50 Kreasi Pipa PVC Sebagai Lampu Hias Ruangan Rumah Modern

50 Kreasi Pipa PVC Sebagai Lampu Hias Ruangan Rumah Modern

Caratekno – Pipa PVC sisa bekas saluran pembuangan yang masih bagus terkadang menyisakan potongan-potongan pendek antara 20 – 50 cm masih bisa anda gunakan sebagai lampu hias.

Dalam blog caratekno cukup banyak artikel cara membuat lampu hias sendiri dari berbagai aneka bahan.

Ukuran minimal diameter pipa 5 inchi agar lebih bagus ketimbang anda gunakan pipa yang lebih kecil.

Sebelum pipa dibuat sebaiknya pipa sudah putih dan benar-benar bersih (kecuali masih baru)

Untuk desain lampu bisa anda cari referensi lain namun dalam artikel ini sudah saya sertakan beberapa desain cantik PVC ukir atau coretan.

Alat dan Bahan

  • Pipa PVC dim 5 inchi
  • Gergaji kayu
  • Clamp/ Penjepit
  • Sarung Tangan
  • Ampelas kayu/besi
  • Cat semprot warna sesuai selera
  • Sekrup/baut
  • Dudukan lampu
  • Bor listrik + mata bor

Perhatian: Sebaiknya gunakan sarung tangan, kacamata pelindung, masker agar terhindar serpihan dan aman saat memotong pipa. Jangan gunakan pisau cutter sebaiknya pakai mesin bor saat melubangi dan ampelas bagian sisi tajamnya.

Nah soal membuatnya urusan mudah sekali asal anda punya bakat seni dan sedikit bersabar, Caranya:

Langkah 1: Potong pipa PVC panjang 20 – 50 cm dan polanya sesuai selera anda.

Langkah 2: 2 inchi dari bawah pipa sebagai tempat dudukan usahakan area ini jangan ikut dalam pemotongan gambar, (batas gambar polanya)

Langkah 3: Mulai pengukiran pola dengan mesin bor gantung mini/ mini grider drill yang biasa dipakai sebagai alat kerajinan tangan, seperti gambar ini.

Langkah 4: Setelah pelubangan pola selesai sesuai yang anda ingingkan, lakukan pembersihan pinggiran potongan agar halus dan rapih dengan menggunakan ampelas.

Langkah 5: Setelah pola berhasil dibuat dengan baik dan bagus, saatnya pengecatan. Anda bisa gunakan cat semprot biasa yang lebih mudah, jika ingin hasil cat lebih awet dan berkualitas anda gunakan mesin cat semprot dengan tabung angin bertekanan kompressor.

Langkah 6: Siapkan lampu-lampu hiasnya masukkan ke dalam tabung pipa yang sudah jadi tadi. Letakkan lampu pada bagian dasar dudukan

Langkah 7: kencangkan baut-baut di kaki dudukan, lampu hias dari pipa PVC bekas siap digunakan.

Tips:

Ukir sisi pipa terlebih dahulu menggunakan bor tangan listrik/ bor ukir kerajinan/ mini drill grinder. Potongan bagian yang ingin dilubangi sesuai pola yang sudah anda pilih. Referensi homeguides.sfgate.com

Hindari menggunakan lampu pijar atau juga bohlam fluorescent karena menyebabkan panas berlebih, Gunakan hanya lampu LED saja warna menyesuaikan selera/mood.

Ebook 50 Kumpulan Lampu Hias Inspiratif >>> download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.