Cara Membuat Sendiri Molding Rotating untuk Cetakan Resin Epoxy

Sedikit keluar dari kontek artikel ini yang bertema elektronika dan komputer, tapi saya pikir masih rada nyambung dengan materi yang akan saya paparkan disini.

Oke langsung saja.

Cetakan yang saya maksud ini bisa digunakan untuk mencetak apa saja yang terbuat dari bahan resin cair. Setelah diberi pengeras resin akan mengeras membantu.

Anda bisa mencipatakan casing atau kerajinan apa saja yang masih ada kaitannya dengan teknologi misal untuk membuat kerangka mainan robotika, casing CPU yang unik, tatakan ponsel/ tablet, dan lain sebagainya.

Monggo lihat dulu penampakannya seperti apa cetakan rotari untuk resin.



Cara kerjanya:

Bahan resin berada di titik pusat tengah yang akan diputar secara axis horisontal (X) dan vertikal (Y). Putaran dilakukan terus menerus tapi tidak terlalu cepat seperlunya saja hingga bahan mengeras dan membentuk motif yang diinginkan.

Simak video animasinya


Teknologi tidak hanya diterapkan dalam skala kecil rumahan saja tapi sudah diterapkan dalam dunia industri skala besar seperti mencetak tabung galon, tangki air, casing ponsel, casing barang elektronik rumah tangga, bodi mainan remote control, dll.




Proses ini sangat cepat dan praktis sekali hasil cetakan juga detil, rapi, dan hemat bahan. Semoga ide sederhana ini menginspirasi Anda.
Cara Membuat Sendiri Molding Rotating untuk Cetakan Resin Epoxy Cara Membuat Sendiri Molding Rotating untuk Cetakan Resin Epoxy Reviewed by Ihsan on March 24, 2017 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.