4 Hal Penting yang Anda Perhatikan sebelum Membeli Lampu Led Jenis Apapun

Interior desain modern kini selalu menonjolkan tata cahaya ruang cantik dan elegan, tak luput setiap sudut selalu disisipi cahaya keren.

Lampu moderen (LED) semakin praktis siap pakai dan variasi banyak pilihan.'

Artikel ini membantu anda menemukan jenis dan cahaya yang pas untuk ruangan yang elegan.

Langsung saja!

1. Bandingkan intensitas Cahayanya berdasar satuan Lumen (brightness)

image credit: flexfireleds.com

Satuan intensitas cahaya dikenal dengan Lumen untuk mengukur tingkatan/ level cahaya yang berbeda-beda.

hal yang perlu anda perhatikan adalah lumen sebanding dengan harga tentu saja.
Semakin terang cahayanya (lumen) akan semakin mahal pula harganya.

Sesuaikan saja dengan anggaran Anda

1.2 Suhu warna

image credit: flexfireleds.com
Mungkin sebagian Anda pernah/ akan membeli led dan menjumpai spesifikasi lednya dengan tertulis 2000-3000 Kelvin (K).

Tingkat suhu warna warm dan putih tentu lebih tinggi warna putih.

Temperatur warna terendah 2000K warna warm white (kekuningan) dan temperatur warna tertinggi 6000K warna putih terang (day cool light).

image credit: flexfireleds.com

Terus mau pilih warna apa yang cocok untuk ruang.

Silahkan perhatikan perbandingan untuk tiap-tiap temperatur warna setelah diaplikasikan untuk ruang dapur 3000K, 4200K, dan 6200K

2. Bandingkan jenis dan ukuran LEDnya  

Secara pabrikan led strip panjang ukurannya 5 meter peletakan komponen led bijian juga sudah teratur sededmikian rupa sehingga dalam 1 meter terdapat 20-30 LED jenis SMD sesuai ukurannya (5050, 3528, 3060, dll)


Nah bagi Anda yang masih bingung pilih lednya seperti apa bentuk dan ukurannya bisa dilihat pada gambar di bawah ya.

3. Ambil Watt LED sesuai yang dibutuhkan

Belilah konsumsi daya lampu lednya sesuai dengan luas ruangan yang ingin diterangi, jika ukuran kamar cukup menggunakan daya led 5-9 Watt saja sudah cukup.

Untuk outdoor silahkan disesuaikan saja biasanya 20 Watt sampai 30 Watt.

Tegangan led 12V bisa diambil langsung dari aki motor/mobil atau dari adaptor.

PERHATIAN
  • Led jenis HPL (luxeon dan cree) harus menggunakan modul led driver sesuai dengan watt lednya, tidak bisa dipakai langsung (bypass) ke adaptor hanya dengan resistor saja, sebab perlakuan led bijian komponen 5mm berbeda dengan led HPL ini. Cek harga Led Driver
  • Led tegangan 12V hanya bekerja untuk tegangan catu 12V saja tidak bisa menggunakan tegangan catu 24V begitu juga sebaliknya.

4. Cek kualitasnya

Masalah bahan led, terangnya cahaya, dan daya led harus anda sesuaikan dengan kebutuhan sebab di pasaran sangat banyak sekali variasinya.


Anda harus jeli dan paham hal itu agar tidak salah pilih produk led yang sesuai dengan aplikasi indoor/outdoor atau untuk aksesoris.

Tips sederhana sebagai acuan saat membeli

1. Suhu panas komponennya-  usia normal lampu led lebih tahan lama 20,000 - 50,000 jam ketimbang lampu pijar atau lampu TL 2,000 - 10,000 jam lebih, agar tahan lebih lama perhatikan suhu lampu jangan sampai terlampau panas.

Pilih komponen lednya yang bagus terdapat heatsink alumunium agar panas terbuang dengan baik, juga terdapat pasta silicon yang biasa digunakan untuk processor CPU.

Opsional bisa juga diberikan kipas pendingin. Dengan cara seperti ini insya Allah lampu led akan lama pemakaiannya dan tidak boros listrik meski dipakai selama 24 jam penuh.


2. Akurasi Cahaya dan kualitas warna - Sesuaikan warna pencahayaan yang dibutuhkan untuk ruangan, lampu led banyak pilihan warna.

Silahkan cek kualitas warna seperti gambar di atas.

3. Safety Certifications - Lampu led sudah memiliki tanda standar keamanan pemakaian yang aman (SNI, Standar Nasional Indonesia) atau tanda keamanan cara  pemakaian yang benar agar tidak membayakan penggunaan.

4. Material Quality - Jika menginginkan kualitas dan bahan yang bagus pilihlah yang terbuat dan material berkualitas juga.

Biasanya Lampu LED yang berkualitas komponennya terjamin bagus, tingkat kerusakan rendah, dan lebih terang.

6. Jaminan resmi garansi produk dan bantuan instalasi, serta bantuan layanan dari customer service yang handal dan terpercaya.

Anda yang masih ragu menggunakan lampu LED ini perlu diketahui bahwa perusahaan sekelas NASA, Lockheed Martin, JPL, US Airport, Disney, Hilton Holten, dan masih banyak lagi perusahan international yang sudah menggunakan Lampu Led sejak awal mula Led ngetrend.

Masih Ragu?!

Anda yang membutuhkan lampu led jenis apapu silahkan cek daftar harga lampu lednya
4 Hal Penting yang Anda Perhatikan sebelum Membeli Lampu Led Jenis Apapun 4 Hal Penting yang Anda Perhatikan sebelum Membeli Lampu Led Jenis Apapun Reviewed by Ihsan on March 20, 2017 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.