Cara Membuat Stiker Unik di Telegram Messenger

Caratekno.com - Telegram adalah aplikasi mobile dan desktop messenger yang berbasis cloud serta foku... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Telegram adalah aplikasi mobile dan desktop messenger yang berbasis cloud serta fokus pada keamanan dan kecepatan. Aplikasi ini semakin populer karena selain Open Source, aplikasi ini juga menyediakan fitur Stiker yang sama seperti pada Aplikasi Line.

Nah disini saya ingin membagikan cara untuk membuat stiker di Telegram, berhubung banyak juga teman saya yang meminta tutorialnya. Pada proses pembuatan stiker ini, saya menggunakan aplikasi Gimp untuk mengedit gambar.

sumber gambar windowscentral.com
Persiapan
Siapkanlah beberapa foto atau gambar yang ingin di jadikan gambar, dan yang perlu di ingat bahwa gambar harus mewakili emoji yang akan dikirim demi memudahkan anda dalam mencari stiker hanya dengan emoji tersebut.

Proses Pengeditan Gambar
  • Buka aplikasi Gimp ( atau aplikasi lainnya )
  • Buat layer baru dengan ukuran 512x512pxcara membuat sticker di telegram
  • Kemudian tekan tombol Ctrl+Alt+O untuk memilih gambar dan otomatis sebagai layer baru.
  • Kemudian gunakan Crop Selection Tool untuk menghapus latar belakang dari sebuah gambar dan menyisahkan objeknya saja, agar terlihat rapih.cara membuat sticker di telegram
  • Jika sudah kemudian simpan gambar dengan cara File -> Export As atau dengan menggunakan tombol Shift+Ctrl+E, dan simpan dengan format png.
Proses Pembuatan Stiker
Buka Aplikasi Telegram anda. Kemudian cari bot stiker @Stickers. Kemudian mulailah percakapan seperti dibawah ini.


Saat pertama kali mengucapkan Hi, maka bot akan otomatis mengirimkan cara penggunaan, nah untuk membuat stiker baru maka yang harus kita lakukan adalah mengirim perintah “/newstickerpack”. dan selanjutkan bot akan membalas dengan pertanyaan untuk membuat nama dari stiker yang akan dibuat, disitu saya buat nama stikernya “ngakak”.

Nah kemudian Bot akan menyuruh kita untuk mengirim emoji yang mewakilkan/berhubungan dengan gambar yang telah kita buat sebelumnya. Karena diatas saya menggunakan gambar rambo yang mengacungkan dua jempol maka saya akan mengirimkan emoji seperti ini.

Setelah kita mengirimkan emoji, maka bot akan menyuruh kita untuk mengupload gambar yang telah kita buat tadi, dengan syarat gambar berektensi png serta ukuran 512×512 px atau kurang dari ( jika ingin lebih jelas lihat gambar percakapan 2 ). Nah setelah anda mengirimkan gambar yang mewakili emoji tadi, anda dapat mengirimkan kembali gambar lain yang sesuai dengan emoji yang anda kirim. jika dirasa sudah cukup, anda bisa mengirimkan perintah “/publish” untuk menyelesaikan proses pembuatan stiker.

Yang terakhir, anda akan diminta untuk memberi nama yang akan dijadikan sebagai tautan url, yang bisa anda bagikan ke teman teman anda. untuk menambahkan stiker yang anda buat tadi, anda tinggal mengklik tautan tersebut. Berikut adalah contoh pada saat saya menggunakan stiker yang telah saya buat tadi.

Sekian dari saya, dan semoga artikel ini dapat berguna bagi anda. Jika anda masih kurang paham atau ada kendala, silahkan kirimkan pertanyaan/kendala anda pada kolom komentar dibawah ini.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!