Cara Membangun Pembangkit Listrik Alternatif Murah di Rumah

Caratekno.com - Menggunakan energy alternatif di rumah menggunakan baterai/ aki sebagai energi listr... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Menggunakan energy alternatif di rumah menggunakan baterai/ aki sebagai energi listrik di rumah sangat dibutuhkan saat penting. Artikel sederhana kali ini akan membahas listrik alternatif sebagai cadangan tatkala listrik PLN padam terutama di daerah pelosok yang tidak teraliri listrik.
Modul power inverter dari baterai 12V ke Listrik 220V
Seperti gambar di atas merupakan modul inverter DC-AC siap pakai yang dijual di pasar dengan harga murah tidak lebih dari Rp500 ribu tergantung besaran daya outputnya 100W, 200W, 300W, 500W, 1000W, 2000W, dan 5000W. Selain berfungsi sebagai inverter listrik dari aki bisa juga sebagai charger gadget yang telah di desiakan port USB di panel depan. Saat baterai turun alarm indikator akan berbunyi kencang untuk mengurangi kerusakan baterai.

Ada beberapa teknologi pembangkit listrik semisal solar panel (tenaga surya), kincir angin, dan generator kincir air. Energy alternatif ini dapat digunakan langsung sebagai sumber energi menggunakan aki DC kemudian dikonversi ke listrik AC.
Sebenarnya pembangkit listrik tadi selain sebegai generator juga berfungsi sebagai proses pengisi ulang aki setiap saat.

Kombinasi bank baterai ini dihubungkan dengan unit power inverter yaitu merubah tegangan DC 12V ke 220V AC yang dapat dipergunakan peralatan elektronik di rumah.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!