Cara Memperbaiki Cartridge Canon yang Buntu

Caratekno.com - Printer sangat dibutuhkan untuk keperluan cetak naskah di rumah maupun perkantor... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Printer sangat dibutuhkan untuk keperluan cetak naskah di rumah maupun perkantoran, hampir setiap hari Anda membutuhkan printer untuk mencetak dokumen, buku, jadwal dan lainnya terlebih bagi anda yang kerjaannya memang bagian administrasi. Kalau saya sendiri sih printer wajib ada di rumah tapi tidak setiap hari saya menggunakannya hanya seperlunya saja untuk mencetak beberapa naskah yang ingin saya baca atau sekedar membuat jadwal harian saya dan anak-anak kadang juga mencetak gambar berwarna.

Nah, yang paling menjengkelkan adalah ketika kita membutuhkan printer disaat itu printernya lagi masalah alias cartridge rusak.

Buntu ringan
Untuk cartridge yang head-nya buntu ringan Anda tidak perlu repot cukup lakukan head cleaning biasa pada windows properties, silahkan lakukan head cleaning secara normal 1-2 kali. Caranyat klik Windows start > devices and printers > klik kanan dari icon printernya (ditandai dengan printer online) > klik printer properties > pilih tab maintenance > klik cleaning.

Buntu sedang
Jika proses cleaning biasa tidak "mempan" silahkan klik tombol dibawahnya deep cleaning yaitu proses cleaning yang dilakukan oleh pipa vacum printer secara ektra sehingga mampet jadi lancar kembali.

Buntu berat
Kedua cara di atas juga tidak manjur, keluarkan cartridge yang buntu dari printer. Panaskan air 150cc hingga mendidih, setelah mendidih rendam bagian ujung nozzle saja sebatas cheap jangan sampai tenggelam cartridge-nya. Sediak spet/suntikan sedang sesakali sambil semprotkan dari tangki atas agar kerak yang menyubat luntur bersama air panas. Jika dirasa cukup cek hasil nozzle dengan tissu kering apabila belum keluar lakukan kembali hingga tinta berbekas pada tissu. Kemudian keringkan dan pasang kembali pada printer dan test print.

Buntu sangat parah
Kasus seperti ini dibutuhkan sedikit pengalaman dan keahlian dan memperbaiki cartridge printer canon, caranya:
Penanganan pertama, rendam dengan cairan head cleaning yang bisa dibeli di toko-toko komputer, periksa hasilnya jika belum nampak lakukan proses penyedotan dan penekanan angin dari atas/bawah dengan alat yang bisa anda beli.
Penanganan kedua, jika cara pertama belum bisa bongkar tangki tinta keluarkan busa di dalamnya dan keringkan. lakukan secara hati-hati agar cheap tidak rusak tetap terdeteksi di printer. Setelah kering pasang kembali.

Rusak
Apa boleh buat segala jurus dan cara sudah tidak lagi mempan akhirnya sangat terpaksa anda harus merogoh kantong yang dalam untuk membeli sebuah cartridge baru/bekas kisaran harga Rp100rb - 300rb.

Nah, itulah sedikiti cara memperbaiki cartridge canon yang buntu ringan hingga berat. Semoga bermanfaat

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!