Tips Membeli Komputer Baru untuk Rumah dan Kantor

Caratekno.com - Membeli Komputer baru untuk kebutuhan rumahan ataupun penunjang tugas-tugas kantora... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Membeli Komputer baru untuk kebutuhan rumahan ataupun penunjang tugas-tugas kantoran tentu mengeluarkan anggaran yang besar jika tidak tepat memilihnya sesuai kebutuhan, sebab komputer memiliki spesifikasi beragam. Jadi pastikan komputer desktop yang anda beli sesuai dengan spesifikasi kebutuhan kerja Anda.


Nah, dibawah ini saya sertakan beberapa penjabaran sederhana tentang saran-sarang apa yang saja yang perlu anda ketahui ketika membeli hardware komputer baru.

PC Baru vs. PC Bekas atau diperbarui

Tentu jika anda ingin menghemat anggaran bisa sampai separohnya silahkan beli saja komputer bekas yang layak pakai dari bekas kantoran, milik teman, kerabat atau dari orang sekitar anda yang ingin menjual komputer dekstopnya. Tentu saja barang second tidak seperti komputer baru yang masih garansi penuh dari toko atau distributornya.

Sekali lagi jika ini memang pilihannya saya tidak bisa memaksakan anda untuk membeli komputer baru yang mahal dengan garansi. Justru bahkan membeli komputer bekas dapat hemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah tapi memiliki spesifikasi tinggi yang harganya selangit. Bahkan beberapa perusahaan atau individual lebih condong membeli komputer refurbished yang masih bagus.
Tips: pastikan semua komponen hardwarenya berfungsi normal seperti VGA, Memory RAM, Harddisk, dll
Hal apa saja yang perlu Anda siapkan dan diperhatikan ketika membeli komputer bekas?
  1. Periksa semua komponen internal, eksternal dan kecacatan fisik secara kasat mata, perhatikan juga casing CPUnya.
  2. Pastikan anda tidak sedang membeli "kucing dalam karung", semua rupiah yang Anda gelontorkan sebanding dengan barang yang dibeli, jangan kecewa dibelakang kemudian.
  3. CD Driver setidaknya mudah didapatkan saat install ulang dilakukan, lebih bagus lagi CD/DVD sudah ada.
  4. Pahami juga komputer bekas pakai sudah tidak ada garansi resmi dari pabrik, distributor atau toko, Anda harus terima konsekuensinya jika barang terjadi masalah dikemudian hari.

Pilih Mac vs. PC

Memutuskan membeli komputer bagi sebagian kalangan antara Macintosh (Mac) dan Komputer Personal (PC) dengan operasi system Microsoft Windows-nya selalu menjadi keputusan berat. mengingat keduanya sama-sama hebat di bidangnya.
Tips: Bandingkan keuntungan dan kerugian antara Mac vs PC yang mendekati dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
Komponen apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang tugas-tugas Anda di kantor dan di rumah?

Berikut akan saya bantu Anda untuk memilih dan membeli hardware yang benar-benar dibutuhkan sesuai budget dan kebutuhan.

Casing

Casing atau sasis menjadi perhatian pertama saat awal membeli, nah agar sesuai fungsinya yang menyimpan hardware secara aman membelinya tidak harus harga yang mahal dan mewah. Sebab, harga casing sendiri yang terbaru dan canggih bisa membuat kantong anggaran Anda jebol.

Membeli casing komputer rakitan beragam modelnya tidak seperti Anda membeli komputer built up siap pakai dari merek besar Dell atau HP (hewlett Packard).

Bagaimananpun keadaanya peran casing sangat penting untuk komputer.

Berikut hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli casing.
  • Case ingin model berdiri atau model desktop?
  • Letaknya ingin di bawah meja atau di atas meja?
  • Jika sering menggunakan CD/DVD ROM, USB, dll pertimbangkan posisi letak pada casingnya, mudah atau rumit?
  • Apakah casing support dengan tata letak posis kaki-kaki penempatan ATX motherboard dan komponen lainnya yang standart untuk komputer? (Hal ini penting sebab akan dibutuhkan saat akan upgrade hardware nantinya)
Mari kita bahas satu-persatu mulai dari tips memilih model dan warna. Sekarang ini ribuan aneka model dan warna casing yang sangat menarik, tentu harga disesuaikan pula. Untuk memudahkan memilihnya silahkan ulangi hal di atas, apa saja yang perlu Anda diperhatikan. Mudah kan menentukannya.

Casing yang bagus tidak mesti harga mahal yang penting bisa di upgrade dengan perangkat tambahan baru seperti menambah jumlah harddisk atau CD/DVD ROM, dan slot tambahan kartu PCI lebih dari 2.

