Cara Membuat Plat Nomor Kendaraan Sendiri

Caratekno – Membuat plat nomor ternyata tidak harus dibutuhkan skill lebih seperti tukang pembuat plat nomor profesional, Rekan tekno juga bisa membuatnya sesuai selera dan bahan-bahan yang mudah dibeli.

Ada sedikit Info dari temanku yang kebetulan buka usaha plat nomor motor dan mobil.. mungkin ada yang mau coba-coba…monggo di persilahkan… dia udah buka toko di daerah Cililitan Besar (depan PLN cililitan).

image by kabaroto.com

Alat-alat dan Bahan yang di Butuhkan?

  • Lempengan Besi kuningan 2 mm
  • Plat Alumunium tebel 0.6 mm jenis Soft 1 Lembar
  • Cat Bermerk RJ London 1 Botol
  • Selotif Bening ukuran Kecil 1 Buah
  • Besi Plat Baja ukuran 30cm x 30cm, tebal 22 mm 1 Buah
  • Palu Kayu 1 Buah
  • Karet Ban dalam Secukupnya
  • Paku Secukupnya

Cara Membuatnya :

Langkah 1:

Plat dengan ketabelan 0.6 mm dengan motif “soft” anda potong-potong dengan ukuran plat nomor motor dan plat nomor mobil.

Untuk ukuran plat nomor motor standar  25mm x 10mm dan untuk ukuran mobil 40mm x 27.5 mm.

Dalam pemotongan anda bisa menggunakan gunting atau dengan penggaris besi yang di garis dengan menggunakan pisau cutter. Lalu anda tinggal meleku-lekukannya hingga akhirnya putus. Jangan khawatir tidak akan putus, bahan plat ini menggunakan alumunium lembut yang bisa di bengkokan dan lentur.

Langkah 2:

Setelah anda sudah mempunyai potongan plat nomor motor dan mobil standar. Nah sekarang anda harus memiliki cetakkan plat nomor tersebut. Cetakkan plat nomor terbuat dari lempengan kuningan yang bisa anda dapatkan di toko-toko bangunan. Tebalnya 2 mm (jangan lebih, karena bila lebih bisa membuat plat Alumunium jebol dan berlobang). Cara membuat cetakkannya adalah sebagai berikut

Anda bisa mengukur ukuran huruf plat nomor motor dan mobil dari kendaraan milik anda atau milik orang lain. Ambil ukuran standar saja. Dan juga anda harus mengukur huruf yang kecilnya yang biasanya menandakan bulan dan tahun pajak.

Langkah 3: 

Setelah anda mendapatkan ukurannya. Anda pergunakan komputer anda untuk membuat huruf dan angka. Lalu anda cetak menggunakan printer. Usahakan dalam setiap huruf dan angka masing-masing berjumlah 4 buah.Kemudian anda siapkan lempengan besi kuningan. Hasil dari huruf yang sudah di cetak di atas kertas. Anda tempelkan di atas kuningan tersebut.

Semuanya sudah siap dengan huruf-huruf yang di tempelkan di atas lempengan kuningan. Nah sekarang anda mulai memotongnya dengan menggunakan gergaji berbentuk “U” bergerigi mata satu mengikuti alur huruf dan angka. Gergaji ini bisa anda dapatkan di toko material dan jangan lupa juga membeli mata gergaji yang banyak, karena dalam pemotongan ini, pasti ada saja kesalahan memotong dan akhirnya patah atau putus pada mata gergaji. Kerjakan dengan hati-hati. Hal ini akan memakan banyak waktu lama.

Langkah 4:

Nah setelah selesai anda memotong semua huruf-huruf dan angkanya. Pekerjaan anda terakhir hanya tinggal mengamplasnya saja.

Simpan baik-baik huruf ini. Pastinya anda akan merasa sakit hati bila hurufnya ada yang hilang satu.
Sekarang anda sudah mempunyai Cetakkan plat nomor yang terbuat dari kuningan. Sekarang anda tinggal membuat plat nomornya. Sehingga bisa di pake dan di pasang di kendaraan motor dan mobil.

Buat garis bantu lurus horizontal menggunakan pesil saja atau pulpen kira-kira 1 cm dari tepi ujung yang 25 cm. atas bawah anda harus menggarisnya.

Langkah 5:

Kemudian cetakkan plat nomor yang sudah anda buat. Anda susun sesuai dengan nomor kendaraan di atas alumunium dalam keadaan terbalik di bawah garis bantu yang sudah anda buat. Agar tidak mudah jatuh setelah semuanya tersusun. Anda rekatkan huruf dan alumunium dengan menggunakan solatif bening.

Sediakan Besi Plat Baja ukuran kira-kira 30 x 30 cm dengan ketebalan 22 mm dan palu kayu yang di lapisi dengan karet ban dalam. Kegunaan plat 22 mm untuk bantalan ketika memukul plat nomor. Sedangkan palu kayu di lapisi dengan karet ban gunanya untuk memukul plat nomor.

Letakkan plat nomor kendaraan yang sudah anda susun dan rekatkan dengan menggunakan solasi di atas bantalan plat baja dengan posisi plat datar alumunium menghap ke atas sedangkan huruf menghadap ke bantalan plat baja.
Pukul plat kendaraan dengan menggunakan palu kayu yang sudah di lapisi karet ban dalam. Pukul berulang-ulang kali sampai timbul huruf dan merata ke semua bagian.

Pastikan permukaan plat sudah timbul akibat pukulan palu kayu. Hingga akhirnya siap dengan pengecatan plat.
Lepas cetakan huruf dan angka yang melekat pada plat alumunium dan letakkan kembali di tempatnya. Juga buang semua sisa solasi yang melekat pada alumunium.

Selesai
Nah selesai di lepas pergunakan cat putih dengan di campuri sedikit thiner. Cat permukaan huruf dan angka dengan menggunakan warna putih. Ingat hanya huruf dan angkanya saja. Lalu keringkan selama kurang lebih 15-20 menit di bawah terik matahari.

 

Setelah kering Tutup permukaan nomor dengan angka cetakaan huruf. Hal ini perlu di lakukan agar sewaktu pengecatan warna cat hitam, anginnya tidak menimpa warna putihnya.

Nah sekarang semprotkan warna hitam ke alumunium dengan huruf yang sudah di tutupi dengan cetakan huruf. Dalam pemakain penyemprotan ini sebaiknya menggunakan Cat semprot bermerk RJ. Atau juga bisa menggunakan cat hitam bermerk autolux. Cat RJ bisa anda dapatkan di material. Tapi untuk cat autolux bisa anda dapatkan di toko speialis cat.

Apabila sudah kering angkat dan lepaskan plat nomor yang merekat pada plat nomor dan anda bisa melihat hasilnya. Anda juga bisa memodifikasi nya dengan tidak menggunakan cat putih jadi hanya menutup permukaan plat nomor. Jadinya plat nomor dengan warna hitam bening.

Selamat mencoba aja..

 

Lacak Online Nopol Kendaraan

 

Referensi artikel membuat plat nomor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *