Merakit Rangkaian Power Bank Sederhana

Mau merangkai sendiri Rangkaian Power Bank atau membeli pabrikan yang harganya mahal?! Seperti anda ketahui sekarang kebutuhan Gadget sangat penting hari ini, hampir setiap saat orang menggunakannya mulai subuh hingga larut malam.

Tatkala battery gadget habis pasti akan dicharger  untuk bisa digunakan kembali. Namun, bagaimana jika anda dalam perjalanan?

Rangkaian power bank buatan caratekno.com

Untuk itulah saya akan sedikit berbagi pengetahuan yang sedikit untuk membantu rekan Tronika mengatasi masalah battery habis. Bermula banyaknya rekan-rekan yang bertanya di Thread yang saya posting di Forum Kaskus dan Alhamdulillah HT (Hot Thread) hingga page viewnya mencapai 350 .000an.

Ternyata masih banyak yang belum paham dengan tata letak komponen, sehingga banyak yang gagal.

Tidak bermaksud menggurui namun saya ingin memperjelas rangkaian power tersebut berfungsi dengan baik asalkan jangan sering-sering digunakan, karena sifatnya hanya digunakan saat darurat saja.

Rangkaian charger portable USB ini sebenarnya sudah marak di dunia elektronika, terdiri rangkaian sederhana berbasis IC Regulator LM7805 output tegangan 5 volt sebagai kuncinya.

Kenapa mesti 5 volt, ko bukan 3,7 volt seperti tegangan baterai ponsel?

Pertanya yang sangat bagus. Sebab untuk proses pengisian ulang battery dibutuhkan tegangan lebih tinggi dari tegangan yang diisi. Jadi dengan tegangan output 5 volt dari LM7805 sangat wajar, untuk tegangan sumbernya harus di atas 5 volt (6 volt, 7.2 volt, 9 volt, dan 12 volt).

Baca juga: Cara Membuat Charger USB Portable Menggunakan Battery 9V

Perhatikan gambar Rangkaian Power Bank berikut:

rangkaian-power-bank
Komponent List:
1    BT1 = Battery 7.4 Volt,
2    C2 = 1000uF/16V
3    C3 = 470uF/16V
4    R1 = 150 ohm
5    D1 = LED
6    U1 = LM 7805

Tata Letak Komponen di PCB akan terlihat seperti ini, Ini terlihat dari atas PCB seolah-olah warna kuning komponen di gambar bawah ini adalah komponennya terlihat dari atas.

Gambar tata letak komponen dari atas, Layout PCB dibuat dengan cara di cutter

Gambar rangkaian

rangkaianpowerbank-schematic

Keunggulan Rangkaian USB Portable Power bank

  • Battery sumber BT1 bisa diisi ulang menggunakan adaptor/ power supply 10 volt, dengan Open Switch SW1.
  • LED 1 sebagai indikator proses pengisian ulang sedang berjalan.
  • Saat pengisian Battery BT1 saklar SW1 bisa di close scwitch sekaligus pengisian ponsel.

Baca artikel ini juga:

Jika anda tidak mau ribet buatan sendiri bisa membeli modul kit buatan pabrik dengan memanfaatkan batery bekas laptop 18650 3.7V @2200mA hanya cukup menambahkan modul di bawah ini rekan tekno sdh bisa memiliki power bank buatan sendiri dengan besar kapasitas berapapun yang anda mau.
sepertinya ini jadinya DIY power bank kit

Semoga artikel membuat dan merakit rangkaian power bank ini bisa berguna untuk gadget anda selama perjalanan atau pekerjaan dilapangan. Jika anda rasa bermanfaat silahkan share ke teman anda, atau jika berminat dengan module lengkap power bank USB + charging protector battery untuk smartphone, tablet, hp dll bisa beli di whatsapp saja

Atau jika ingin membeli power bank 10000mAH siap pakai coba pertimbangkan powerbank yang satu ini

73 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.