layar sentuh yang tidak berfungsi seperti meleset, loncat – loncat ataupun tidak merespon saat disentuh agar dapat kembali normal.

Oleh karena itu untuk memastikan touchscreen hp xiaomi yang error dalam kondisi normal atau tidak, kita perlu untuk melakukan kalibrasi touchscreen tersebut. Kita dapat menggunakan aplikasi khusus seperti MultiTouch Tester atau Touchscreen Calibration saat melakukan proses tersebut.

#]5. Cara Memperbaiki Touchscreen Dengan Korek

Berikut ini adalah suatu cara memperbaiki layar sentuh hp xiaomi yang error menggunakan korek api yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone tersebut dan beberapa sumber yang ada. Namun menurut kami, cara ini bukanlah suatu jaminan untuk mengatasi layar sentuh yang error tersebut.

Baca Juga  Mengenal Sejarah adanya Lampu Jalanan

Dari beberapa sumber yang ada, terkadang ada yang berhasil menggunakan cara ini namun ada juga yang gagal. Jadi sebelum untuk mencoba cara memperbaiki touchscreen dengan korek di bawah ini alangkah lebih baiknya jika kita mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Cara Mudah Benerin Touchscreen Xiomi , Solusi Touchscreen No Responsive

#)1. Bersihkan Layar Handphone secara berkala

Touchscreen error biasanya karena layar meninggalkan kotoran yang membekas seperti debu ataupun bekas makanan yang menempel pada jari kamu dan membekas di layar handphone yang membuat touchscreen tidak berfungsi aktif. Cara mengatasi touchscreen error akibat kotoran adalah dengan membersihkan layar secara berkala.

#)2. Gunakan Fitur Kalibrasi pada Android

Layar handphone yang sudah lama digunakan akan terasa panas, untuk menghidari touchscreen error kamu bisa melakukan kalibrasi. Cara melakukan kalibrasi adalah:

Masuk ke Menu Pengaturan.

  • Pilih Display
  • Pilih kalibrasi, maka layar handphone akan putih seketika. Tidak perlu takut saat layar berwarna putih, itu menandakan Kalibrasi dengan dilakukan.
  • Setelah itu klik layar putih tersebut dan akan muncul perintah.
  • Ikuti perintah tersebut hingga proses kalibrasi selesai.
  • Jika berhasil, touchscreen akan kembali normal dan sensitif kembali.

#)3. Masuk ke menu Safe Mode

Ketika touchscreen tidak berfungsi secara maksimal, cobalah masuk ke menu Safe Mode. Dengan mengaktifkan menu Safe Mode merupakan salah satu cara mengatasi touchscreen error. Saat mengaktifkan safe mode, secara otomatis hanya aplikasi bawaan saja yang akan aktif, dengan demikian handphone kamu akan jauh lebih ringan dan mudah untuk digunakan. Untuk mengaktifkan safe mode

kamu perlu menekan tombol dari Power beberapa saat, secara otomatis akan muncul Reboot To Safe Mode, lalu tinggal klik ok saja untuk melakukannya.

#)4. Multitouch Tester

Cara Mengatasi touchscreen error selanjutnya adalah dengan mendownload aplikasi Multitouch Tester atau aplikasi sejenisnya. Gunakan aplikasi seperti ini untuk membantu menggerakan handphone ketika ingin melakukan suatu perintah. Dengan adanya bantuan dari aplikasi ini dapat membantu kamu ketika layar mengalami lag saja. Jangan telalu panic saat touchscreen mengalami error, dengan bantuan beberapa aplikasi layar dapat kembali normal. Aplikasi ini dapat kamu ungguh di Play Store.

MultiTouch Tester - Aplikasi di Google Play
credit image by Google Play

#)5. Periksa penggunaan RAM secara berkala

Mungkin saja faktor dari touchscreen error dan tidak berfungsi adalah karena RAM telah melebihi batas dari kapasitas yang tersedia dan membuat layar serta touchscreen menjadi tidak respontif saat digunakan. Untuk menghindari dan mengatasi error pada touchscreen, kamu harus rajin mengecek kapasitas RAM.

Baca Juga  Cara Membuat Virtual Reality Headset Sederhana

#)6. Reset handphone

Cara mengatasi touchscreen error yang paling mudah adalah dengan melakukan reset handphone. Kekurangan dari mereset handphone adalah data yang ada pada handphone dapat terhapus. Maka dari itu sebelum melakukan reset, ada baiknya melakukan backup file terlebih dahulu.

credit image by boothpxiomi.blogspot.com

Jika ingin melakukan reset, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Tekan tombol Power dan Volume secara bersama-sama dalam beberapa saat hingga muncul menu pada layar handphone kamu.
  • Kamu dapat memilih menu factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik.
  • Setelah itu kamu dapat menggunakan tombol Power sebagai pilihan dan Volume sebagai kursos untuk memilih menunya
  • Lalu pilih menu Factory Reset dan handphone akan tereset dengan sendirinya, kamu harus menunggu hingga proses selesai.
  • Setelah proses selesai, layar akan kembali normal dan kamu dapat mencobanya terlebih dahulu.

#)7. Gunakan charger asli

Cara untuk mengecek apakah touchscreen mengalami error atau tidak dengan mencharger handphone. Jika kamu menggunakan charger palsu, secara otomatis touchscreen akan menjadi error dan sulit untuk digunakan.

Xiaomi Redmi Note 9 Pro, in-depth Review - Lucky Sebastian
credit image by lucky sebastian

Pastinya bagi kalian yang belum pernah mengalami Cara Mudah Benerin Touchscreen Xiomi , Solusi Touchscreen No Responsive hal seperti itu atau belum mengetahui sebabnya kalian akan merasa bingung dan panik bukan? untuk itu kalian akan menyebut jika produk xiaomi itu tidak bagus dan gampang error tanpa sebab. Akan tetapi jika kalian mengatakan hal seperti itu kalian salah, proplem atau masalah tersebut bukan disebabkan karena produk xiaomi yang jelek. Melainkan masalah tersebut disebabkan oleh kalian para penggunanya.

Melalui keterangan resmi, pihak Xiaomi mengatakan bahwa pengalaman pengguna menjadi hal yang penting dan utama bagi perusahaan asal Cina tersebut.

“Sebagai brand, masih memiliki kewajiban untuk melayani konsumen. Kami tetap membantu layanan purna jual untuk produk tidak resmi, terbatas hanya untuk model yang resmi hadir di Indonesia,” Ucapnya.

Nah, mudah-mudahan cara ini bisa mengatasi solusi masalah selama ini, mungkin touchscreen sering tidak responsive. Kesalahan ini bukan disebabkan karena kualitas xiaomi yang jelek tetapi karena kesalahan dari user ponsel itu sendiri.

Sumber: solusi touchscreen

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.