Motherboard jenis terbaru juga dapat muat di dalam casing terbaru yang bagus meski harga murah.

Power supply casing biasanya sudah termasuk dijual sepaket di dalamnya mulai dari ukuran power 450Watt.

Tidak lupa pula Anda bisa tanyakan berapa lama garansi service bila ada kerusakan bukan dari salah penggunaan.

CD media

Hal penting saat membeli CD/ DVD jangan sampai salah membelinya perangkat media terbaru sudah support dengan media CD/DVD penyimpanan dan sudah termasuk fasilitas disc burner untuk proses back up dan copy data. Beli lah  yang type DVD R/W atau Blue Disk.

Hard drive

Harddisk sebagai sarang informasi semua data file dan informasi Anda maka sebaiknya harddisk memiliki daya tampung kapasitas besar dan cepat tentu harga akan sebanding dengan kemampuannya. Pastikan kapasitas harddisk dan speed baca/tulis nya cepat tidak lemot pada kinerja komputer.

Penting baca juga: Mengenal 10 penyebab kerusakan pada harddsik dan cara mengatasinya

Memory

Memory (RAM) sangat penting juga saat membeli komputer, memory ini juga salah komponen penting cepat atau lemotnya komputer Anda, Pilihlah RAM yang besar dengan harga dan garansi yang bagus.

Modem


Tergantung seberapa sering Anda terhubung dengan Internet, mungkin modem sangat penting adanya bila pekerjaan Anda memang membutuhkannya, jika tidak terlalu penting modem bisa menjadi opsional saja. Sebab hardware modem ini tidak termasuk didalam paket pembelian komputer. Anda butuh atau tidak tetap saja membelinya secara terpisah.

Network card

Berbeda dengan modem internet, perangkat network banyak tertanam instant pada motherboard terbaru. Meski Anda tidak membutuhkannya Networkd card (LAN = local area networks) selalu siap digunakan kapan saja. Selain share jaringan komputer LAN juga bisa digunakan sebagai koneksi broadband internet.

Baca Juga: Cara memasang kabel LAN cross atau straight

Processor

CPU atau biasa kita kenal dengan processor akan selalu penting untuk dipertimbangkan ketika membeli sebuah PC. Kenapa? sebab harga komputer mahal atau murahnya tergantung dari spesifikasi processor ini.

Sebagai contohnya unit Pentium 4 akan lebih murah dibandingkan dengan unit Quad Core atau inti Core i7 sebab hardware pendukungnya juga akan mengimbangi kinerja processornya. Jadi pertimbangkan kebutuhan komponen yang satu ini.

Baca juga: Cara mendinginkan processor PC dan Laptop yang terlalu panas

Sound card

Saat ini unit motherboard sudah termasuk dengan perangkat suaranya sehingga tidak perlu lagi repot-repot membeli terpisah sound card mahal jika hanya membutuhkan suara yang biasa saja. Kecuali Anda memang bekerja di bidang sound editing atau audio mixing yang membutuhkan suara kualitas super dengar suara gelegar yang mantap tentu harga sound card jenis ini selangit.

Video card

Untuk pecinta desain grafis dan pecinta game kualitas Full HD membutuhkan hardware pengolah gambar ini agar kualitas grafis tidak mengganggu tampilan grafis.
Tips: Pilihlah VGA card sesuai kebutuhan kerja, spesifikasi RAM dan anggaran belanja.

Merek komputer

Tidak ada hal seperti produsen komputer yang memiliki sejarah sempurna dengan semua penggunanya. Oleh karena itu ketika datang ke toko kemudian merekomendasikan satu merek atas yang lain tidak mungkin bagi kita untuk mengatakan merek apa yang lebih baik dari yang lain.

Add-ons

Semua produsen komputer memberikan pilihan untuk membeli aksesoris tambahan ketika membeli komputer baru.

Pastikan aksesori Anda membeli Anda yang benar-benar butuhkan. Sebagai contoh, hampir semua komputer baru akan mencakup keyboard dan mouse. Juga, jika Anda upgrade dari komputer tua banyak peripheral Anda lama dan aksesoris dapat kompatibel dengan komputer baru. Jika Anda membeli komputer Anda secara online, periksa di tempat lain. Banyak aksesori yang tersedia melalui produsen komputer yang dijual dengan harga premium.

Dokumentasi

Kebanyakan produsen saat ini mengurangi jumlah dokumentasi yang disertakan dengan komputer mereka dan mengganti dokumentasi untuk dokumentasi online. Pastikan dokumentasi mudah ditemukan secara online cukup dan bahwa perangkat lunak dan download driver yang tersedia jika diperlukan.

Hardware

Seperti disebutkan dalam atas apa yang harus dicari untuk bagian, pastikan hardware yang disertakan dengan komputer Anda memenuhi kebutuhan Anda.

