Ikuti 3 Langkah Praktis Belajar Komputer Ini, Ternyata Sangat Gampang Kok!

Caratekno.com - Banyak orang yang ingin belajar komputer semenjak pertama kali diciptakan pada gen... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Banyak orang yang ingin belajar komputer semenjak pertama kali diciptakan pada generasi pertama tahun 1940 saat Perang Dunia Kedua komputer sebesar rumah untuk membantu memecahkan kode-kode rahasia.

Generasi kedua, semenjak ditemukan komponen transistor pada tahun 1948 oleh tiga orang insinyur ukuran komputer mulai menyusut. Komputer generasi kedua mulai banyak digunakan pada bidang industri negara dan militer

Generasi ketiga, komponen integrasi atau IC (integrated Circuit) tahun 1958 mulai menggeser peran transistor yang cenderung panas, tetapi transistor tetap digunakan untuk menggantikan komponen tabung vakum.

Generasi keempat, tahun 1980 merupakan era komputer mulai digunakan secara personal tidak lagi melulu dikuasi militer dan industri saja. Sebut saja IBM dan Mac sebagai pelopor komputer personal (PC). Pasalnya, komponen LSI, VLSI, dan ULSI (ultra large scale integration) mulai diaplikasikan sehingga komputer menjadi lebih mungil dan mudah digunakan.

Generasi kelima, bisa dipastikan kita semua memasuki era komputer generasi kelima, selengkapnya penjelasan tentang sejarah komputer lebih mendalamnya bisa Anda simak di Wikipedia.com.

Seperti kita semua ketahui diciptakannya sebuah komputer untuk meringankan pekerjaan manusia hampir seluruh bidang pekerjaan. Coba anda sebutkan apa saja pekerjaan yang membutuhkan komputer.

Belajar Komputer, dotcomplicated.co

Saya sebutkan ya, nanti kalau kurang mohon koreksinya di kolom komentar bawah:
  • Kedokteran modern, membutuhkan komputer untuk mendiagnosa pasien
  • Teknologi informasi (semua bidang tak terkecuali)
  • Pabrikasi modern, mulai merancang, mengukur, hingga manufaktur dilakukan oleh komputerisasi agar hasil pengerjaan lebih detil dan presisi.
  • Komputansi perkantoran, pekerjaan kantor, kalkulasi perbankan akan semakin mudah.
  • Pekerjaan/ tugas rumah
  • Sarana pendidikan, sebagai pendukung utama kelancaran kegiatan belajar mengajar (KBM) guru, staff, dan murid.
  • Pertanian modern
  • Penelitian-penelitian
  • Hiburan dan berita, pasti membutuhkan jasa komputer yang tidak terhitung manfaatnya.
  • dan lain sebagainya.
Semua tingkat pelajar mulai dari pra-TK hingga anak kuliahan di perguruan tinggi hampir semuanya menggunakan komputer setiap harinya.

Bahkan mereka mempelajarinya di sekolah atau universitas secara mendalam dalam paket mata pelajaran khusus ataupun sebagai pelajaran tambahan ekstra kurikuler bidang komputer.

Tak luput juga para orang tua dan anak putus sekolah juga sangat besar rasa ingin tahunya tentang teknologi canggih dan interaktif ini diantaranya dengan belajar otodidak.

Nah artikel ringan kali ini saya ingin mengupas cara-cara mudah belajar komputer secara otodidak.

Pengalaman Belajar Otodidak

Termasuk saya juga belajar komputer secara otodidak mulai dari cara booting komputer pakai DOS, belajar internet, cara mengetik artikel pakai MS WOrd dan Excel, main game jaringan, desain gambar dengan CorelDraw dan Photoshop, membuat website dengan koding standart, sampai cara reparasi monitor, CPU, dan printer sejak tahun 1995.

Akhirnya bidang pekerjaan yang saya gandrungi hingga sekarang adalah selalu nempel tangan ini dengan mouse dan keyboard.

Nah urusan service ini kebetulan saya sendiri memang sekolah di elektronika jadi tinggal poles sedikit saja untuk urusan perbaikan hardware komputer.

Ternyata belajar komputer secara otodidak itu sangat mudah sekali lho. Asalkan Anda memiliki kemauan kuat dan bahagia menjalaninya sampai mahir.

Pasti belajar otodidak hasil kemampuannya tidak kalah dengan yang belajar di sekolah komputer resmi.

