Cara Menggabung Dua Tranformator Menjadi Satu

Transformator atau biasa kita kenal dengan traffo/trafo sangat banyak manfaatnya antara lain sebagai... thumbnail 1 summary
Transformator atau biasa kita kenal dengan traffo/trafo sangat banyak manfaatnya antara lain sebagai penurun tegangan dari jala-jala listrik (AC) menjadi listrik arus searah (DC) ataupun sebaliknya sebagai penaik tegangan dari DC ke AC.

Untuk fungsi Step up (penaik tegangan) sudah sering saya bahas dalam artikel caratekno.com

Baca juga: Kumpulan rangkaian inverter DC ke AC

Trafo tidak hanya digunakan sebagai catu daya (power supply) namun bisa juga digunakan sebagai induksi penguat (amplifier) pada sebuah rangkaian audio-video, saya tidak membahas secara detilnya.

Nah pertanyaanya, bagaimana jika kita memiliki 2 traffo dengan spesifikasi yang sama/ berbeda ingin dijadikan satu fungsi?

Pertanyaan yang bagus sekali. Sebelumnya perlu diingat artikel ini tidak untuk pemula yang baru belajar dunia science elektronika/ kelistrikan tapi sudah paham dan expert (ahli). Untuk pemula sebaiknya minta didampingi teman/ guru/ saudara yang lebih paham tentang komponen gulungan kawat dan besi ini.

Secara logika apabila kita merakit power amplifier dengan watt besar maka semakin besar pula arus tegangan dan ampere yang di butuhkan power amplifier tersebut.

Misalkan kita merakit power amplifier 300 watt maka minimal trafo yang di perlukan power tersebut 5A ( ampere ) agar kinerja dari power amplifier bisa maksimal. Akan tetapi kini harga komponen elektronik semakin mahal tak luput juga harga trafo juga ikut naik, ini membuat kita merogoh kocek yang cukup besar apabila ingin merakit power amplifier.

Kalau kita merakit power amplifier watt besar mampu menggunakan trafo dengan ampere yang besar itu syukur dan bagus namun apabila kita tidak mampu membeli trafo dengan ampere besar misal saja trafo 20A.

Terus bagaimana dong,,,???

Jangan khawatir ada alternatif lain untuk menambah besar ampere dan tegangan ( volt ) trafo yaitu dengan menggabungkan dua buah trafo menjadi satu, menggabung trafo ini disebut juga bridge trafo. Adapun skema dan cara menggabung trafo lihat gambar di bawah ini :

Menggabung trafo CT 3 fasa untuk menambah ampere.



Menggabung trafo CT 3 fasa untuk menambah volt.



Menggabung trafo CT 2 fasa untuk menambah ampere.



Menggabung trafo non CT 3 fasa untuk menambah ampere.



Menggabung trafo non CT 2 fasa untuk menambah ampere.


Inilah artikel sederhana Cara Menggabung Trafo/ Tranformator. Semoga bermanfaat serta bisa jadi referensi untuk rekan tekno semua. Sumber referensi artikel dengan beberapa tambahan.

3 comments

  1. bisa ngga gabung 10a+10a jd 20 dan voltasenya juga di tambah

    ReplyDelete
  2. bisa ngga amper dan voltase sekaligus di tambah

    ReplyDelete
  3. Bisa kah 2 trafo 10 amper diparel jadi satu utk inverter input 12volt.output 220 volt.

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!