Jaminan uang kembali saat purna jual .
Jika komputer yang dibeli di toko ritel lokal, dapat komputer dikembalikan jika tidak memuaskan ke toko itu atau apakah itu harus dikirim ke produsen komputer? Jika komputer dibeli secara online atau melalui mail order itu dapat dikembalikan jika tidak memuaskan?

Layanan



  • Apakah layanan penukaran, berarti teknisi akan datang ke lokasi Anda untuk mengganti atau memperbaiki komponen yang buruk. Jika layanan ini dibeli secara online, tanyakan kembali berapa lama waktu lengkap garansi yang masih berlaku?

  • Jika dalam penjelasan onsite tidak ditawarkan, apa ada alternatif lainnya?
  • Bisakah komputer dibawa ke pusat layanan lokal terdekat jika mengalami kerusakan tiba-tiba? Jika ya, apa yang paling dekat pusat layanan resmi?
  • Apa saja hal-hal yang digaransikan selama rentang waktu layanan yang diperlukan untuk jika kerusakan terjadi? Sebagai contoh, jika komputer memiliki komponen yang buruk, apa waktu yang dibutuhkan untuk teknisi untuk datang onsite dan mengganti komponen itu, atau jika dikirim dalam berapa lama waktu yang dibutuhkan? Akhirnya, jika kerangka waktu tidak dapat diterima, apa perusahaan bersedia melakukan, misalnya, mereka bersedia untuk menyediakan Anda dengan komputer dipinjamkan.

Software


  • Apakah perangkat lunak termasuk Microsoft Office atau Corel Suite? paket ini memungkinkan Anda untuk memiliki pengolah kata dan spreadsheet. Untuk sebagian besar pengguna ini harus menjadi pertimbangan penting.
  • Apakah versi lengkap dari perangkat lunak atau perangkat lunak demo, percobaan, atau shareware? Banyak perusahaan akan mencakup program-program yang akan berakhir setelah 30-90 hari dan mengharuskan Anda untuk membeli program penuh.

Support

Meskipun Anda selalu dapat menghubungi Customer service untuk untuk support layanan garansi, produsen dukungan juga merupakan pertimbangan penting karena bila timbul masalah dengan komputer.
Apakah bisa dihubungi selama 24 jam, 7 hari seminggu? Jika tidak, jam berapa layanan dibuka?
Apakah mendukung service saat liburan? Jika tidak, hari apa mereka tutup?
Apa opsi dukungan yang tersedia? Telepon? E-mail? Web? chat?

Upgrade

Meskipun opsi ini tidak dapat dianggap pada awalnya ketika membeli komputer, itu adalah suatu pertimbangan penting. Ketika membeli komputer pastikan hardware Anda mungkin ingin meng-upgrade dapat ditingkatkan. upgrade umum untuk sebagian besar pengguna saat ini termasuk: Memory, Video card, dan Sound Card.

Jaminan

Akhirnya, apakah produsen komputer menawarkan garansi? Berapa lama garansi? Apakah garansi mencakup hardware dan software masalah?
Kami sangat menyarankan bahwa komputer hanya akan dipertimbangkan jika memiliki setidaknya satu tahun garansi. Banyak komputer murah dengan garansi 90-hari. Artinya jika bagian hardware memburuk, Anda membayar untuk bagian serta layanan. Ini mungkin tidak menjadi masalah bagi pengguna yang hanya membutuhkan komputer murah dan bersedia untuk mengganti bagian dan layanan komputer sendiri.

Penipuan

Awas penipuan jual-beli! Anda harus jeli penjual yang menipu dan trik saat membeli komputer.
Pastikan Anda membayar untuk apa yang Anda mendapatkan - Sebuah taktik yang umum adalah untuk overclock prosesor, memori, atau komponen lainnya. Hal ini dapat dilakukan oleh siapa saja dengan pengetahuan komputer kecil. Misalnya, Anda dapat membeli prosesor 733MHz melainkan mendapatkan 500MHz.

Untuk menentukan kecepatan prosesor, buka komputer dan lihatlah prosesor itu sendiri. Jangan melihat prosesor melalui program software atau melalui BIOS sebab angka-angka ini dapat diubah atau ditipu dengan hack.

Software legal - Ketika membeli komputer, pastikan itu softwarenya legal saat dibeli dan CD atau disk lain dan CD-KEY yang disertakan. Banyak pengguna akhir atau perusahaan komputer kecil yang menjual komputer mungkin tidak memberikan salinan perangkat lunak, jika terbukti software bajakan yang ilegal bisa dikenakan pasal pelanggaran hak cipta kekayaan intelektual serta tidak dapat layanan resmi untuk update softwarenya.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!