Saya yakin diantara Pembaca pasti banyak yang otodidak juga. Jadi yang belum bisa komputer tetap semangat ya.

Kata Siapa Belajar Komputer itu Susah? Gampang Kok

STEP 1: NIAT & TUJUAN

Belajar Sendiri Komputer Otodidak Itu Mudah

Secara logika ilmu tanpa teori masih bisa dikuasai jika dipraktekkan, namun teori saja tidak akan berhasil jika tidak dipraktekkan.

Kuncinya adalam anda harus Minat, senang menjalaninya dan tekun belajarnya hingga bisa

Persiapan Sebelum Belajar Sendiri

Sebelum memulai belajar komputer secara berdikari (berdiri di kaki sendiri) sebaiknya perlu pemantanpan mental dan peralatan lainnya supaya belajarnya semakin mantap.

Apa saja itu?


Niat dan Tekad Kuat Untuk Bisa

Jika sudah niat bisa komputer kuatkan niat jangan putus asa apalagi putus di tengah jalan. Bila diperlukan buat jargon-jargon pembakar semangat "AKU BISA!"

Kenapa?!

Sebab belajar komputer sendiri perlu keseriusan tetapi bersifat leluasa. Kenapa leluasa?! Jika anda tidak serius belajarnya bisa jadi bukannya belajar sungguh-sungguh malah nonton film aksi atau bermain game.

Wah pasti kacau dech acaranya.

Setidaknya cari pengawas di rumah (bisa orang tua, keluarga atau kawan) yang mengingatkan jam belajar Anda secara tegas.
Tips: Tetapkan tujuan dan waktu berapa lama belajar Anda agar cepat menguasai, terarah, terukur, dan tepat waktu. Sebab belajar komputer itu mengasyikkan bahkan melenakan.

STEP 2: PERSIAPAN

Beli Buku Komputer ke Toko Buku

Beli buku panduan sebaiknya beli buku modul komputer tingkat dasar, jangan beli tingkat lanjut apalagi tingkat profesional.

Lebih bagus lagi cari buku dilengkapi gambar petunjuk dari penerbit bagus.

Baca Buku dan Kuasi Teorinya

Terori dasar yang perlu diketahui bahwa komputer terdari hardware, software, dan yang terakhir jarang kita dengar istilahnya adalah brainware.

Apa saja pengertian istilah-istilah tersebut?

Hardware: Komponen-komponen penting terdiri VGA, RAM, mikroprosesor, motherboard, sound card, monitor, keyboard, mouse, dan sebagainya hingga menjadi sebuah komputer.

Perangkat keras ini biasa dikenal dengan sebutan hardware di kalang awam maupun teknisi terus berkembang hingga memiliki spesifikasi terbaik.

Baca Juga: Belajar Mengenal Port Perangkat Keras Komputer

Software: Semua program atau aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi Mac, Windows atau Linux disebut software. Peran perangkat lunak ini sama pentingnya seperti perangkat keras.

Sebuah komputer yang memiliki hardware spesifikasi tinggi tidak akan bernilai tanpa adanya sistem operasi dan software. Perngkat lunak yang paling popular digunakan seperti MS Word, MS Excel, AVG antivirus, Winamp, Media Player, CorelDraw, PhotoShop, dan lain-lain.
Baca Juga: Cara Tepat Memilih Aplikasi Komputer sebelum Membeli
Brainware: Istilah satu ini jarang terdengar memang, istilah brainware mengacu pada penggunanya sendiri. Sebab sebuah komputer tetap sebuah benda mati yang tidak berguna apabila tidak ditangani oleh seorang yang ahli.

Komputer dapat menghasilkan jutaan karya cipta (audio, video, gambar, program, file, dan masih banyak lagi) bila digunakan dengan cerdas.

STEP 3: KERJA PRAKTEK

Wajib Miliki Komputer

Bagaimana mau mahir main komputer kalau pegang komputer saja g pernah?! Memiliki komputer merupakan hal wajib yang tidak bisa ditawar-tawar.

Tetapi memiliki bukan mutlak setidaknya ada komputer yang bisa Anda jadikan objek latihan, seperti saya dulu saking ingin bisa komputer-an saya "sabotase" komputer rentalan milik kakak saya.

Walhasil, lebih sering main game daripada belajar komputer.

