Cara Memotong & Menyampung Lampu Led Strip

Caratekno – Lampu strip LED dirancang agar mudah dipotong terpisah dengan gunting. Setiap LED memiliki sepasang titik tembaga di ujungnya. Selama Anda memotong di antara titik-titik, semua LED akan berfungsi. Dari sana, Anda dapat menghubungkan LED ke sumber listrik melalui konektor cepat atau dengan menyolder. Jika mereka terhubung dengan benar, semua LED seharusnya menyala dalam tampilan warna-warni.

Memotong Strip LED Terpisah

  1. Ukur panjang LED yang Anda butuhkan. LED datang dalam 1 strip panjang. Anda dapat memotong LED individual ketika Anda membutuhkannya, tetapi mereka harus dipotong pada titik-titik tertentu agar berfungsi dengan baik. Tentukan berapa lama Anda perlu strip LED sebelum memotong lampu.
  2. Temukan garis potong pada titik-titik tembaga LED. Carilah sepasang titik tembaga di bagian belakang strip LED. Titik-titik tembaga menunjukkan di mana setiap cahaya terhubung ke yang berikutnya di strip. Anda akan melihat garis potong bertitik yang mengalir di antara titik-titik tembaga. Pilih garis yang paling dekat dengan panjang LED yang Anda ukur sebelumnya.
    Garis adalah satu-satunya tempat Anda dapat memotong LED dengan aman. Jika Anda memotong di tempat lain, beberapa LED tidak akan berfungsi.
  3. Potong strip LED dengan gunting. Sepasang gunting akan melakukan pekerjaan itu. Pegang lampu dan potong sepanjang garis putus-putus. Anda harus memotong di antara titik-titik tembaga. Sejajarkan potongan dengan hati-hati untuk menghindari

 

Mengamankan LED ke Konektor Cepat

  1. Sejajarkan konektor cepat dengan strip LED. Konektor cepat dapat dibeli bersama dengan lampu LED dan merupakan cara yang bebas repot untuk menyelesaikan sirkuit listrik. LED akan memiliki + dan – dicetak di bagian belakang. Sejajarkan kabel hitam konektor dengan – dan kabel merah dengan +.
  2. Tarik bilah plastik 1 ⁄ 8 in (0,32 cm) dari konektor cepat. Pegang konektor dengan 1 tangan. Temukan bar plastik kecil, biasanya berwarna hitam, di bagian akhir. Tarik bilah ini ke depan untuk membuka konektor. Hati-hati, karena konektornya halus.
  3. Kelupas perekat pelekat LED 1 ⁄ 4 in (0,64 cm). Tarik mundur dari LED cukup untuk mengekspos terminal tembaga di bagian akhir. Jika LED Anda tidak memiliki dukungan ini, Anda harus memotong plastik dari terminal.
    Gunakan pemotong kotak atau pisau untuk memotong plastik dan mengikisnya untuk memaparkan terminal. Jangan memotong semua jalan melalui LED.
  4. Pasang LED ke konektor. Geser ujung LED langsung ke konektor cepat. Pastikan kabelnya berbaris dengan benar. Kabel hitam harus terhubung ke +, sedangkan kabel merah harus terhubung ke -. [5]
  5. Tutup bar plastik pada konektor cepat. Tarik bilah plastik kembali ke LED untuk menahannya di tempatnya. LED seharusnya tidak bergerak ketika Anda melepaskannya. Ini juga melindungi koneksi dari kerusakan.
  6. Sambungkan kabel konektor cepat ke kabel warna yang sama pada sumber listrik. Gunakan konektor kawat terminal dari toko perbaikan rumah. Sambungkan kabel ke konektor, lalu putar sekrup konektor searah jarum jam untuk menahan kabel pada tempatnya. Colokkan kabel catu daya ke ujung terminal lainnya. [6]
    Jika LED tidak menyala, periksa koneksi. Mencampur kabel + dan – mungkin menjadi masalah. Jika tidak, Anda mungkin telah memotong LED di tempat yang salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *