Cek Plat Nomor dan Pajak Kendaraan Bermotor Anda

Caratekno – Pastikan dahulu sebelum anda membayar pajak kendaraan Anda sudah memahami maksud tujuan pajak itu sendiri.

Kendaraan yang dikenakan tarif pajak tahunan oleh samsat hanya untuk kendaraan jalur darat saja.

Banyak kendaraan bermotor yang terdapat di jalur darat menjadikannya besar dari pajak kendaraan bermotor tersebut berbeda.

 

 

Untuk itu dalam menentukan berapa besar pajaknya dilakukan melalui 2 (dua) cara yaitu faktor nilai dan bobot yang memiliki potensi pencemaran serta faktor kerusakan jalan yang relatif ditimbulkan oleh pengguna kendaraan.

 

Dalam membayar pajak kendaraan bermotor tidak semata-mata hanya demi melancarkan pembangunan, namun dikarekanakan pajak merupakan pendapatan dari pemerintah. Lebih dari itu semua, membayar pajak kendaraan bermotor dapat memberikan keuntungan si wajib pajak.

Biasanya jumlah nilai pajak kendaraan bermotor yang harus dibayar tertulis dengan jelas di STNK.

Tapi apabila kita memiliki kendaraan bermotor yang jumlahnya lebih dari 1 maka pajaknya juga berbeda, karena pajak kendaraan bermotor itu progresif yang dimana perhitungannya disesuaikan dengan urutan pada kepemilikan kendaraan, seperti presentase yang dijadikan acuan dalam menghitung pajak progresif yang dibayar tahunan :

  • Kendaraan Pertama, tarif pajaknya 1,5%
  • Kendaraan Kedua, tarif pajaknya 2%
  • Kendaraan Ketiga, tarif pajaknya 2,5%
  • Kendaraan Keempat dan Seterusnya, tarif pajaknya 4%

Ada dua jenis pajak yang harus dibayar untuk kepemilikan dari kendaraan bermotor, yaitu :

  • Pajak Tahunan

Pajak tahunan merupakan pajak yang dilakukan dalam mengesahkan STNK tahunan. Pajak ini juga dapat diurus langsung di Kantor Samsat yang ada di wilayah sekitar kita atau juga dapat dilakukan secara online. Akan tetapi, untuk mengakses secara online ini baru hanya bisa dilakukan di beberapa daerah saja dikarenakan belum secara merata tersedia di seluruh wilayah di Indonesia. Persyaratan yang wajib dibawa ketika ingin membayar pajak kendaraan bermotor adalah :

  1. STNK yang asli
  2. KTP yang asli
  3. Uang yang digunakan untuk pembayaran pada pajak

(Nama yang tercantum di dal STNK maupun BPKB harus sesuai dengan yang ada di KTP)

  • Pajak Lima Tahunan

Pajak ini merupakan pajak yang dibayarkan saat pergantian STNK serta dengan waktu yang sama plat kendaraan juga harus diganti. Kalau pembayaran pajak tahunan dapat dilakukan dengan online, maka pajak lima tahunan ini hanya bisa dibayarkan langsung di kantor samsat. Hal ini dikarenakan adanya pengecekan fisik kendaraan tersebut oleh petugas. Persyaratan yang terlebih dahulu harus dilengkapi adalah :

  1. STNK dan BPKB yang asli
  2. KTP yang asli
  3. Membeli formulir pengecekam fisik kendaraan di Kantor Samsat

Apabila syarat diatas sudah lengkap, maka dapat diserahkan ke loket yang nantinya setelah penyerahan berkas tersebut pihak loket alam memberikan slip pembayaran untuk pajak lima tahunan. Setelah melakukan pembayaran dan sudah menerima tanda lunas, akan diinformasikan kapan pengambilan STNK yang baru.

Adapun cara cek pajak kendaraan bermotor, yaitu :

  • Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via Online

Dengan mengikuti perkembangan teknologi yang jaman sekarang serba online, instansi Pelayanan Publik pun ikut melakukan pelayanan secara online agar lebih mudah, efektif dan juga efisien. Pengecekan pajak melalui online ini, informasi yang nantinya kita dapatkan langsung dari Dispenda dikarenakan Dispenda yang berwenang dalam menentukan berapa besar pajak yang harus dibayarkan. Berikut adalah daftar dari situs Samsat yang sudah bisa diakses beserta cara mengecek pajak kendaraan bermotor.

  • DKI Jakarta

DKI Jakarta memang dijadikan contoh dalam mengecek pajak secara online dikarenakan sebagai wilayah Ibu Kota. Situs online yang diakses adalah http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB. Caranya pun cukup mudah, apabila sudah masuk ke halaman situs yang dituju, langsung saja isi formulir dengan memasukkan nomor plat dan setelahnya klik PROSES lalu tunggu hingga informasi yang dibutuhkan muncul.

Angka yang terdapat pada informasi yang keluar tersebut merupakan nominal dari pajak normal, dan tidak termasuk denda atau pun pajak progresif.

  • Jawa Barat

Sekarang di provinsi Jawa Barat pun sudah bisa menggunakan sistem online dengan cara mengakses di situs http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/. Dan langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda dengan situs yang di Jawa Tengah. Pembayarannya pun dapat dilakukan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), SMS Banking maupun Internet Banking.

