Cara Mengganti Baterai Xiaomi Redmi Note 4/4X

Caratekno – Anda pengguna Xiaomi Redmi Note? Ya saya juga pengguna setia Xiaomi sejak 2016 lalu sampai sekarang. Kalau dulu Redmi Note 2 battery masih bisa dilepas dengan mudah semudah juga membuka casingnya. namun sejak varia Redmi Note 3 ke atas casing dan battery sudah mulai susa dilepas.

Saya juga g tau maksud pabrikan mungkin meniru konsep smartphone seperti iPhone kali ya?! may be.

Apalagi kalau sudah battery mengalami masalah drop alias cepat habis padahal kapasitas batterynya lumayan besar 4000mAH. Biasanya seharian masih bisa dipakai, nah ini baru lima menit sudah turun drastis % indikatornya.

Trus gimana cara ganti batterynya?

Nah simak yuk caranya.

Sebelumnya kita kupas dulu spesifikasi baterai Xiaomi Redmi Note 4/4X

  • Tipe battery Versi 4 BN41 dan versi 4X BN43 saya ngga ngerti perbedaan keduanya.
  • Jenis cell: Li-Ion (Lithium-Ion/ Polymer)
  • Kapasitas battery 4000-4100mAh/ 15.40Wh
  • Voltase 3.85V
  • Harga battery original saya beli marketplace kisaran Rp 90rb sampai Rp120rb

 

Langkah 1: Buka Sim Card Tray

Pastikan kamu buka dulu sim card tray, caranya pasti sudah tau dan gampang, tinggal colok ejector yang diberikan pada paket penjualan.

 

Langkah 2: Membuka Backcover Xiaomi Redmi Note 4X

Untuk membuka backcover, kamu memerlukan prying tool atau opening pick untuk mencongkel backcase. Mulai mencongkel dari bagian atas HP..

Sisir ke seluruh sudut sampai backcover terlepas dari body.

Setelah backcover terbuka, maka kamu akan langsung bisa melihat baterainya..

 

Langkah 3: Lepas Konektor Baterai

Tahapan ini penting, kamu wajib mengutamakan pemutusan arus listrik dengan melepas konektor baterai sebelum membongkar part-part lain.

Caranya gampang, tinggal congkel saja dengan prytool atau spudger atau pakai kuku.

 

Langkah 4: Membuka Modul Loud Speaker Xiaomi Redmi Note 4X

Hal ini disarankan sebelum membuka baterai, karena baterai ReNo 4X original-nya merekat ke body dengan lem. Untuk membuka perekat tersebut akan lebih mudah jika modul loudspeaker dilepas dulu supaya tidak menghalangi.

Untuk melepas modul loudspeaker silahkan lepas 6 buah sekrup phillips (plus) 1.5mm. Ini akan melepas sekrup dibalik stiker Mi pelindung garansi, sehingga akan void garansi kamu.

Selanjutnya kamu congkel modul loudspeaker dengan spudger..

 

Langkah 5: Melepas Baterai Xiaomi Redmi Note 4X

Pada baterai di bagian bawah ada pull-tab yang bisa kamu tarik untuk melepas perekat baterai. Tarik secara lurus sampai habis, jangan terpelintir dan jangan sampai putus..

Bagaimana kalau pull-tab nya putus? Ya terpaksa kamu harus bersabar lagi untuk melepas baterai yang merekat. Gunakan kartu plastik tipis untuk mencongkel baterai dan melepaskannya dari perekat.

Setelah baterai terlepas, silahkan ganti dengan baterai dan lem baterai yang baru. Lalu pasang kembali modul loudspeaker. Pasang konektor baterai. Tes nyala. Kalau sudah nyala, pasang backcover dan sim cardnya. Gambar dan beberapa artikelnya dari elpass.com

Semoga artikel ringan ini membantu anda untuk mengganti battery sendiri tanpa harus pergi ketukang service hp, karena sesuai pengalaman saya sangat mudah sekali untuk. Untuk cara membuka casingnya juga sangat mudah silahkan baca  

You May Also Like

About the Author: caratekno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.