Tips: Persiapan Membuat Penerangan LED Listrik Rumah Sendiri

Caratekno.com - Tulisan ini mungkin bisa sedikit menjawab pertanyaan pembaca caratekno. Ada yang be... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Tulisan ini mungkin bisa sedikit menjawab pertanyaan pembaca caratekno. Ada yang bertanya ke meja redaksi saya apa saja yang dibutuhkan untuk membuat lampu listrik rumah dirubah menjadi led?

Jawab:
Sebenarnya saya sudah sering menulis tentang led AC 220V yang begitu banyak di blog caratekno mungkin sedikit terlewat membaca sehingga pertanyaan tadi muncul. Baik saya coba membantu menejelaskannya. Sebenarnya banyak cara untuk membuat lampu led di rumah agar lebih hemat daya dan lebih terang tentunya.

Bebarapa rangkaian yang saya berikan dalam blog ini bisa anda cari di kolom pencarian pojok kanan atas dengan kata "led ac" (tidak pakai tanda kutip "") atau klik saja ini. Ternyata ada 18 artikel kurang lebihnya yang membahas cara-cara membuat lampu LED 220VAC.

Jika saya simpulkan untuk membuat pengganti lampu rumah ada 2 jenis cara pembuatan.

Rakitan sendiri dan produk pabrikan siap pakai

1. Rakitan sendiri (DIY = do it yourself)
Untuk merakit lampu led listrik sendiri anda diharuskan untuk bisa menguasai ilmu elektronika dasar paling tidak jika terpaksa harus anda yang mendampingi teman/ karib yang lebih pandai teknik elektronikanya sebab jika salah pasang bisa tangan rekan tekno kesetrum listrik atau hubung singkat yang membahayakan.

Untuk ongkos pembuatan tentu bisa ditekan lebih murah sekaligus pembelajaran. Komponen pertama yang sering dibutuhkan adalah LED 5mm jenis strahwat yang bisa pendah 120 derajat biasanya digunkanan pada lampu led emergency (spesifikasi LED 5mm klik sini).

Komponen kedua jenis LED clear focur/ sorot kelemahannya kurang bagus jika untuk ruangan yang butuh pencahayaan merata. LED clear sering dijumpai sebagai indikator peralatan elektronika, led korek api, lampu merah (traffic light), led display jam/ banner, dll.

Komponen jenis ketiga adalah LED HPL (high power led) tersedia mulai dari 1-10W di pasaran dengan harga yang beragam. Konsumsi daya sangat kecil 3,2V/ 350mA-750mA lengkap dengan heatsink pendingin. Oia yang sering luput dari perhatian adalah agar HPL adan lebih awet pemakaiannya sebaiknya harus menggunakan led driver sesuai dengan watt HPL-nya. Sebab perlakuan HPL berbeda dengan led kecil biasa. Untuk tahu modul yang cocok bisa anda klik sini Driver HPL dan untuk LED high power klik sini nya

2. Produk pabrikan
Cara kedua buat anda yang tidak mau pusing-pusing membuatnya pabrik lampu led sudah membuatnya dengan kemasan yang oke dengan Watt yang bervariasi mulai 3W, 5W, 7W, 9W, 15W, dan seterusnya. Untuk pabrikan saya tidak terlalu panjang membahasnya di tulisan ini sebab saya sudah mengupas ulasannya komponen apa saja yang pakainya.

Baca ini: Melihat Komponen dalam LED pabrikan

Semoga Tips sederhanan ini bisa menjawab pertanyaan komponen dan persiapan apa saja sebelum membuat led listrik di rumah. Jika masih belum jelas silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah ya... Semoga Bermanfaat.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!