  • Jawa Tengah

Jika kita berada di Jawa Tengah, situs resmi yang bisa dikunjungi untuk mengecek pajak yaitu http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Apabila kita sudah masuk ke situs halaman tersebut, kita tinggal memasukkan saja berapa nomor plat kendaraan yang ingin kita cek pajaknya. Setelah memasukan nomor plat tinggal kita klik SUBMIT dan tunggu sebentar sampai keluar informasi secara lengkap.

Nominal dari informasi pajak kendaraan bermotor yang muncul bukan merupakan nominal dari pajak progresif atau pun denda.

  • Yogyakarta

Masyarakat yang berdomisili di Yogyakarta dapat mengecek pajak secara online melalui situs http://infonjkbdiy.com/. Setelah masuk ke halaman situs, langsung saja isi pada bagian formulir mengenai pajak kendaraan bermotor dan masukkan nomor plat kendaraan lalu klik SUBMIT kemudian tunggu hingga prosesnya selesai dan informasi yang diperlukan muncul.

Sama dengan informasi yang muncul dengan situs lainnya, kalau nominal pajak yang muncul pada informasi belum termasuk denda atau pun pajak progresif.

  • Jawa Timur

Bagi masyarakat yang berdomisili di Jawa Timur, cek pajak kendaraan secara online dapat diakses melalui situs http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas. Apabila sudah masuk ke laman tersebut maka akan muncul formulir, kemudian masukkan nomor plat kendaraan serta jangan lupa memasukkan kode verifikasinya terlebih dahulu. Setelah itu tinggal klik CARI dan tunggu hingga informasi yang dibutuhkan muncul.

Informasi dari nominal pajak kendaraan bermotor yang muncul merupakan biaya pajak normal saja, dan belum termasuk denda atau pun pajak progresif.

  • Aceh

SItus pengecekan pajak kendaraan di Aceh juga dapat dilakukan seacar online, dengan mengakses di situs http://www.esamsataceh.com/. Caranya pun hampir sama dengan yang lainnya yaitu langsung memasukkan nomor plat kendaran ke dalam kolom pencarian lalu klik CARI kemudian tunggu hingga informasi yang dibutuhkan muncul.

  • Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan SMS

Cara kedua yaitu melalui SMS. Akan tetapi cara cek pajak kendaraan bermotor melalui SMS ini, kita hanya bisa mengetahui berapa jumlah biaya pada pajak dari STNK tahunan, tidak dengan biaya pajak STNK 5 tahunan. Keuntungan yang membantu dari layanan ini adalah kita bisa mempersiapkan berapa uang yang harus dibawa dan dibayarkan ketika ke Samsat.

Selain tidak bisa mengetahui jumlah uang untuk bayar pajak kendaraan 5 tahunan, cara cek pajak kendaraan via sms tidak berlaku bagi pajak mati karena harus diurus langsung ke kantor samsat. Lalu bagaimana  cara mengecek pajak kendaraan lewat sms, silahkan simak caranya dibawah ini.

Pengecekan pajak melalui SMS ini tidak dapat dilakukan di semua wilayah dikarenakan data dari kendaraan belum semuanya terekam dan ada pula beberapa wilayah yang mengutamakan dalam penggunaan website dan aplikasi. Beberapa wilayah yang masih dapat menggunakan SMS yaitu :

  • Jawa Barat

Pelayanan informasi dalam mengecek pajak kendaraan di Jawa Barat, sepenuhnya belum dapat memakai sistem onlne ini dan masih melalui SMS. Caranya pun mudah dengan SMS ke nomor 0811-2119-211 dengan format ; info<spasi>kode plat kendaraan/nomor polisi/kode seri plat kendaraan<spasi>warna plat kendaraan.

  • Jawa Tengah

Selain dilakukan secara online, kita juga bisa mengecek pajak motor yang berdomisili di Jawa Tengah melalui SMS. Caranya pun juga sama mudahnya dengan langsung sama kirim sms ke nomor 9600 dengan format ; JATEN<spasi>nomor plat kendaraan.

  • Yogyakarta

Di Yogyakarta pun masih menyediakan layanan untuk mengecek pajak melalui SMS, sama seperti yang diterapkan di Jawa Tengah. Caranya pun sama dengan mengirim SMS ke nomor 9600 dengan format ; DIY<spasi>nomor plat kendaraan.

Selain itu, sekarang juga sudah ada aplikasi untuk pengecekan pajak yang bisa diunduh, akan tetapi aplikasi ini hanya bisa diunduh oleh pengguna Android sedangkan pengguna IOS belum bisa menggunakannya dan baru hanya bisa mengakses pajak secara online lewat website. Caranya pun sangat gampang, apabila sudah mengunduh aplikasinya, masuk ke aplikasi tersebut lalu tinggal mengisi formulir lalu tinggal klik submit. Maka informasi yang dibutuhkan bisa langsung didapatkan.

Mengikuti perkembangan dalam teknologi dan informasi dalam cara cek pajak kendaraan bermotor yang semakin mudah untuk dilakukan sehingga dapat meningkatkan kesadaran pada masyarakat untuk menunaikan kewajibannya yaitu membayar pajak dengan tepat waktu

Diharapkan juga pelayanan seperti ini dapat tersebar di semua daerah secara merata sehingga lebih memudahkan masyarakat dan juga dapat melindungi masyarakat dalam membeli kendaraan dari hasil curian dengan pemalsuan surat-suratnya.

referensi sumber: uangteman.com

You May Also Like

About the Author: caratekno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.