Tapi sekarang tidak lagi sebab pekerjaannya setiap hari selalu ngoprek-oprek komputer pelanggan sampai puas.

Baca Juga: Tips Membeli Komputer Baru untuk Rumah dan Kantor

Jadi, meski tidak memiliki sendiri komputer masih banyak cara belajar komputer tanpa harus memilikinya.

Sebaiknya jika anda ingin maksimal lebih baik Anda memiliki komputer sendiri
Pahami juga tombol-tombol shortcut yang sering digunakan oleh pengguna komputer, Fungsi shortchut (jalan pintas) adalah mempercepat proses kerja tanpa harus meng-klik mouse. Hanya dengan menekan kombinasi beberapa tombol keyboard Anda akan lebih cepat belajar komputer nantinya.
  • Tombol CTRL + C (Berfungsi copy (salin) baik text, image, file lainnya)
  • Tombol CTRL + X (Berfungsi meng-CUT (potong) area tertentu, caranya pilih (select) kemudian tekan kombinasi tombol ini.
  • Tombol CTRL + V (Berfungsi copy (salin) baik text, image, file lainnya)
  • Tombol CTRL + Z (Berguna untuk membatalkan suatu proses terakhir)
  • Tombol CTRL + Y (Berfungsi untuk mengulangi dari awal)
  • Tombol DELETE (Untuk menghapus suatu data tertentu)
  • Tombol SHIFT + DELETE (Menghapus item yang dipilih secara permanen, item yang terhapus tidak dibuang
  • Tombol CTRL + SHIFT (Sambil menyeret memilih item tertentu secara keseluruhan)
  • Tombol CTRL + A (Memilih semua item)
Selengkapnya tentang tombol-tombol kombinasi ini bisa anda baca lengkap nanti.

Nggak Perlu Takut Keliru

Nah, setelah komputer sebagai "korban" telah ada di hadapan, saatnya praktek dimulai. Jangan takut salah atau takut rusak.

Saya sarankan jika harus membeli komputer untuk sarana belajar belilah PC yang bekas pakai, layak, dan berfungsi baik juga tidak harus mahal.

Kenapa?!

Sebab Anda tidak akan ragu untuk mengeksploitasinya, kalaupun rusak toh beli dengan harga murah. Coba bayangkan jika komputer mahal pasti takut rusak bukan?!

Baca Juga: Jangan Takut Komputer Anda Rusak, Ternyata Benerinnya Gampang

Lakukan Terus-Menerus Jangan Pernah Bosan

Poin terakhir inilah sebagai penetu segalanya, sebab semua perlengkapan, tekad awal belajar dan teori tentang komputer sudah terkumpul. Namun, baru dua kali menjajal Anda telah jenuh dan bosan sudah pasti Anda akan GAGAL.

Mulailah dari pelajaran-pelajaran ringan seperti mengetik sebuat cerita yang anda karang sendiri atau melihat di buku bacaa.

Asah kemampuan mengetik dengan sepuluh jari banyak tersedia aplikasi belajar cepat mengetik. Software ini membantu Anda mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard sama sekali.

Ko bisa?! ya Anda pasti bisa suatu saat mengetik di keyboard komputer tanpa melihat tombol huruf sama sekali.

Beberapa program belajar mengetik seperti Typing Master, Maxtype Lite, TIPP10 Typing Tutor, dan lain sebagainya.

Silahkan pilih program yang cocok dan Anda sukai biar belajarnya semakin cepat dan bertambah semangat. Biar tidak bosan.
Tips: pilih salah satu pelajaran komputer entah itu mengoperasikan windows, cara online di internet, cara memperbaiki komputer, belajar desain grafis, belajar mengetik dengan cepat atau lainnya. Kuasai satu bidang setelah mahir baru kemudian pindah ke pelajaran komputer bidanglainnya.
Lakukan secara konsisten (tekun, rajin, terus-terusan) senang menjalaninya dan tidak bosan.

Sebagai poin penegas artikel ini agar Anda lebih mudah belajar komputer tanpa harus mahal-mahal beli buku panduan. Saya akan mencoba merangkum beberapa  panduan praktis belajar komputer langkah demi langkah.

Apa saja panduan yang akan dibahas nanti?


Panduan Komputer Secara Umum

Tips Seputar Software

Tips Seputar Hardware

Cara Berinternet Ria yang Benar.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!