Cara Membeli Software Komputer yang Tepat sebelum Membeli

Caratekno.com - Membeli aplikasi perangkat lunak atau program dapat menjadi pertimbangan besar buat... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Membeli aplikasi perangkat lunak atau program dapat menjadi pertimbangan besar buat kebutuhan kerja Anda, terutama ketika membeli program canggih dan biasanya harganya mahal seperti Microsoft Office atau Adobe Photoshop. Ketika mempertimbangkan untuk membeli program ini sangat penting bahwa Anda atau staf Anda terbiasa dengan program ini dan yakin itu akan mampu apa yang Anda butuhkan untuk memilih sebelum membelinya.

image: blogmain.sherware.com 
Pada tulisan kali ini saya usahakan membuat pertimbangan yang berbeda untuk berpikir tentang sebelum membeli aplikasi perangkat lunak komputer.

Kompetisi

Sebelum membeli software komputer apapun pastikan tidak ada program pembanding yang memiliki kemampuan serupa atau harga yang mungkin lebih murah atau bahkan gratis. Jika sudah tersedia dan software tersebut telah mampu melakukan apa yang Anda ingin lakukan bisa menghemat anggaran yang besar.

Sebuah contoh yang baik dari program tersebut adalah OpenOffice dan Corel WordPerfect yang akan menjadi pesaing untuk Microsoft Word. Kedua program pilihan yang sangat baik untuk pengolah kata, tetapi bisa menjadi perbedaan harga yang cukup besar. Dalam kasus OpenOffice, itu 100% gratis.

Dokumentasi

Membuat dokumentasi petunjuk yang tepat pasti disertakan dalam paket. Banyak program saat ini akan mencakup dokumentasi on-line yang lebih dari cukup. Namun, hal ini juga berguna untuk mendapatkan panduan panduan atau petunjuk untuk program software atau aplikasi.

Lisensi

Jika Anda adalah perusahaan yang berencana memiliki program perangkat lunak yang digunakan oleh karyawan (lebih dari satu orang), Anda perlu mempertimbangkan pilihan lisensi. Hal ini diperlukan bahwa untuk setiap komputer produk diinstal ke yang memiliki lisensi perangkat lunak. Jika sebuah perusahaan membeli program dan berbagi dengan semua karyawan tanpa lisensi yang tepat, ini akan menjadi ilegal dan dapat menyebabkan perusahaan Anda akan menghadapi gugatan pidana tentang pelanggaran Hak cipta kekayaan intelektual.

Harga

Lihatlah harga keseluruhan dan toko sekitar Anda sebelum membeli software. Karena harga software dapat sering berubah-ubah, Anda kadang-kadang dapat menghemat jutaan rupiah pada perangkat lunak yang mahal. Jika mungkin, jangan membeli langsung melalui perusahaan berkali-kali, harga perusahaan bisa berkali-lipat dari harga penjual pengecer.

Berhati-hati dari OEM perangkat lunak. Banyak reseller akan menjual program sebagai OEM, yang mengharuskan Anda membeli komputer atau motherboard.

Software OEM adalah perangkat lunak yang disertakan dengan komputer produsen besar. Ini bukan apa yang akan Anda temukan di toko ritel. Pilihan ini bukan pilihan yang buruk, itu hanya penting bahwa Anda menyadari apa yang Anda dapatkan.

Paket

Lihatlah paket perangkat lunak secara keseluruhan. Berapa banyak CD atau disket yang disertakan, apa menyisipkan dan dokumentasi ikut juga disertakan, dan ada bonus atau perangkat lunak tambahan sudah termasuk di dalamnya.?

Media

Hari ini, sebagian besar perangkat lunak disertakan dalam bentuk paket CD atau DVD. Ketika melihat sebuah program, pastikan Anda memiliki perangkat CD/DVD-ROM drive yang mampu membaca media.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!