Yuk, Buat Jam Dinding Unik Kreasi Sendiri!

Caratekno.com - Punya jam dinding bekas tidak terpakai? atau jamnya tidak dimanfaatkan gegara mesin... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Punya jam dinding bekas tidak terpakai? atau jamnya tidak dimanfaatkan gegara mesinya sudah sering telat jalan mesinnya? Mending didaur ulang jadi jam dinding unik yang baru dengan perawatan harga murah daripada dibuang ke tempat sampah/ dirongsokkan atau bisa rombak menjadi jam baru cukup ganti mesinnya saja.

jam dinding unik

Selain merawat jam bekas yang rusak tadi, ternyata anda bisa membuat jam baru dengan kreasi sendiri hanya bermodalkan mesin jam yang murah meriah ini. Sebagai contoh anda bisa membuatnya dari kardus bekas minuman mineral kemudian ditulis angka-angka jamnya, atau menggunakan media DVD/CD yang tidak terpakai seperti yang saya pernah buat, nanti akan share cara membuatnya. Selanjutnya anda bisa membuat jam model lainnya sesuka hati.

Baca juga ulasan Cara Membuat Jam Digital Suhu dari ATMega8 dan 900 LED

Jam yang unik memang saat ini tergolong mahal mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusa ribu rupiah bahkan tembus jutaan rupiah, padahal fungsinya sama. Jika anda males membuatnya dan ingin memiliki jam baru tampil beda tidak ada salahnya anda membeli yang mahal tadi.

Caranya gimana? gampang ko yuk simak cara pembuatanya kalau mau bersusah-susah buat sendiri. Peralatan serta bahan yang dibutuhkanpun sangat sederhana, apa saja

Bahan jam

  • mesin jam standart quartz bisa dengan detik biasa (biasanya bunyi tek-tok) atau bisa juga menggunakan mesin swap movement jarum detiknya bergerak halus nonstop tidak berhenti.
  • jarum jam
  • jam dinding yang jadi target

Peralatan

  • obeng +/- untuk membuka baut-baut di sekitar jam dinding yang akan diganti
  • battery AA 1 buah

Langkah 1
Lepaskan skrup-skrup jika ada, lepaskan kaca penutup depannya.

Langkah 2
Lepaskan semua jarum-jarum yang masih melekat pada mesin jam yang lama, lepaskan pula skrup pengunci bila ada

Langkah 3
Keluarkan mesin yang lama dari bingkai jam, kemudian pasang mesin jam yang baru ke dudukan mesin jam yang telah rusak.

Langkah 4
Kemudian pasang jarumnya dimulai dari 1. Jarum jam, 2. Jarum menit, dan 3. Jarum detiknya yang paling atas. Untuk menekan agar masuk tidak perlu terlalu kuat, agar tidak rusak poros mesinnya.


Langkah 5
Kalibrasi jam agar pemasangan sesuai dengan penunjuk waktu, sebakinya pemasangan jarum tidak sembarangan. Pasanglah secara lurus dulu, misal jarum menit ke-12, jarum jam ke-6, dan detik menunjuk ke arah angka 12.

Langkah 6
Nah, setelah itu barulah dicocokan dengan waktu sekarang, saat anda merawat jam dinding lama jadi unik dan baru.


Langkah 7
Pasang semua bingkai, kaca, dan penutup mesin jamnya seperti semula, SELESAI.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat untuk rekan tekno semua, sekarang tidak perlu mengeluarkan anggaran besar hanya untuk membeli jam dinding baru yang yang fungsinya sama sebagai penunjuk waktu siang-malam. Kreasi lainnya anda bisa membuatnya sendiri dengan barang bekas lainnya menjadi jam dinding unik dan keren. Selamat berkarya.

1 comment

  1. wkwkw sangat kreatif..
    terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com yaa

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!