Cara Membuat Auto Shutdown pada Windows tanpa Aplikasi lain

Caratekno – Pernahkah Anda mengalami kasus seperti ini? Mata sudah lelah, ngantuk ingin rebahan namun burning DVD atau scanning virus atau juga defrag masih lama. Jika ditungguin sudah ga memungkinkan lagi.

Ketika kita sedang melakukan aktivitas hingga larut malam, kita terkadang suka lupa untuk mematikan komputer/laptop ketika kita tertidur, hingga membuat komputer semalaman menyala, pasti pernah kan ngalami?!

Hal itu membuat saya berfikir untuk membuat sistem secara otomatis mati pada jam-jam tertentu, meskipun banyak software yang menyediakan layanan auto shutdown. Tetapi sebenarnya Windows sendiri juga mempunyai kemampuan itu tanpa menggunakan aplikasi pihak ke-3.

2 Cara yang dapat dilakukan untuk membuat auto shutdown di Windows

Melalui Command Prompt

Cara pertama – yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan command prompt. Caranya buka jendela Command prompt bisa dengan atau tanpa Run as Admin, lalu ketikan ini.

shutdown /s /t 300

Untuk perintah ‘/s‘ adalah perintah untuk melakukan shutdown sistem, kemudian untuk perintah ‘/t‘ adalah perintah untuk melakukan shutdown dalam duriasi waktu tertentu dan angka ‘300‘ adalah waktu yang dihitung dalam satuan detik (60 Detik).

shutdownotomatis_1

Jadi jika disimpulkan perintah diatas akan mematikan komputer secara otomatis dalam waktu 5 menit (60 x 5 = 300). Setelah perintah di enter, maka sistem akan menjadwalkan sign out.

Melalui Task Scheduler

Cara yang kedua adalah dengan melalui Task Scheduler. Caranya buka ‘Task Scheduler‘ gunakan fitur search untuk mencarinya.

shutdownotomatis_3

Pada bagian panel sebelah kanan, klik pada opsi ‘Create Basic Task‘.

Baca Juga  Ikuti 3 Langkah Praktis Belajar Komputer Ini, Ternyata Sangat Gampang Kok!

shutdownotomatis_4

Pada saat Wizard terbuka, pada bagian name beri nama ‘Shutdown‘. Kemudian pilih Next untuk melanjutkan proses.

shutdownotomatis_5

Selanjutnya adalah menentukan kapan task tersebut dijadwalkan, sebagai contoh pillih ‘One Time‘ saja karena kita hanya ingin membuat auto shutdown ini hanya untuk 1x saja.

shutdownotomatis_6

Kemudian tentukan tanggal dan jam yang akan dijadwalkan untuk melakukan shutdown, setting sesuai dengan keinginan kamu. Setelah selesai pilih Next untuk melanjutkan.

shutdownotomatis_7

Lalu untuk menjalankan jadwal shutdown sekarang, pilih ‘Start a program‘. Kemudian pilih Next.

shutdownotomatis_8

Setelah itu untuk mencari program apa yang akan dijalankan, klik ‘Browse‘ lalu temukan program Shutdown (shutdown.exe) yang terletak di ‘C:\Windows\System32‘. Jika sudah menemukannya, klik Open.

shutdownotomatis_9

Kemudian pada bagian ‘Add agruments‘, ketikan ‘/s‘ yang fungsinya sebagai parameters dari program ‘shutdown‘. Klik Next untuk melanjutkan proses.

shutdownotomatis_10

Terakhir akan muncul informasi task yang barusan dibuat. Mulai dari nama, deskripsi, kapan program tersebut dilakukan dan program apa yang dijalankan. Klik Finish untuk menutup Wizard.

shutdownotomatis_11

Nah itulah 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat Shutdown secara otomatis pada Windows. Cara ini juga dapat di aplikasikan pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Referensi winpoin

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.