Cara Recovery Data dengan Software Get Data Back

Caratekno.com - Sungguh sangat pusing sekali apabila sudah capek-capek mengetik menyusun tulisan ata... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Sungguh sangat pusing sekali apabila sudah capek-capek mengetik menyusun tulisan atau analisa data tiba-tiba listrik padam seketika tanpa anda menggunakan UPS. Atau mungkin file terhapus permanen secara tidak sengaja akibat keteledoran kita.

Gambar cover get data back/ dl04all.blogspot.com

Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir bila kehilangan file penting sekalipun harddisk diformat sekalipun, insyaa Allah data akan kembali lagi berkat software sederhana Get Data Back.

Meski software ini terbilang lama saya sering melakukannya saat mengambil data yang hilang. Hampir 98% data berhasil di ambil meski tidak 100%.

Get Data Back ini terdapat 2 aplikasi berbeda sesuai dengan jenis partisi harddisknya, entah apa maksud tujuan developer membuatnya secara terpisah kenapa tidak dijadikan satu aplikasi saja. Jadi sebelum anda menginstalnya pastikan jenis partisi harddisk anda Fat32 atau NTFS.

Get Data Back sendiri ada 2 jenis :

  1. 1. Get Data Back for FAT32 : yaitu untuk mengembalikan data di partisi FAT32
  2. 2. Get Data Back for NTFS : yaitu untuk mengembalikan data di partisi FAT32

Tanpa panjang lebar lagi mari kita simak bagaimana cara mengangkat data yang hilang dengan cara Recovery Data dengan Get Data Back, kebetulan kali ini saya menggunakan Get Data Back 2.31 for NTFS untuk mengembalikan data hilang di Harddisk dengan partisi NTFS

Persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan 


  • Software Get Data Back versi full versi, apabila software ini hanya versi trial data Anda tidak bisa di ambil secara utuh, file hanya bisa dilihat saja. Nah untuk file ini bisa Anda cari di situs-situs penyedia software banyak sekali ditemukan secara mudah atau Anda bisa membeli ke situ resiminya. Mohon maaf saya tidak bisa menyertakan link download versi hacknya. 
  • Komputer dengan sistem operasi normal lebih bagus bila menggunakan OS Windows XP atau jika terpaksa menggunakan Windows 7 jalankan program secara administrator saja.
  • Harddisk tempat hasil pengambilan data dan Harddsik yang akan diambil datanya.

Panduan Cara Recovery Data dengan Get Data Back :


  1. Install program Get Data Back di komputer normal. Ingat harus yang full.
  2. Pasang Harddisk yang akan direcovery sebagai hardisk kedua (secondary) di komputer normal tadi.
  3. Jalankan program Get Data Back 2.31 for NTFS,
  4. Pastikan pilihan Logical Drives terpilih, terus Next.
  5. Pilih partisi / keseluruhan hardisk yang akan di recover. Dalam contoh ini saya memilih partisi I pada hardisk I.(yang di blok hijau) kemudian klik NEXT.
  6. Pilih sesuai kebutuhan anda. "Search Entire Drive" akan melakukan scan ke seluruh permukaan Harddisk. Opsi "Search Partial Drive" hanya akan melakukan scan ke bagian yang kita pilih saja. Saya pilih "Search Partial Drive", Next.
  7. Kemudian program Get Data Back akan melakuan scanning data. Pada proses ini akan memakan waktu lama tergantung berapa besar kapasitas data yang di eksplorasi dan tergantung kecepatan processor CPU Anda memprosesnya.
  8. Setelah proses scanning selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Di situ biasanya ada banyak pilihan, kebetulan yang dicontoh ini ada 2 pilihan. Semua pilihan itu berisi data yang anda recovery. Anda dapat memilih satu satu secara bergantian dengan menekan menu BACK. Untuk pertama kali pilih yang paling atas. Kemudian pilih NEXT.
  9. Maka software Get Data Back akan mengembalikan Data Anda.
  10. Setelah proses, maka akan tampil directory data yang siap anda recovery. Pilih Data yang akan anda recovery. Jika sudah Anda temukan, klik kanan pada folder kemudian pilih Copy dan Simpan di media sekunder yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.
  11. Proses recovery data sementara telah selesai dilakukan.
"Jangan menyimpan file hasil recovery ini ke dalam drive/partisi yang sedang Anda recovery saat ini. Hal ini bisa mengakibatkan hilangnya data yang lebih besar."

Sejak saya mengenalnya tahun 2008 sampai sekarang tahun 2016 saya sering gunakan dengan OS windows 7 dan masih berjalan efektif mengangkat data. Program Get Data Back ini sudah sering saya gunakan, dan hasilnya cukup memuaskan, walaupun terkadang ada beberapa file yang rusak yang tidak terselamatkan seperti yang saya utarakan pada tulisan di atas. File yang rusak ini disebabkan oleh tertumpuknya file lama dengan file baru atau bahkan karena memang harddisk telah mengalami kerusakan fisik di piringan tempat menyimpan data. Tapi minimal masih banyak file yang dapat terselamatkan.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!