Rangkaian Saklar Lampu LED/Listrik dengan Tepukan Tangan

Caratekno.com - Era digital ini semakin banyak saja peralatan rumah tangga yang canggih dipadukan d... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Era digital ini semakin banyak saja peralatan rumah tangga yang canggih dipadukan dengan microcontroller sehingga dapat dipantau jarak jauh apa yang terjadi di dalam dan luar rumah. Saya tidak membahas terlalu jauh kecanggihan alat tersebut. Sederhana saja alat yang saya kupas di artikel kali ini,

Mungkin saklar on/off lampu rumah sudah terlalu biasa, yang ini luar biasa unik cukup tepukan tangan yang mudah saklar lampu bisa aktif nyala dan padam.

Kenapa saya sebut sederhana?! sebab alatnya lumrah ditemui dipasaran, tidak mahal dan gampang membuatnya.

Secara logika prinsip kerjanya terdiri dari beberapa bagian penting

Sensor pendengaran (suara), Microphone kondensor mini yang sangat peka biasa digunakan untuk mikropon pengeras suara sangat baik difungsikan sebagai "telinga" alat ini sinyal penangkapan suara di konversi menjadi sinyal baru sebelum

Otak pengendali, IC NE555 dikenal sebagai IC timer otak pengeloh data yang diterima sensor pendengaran. NE555 akan mengubah sinyal menjadi gelombang pulsa HI atau LO.

Silahkan baca IC NE555



Coba rekan tekno perhatikan gambar rangkaian di atas. Pelaksana perintah, sinyal yang telah diubah bentuk pulsa kemudian transistor BC547 akan mengubahnya menjadi sinyal yang lebih kuat untuk mematikan dan menyalakan lampu listrik 220V dengan bantuan relay.

TAMBAHAN. Untuk diterapkan pada lampu jala-jala listrik 220V harus disertakan komponen driver tambahan resistor, relay, dan transister driver BC547 setelah output.

Aplikasi rangkaian ini sangat banyak tergantung modifikasi anda di rumah, salah satu contohnya bisa digunakan pada kipas angin mini, lampu rumah, dan lain-lainya. Semoga rangkaian sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda yang menyukai dunia elektronika. Semangat membuatnya.

3 comments

  1. Gan untuk rangkaian tambahannya agar bisa buat 220 v gmn gan, ane mau nyoba nih. Thanks

    ReplyDelete
  2. mas kalo transistor BC547 diganti dengan transitor S9014, bisa atao tidak??

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!