Sejarah: Rumitnya Jalur Komponen PCB Jaman Dulu

Keuntungan PCB Sebuah Printed Circuit Board , atau "PCB," memiliki beberapa keunggulan be... thumbnail 1 summary
Keuntungan PCB
Sebuah Printed Circuit Board, atau "PCB," memiliki beberapa keunggulan besar dibandingkan dengan cara-cara yang lebih lama membangun elektronik. Di masa lalu, setiap komponen dalam perangkat elektronik terhubung dengan kabel besar dan ditempatkan di mana saja serabutan tempat yang bisa cocok. Seperti yang Anda lihat dalam gambar ini dari televisi tahun 1948, metode ini sangat "berantakan", dan menggunakan sejumlah besar ruang yang memakan tempat.

image ehow.com
PCB menggunakan pendekatan yang berbeda. Komponen yang dipasang pada papan non-konduktif dan terhubung dengan jalur kecil, yang disebut "trace/jejak." Karena biasanya jalur PCB dirancang pada komputer, papan cetak sirkuit cukup muat banyak komponen di tempat seminim mungkin.

Bagian dari PCB
Ketika melihat sebuah papan cetak sirkuit, jlaur rangkaian yang mudah terlihat. Garis-garis tipis konduktif dan menghubungkan semua komponen dalam sirkuit. Mereka menggantikan kabel yang jauh lebih besar digunakan di masa lalu.

Sebuah PCB juga memiliki banyak lubang-lubang kecil. Lubang kaki komponen dibor persis di mana masing-masing komponen harus ditempatkan. Sebagai contoh, jika microchip merupakan bagian dari sirkuit dan membutuhkan delapan koneksi, jumlah yang sama dari lubang akan dibuat di papan tulis. Dengan cara ini, bagian dari sirkuit elektronik dapat dipasang, tanpa sambungan panjang atau kawat. Sekali lagi, ini akan menghemat ruang yang signifikan.

Bagian terakhir ditambahkan ke PCB adalah komponen sendiri. Ini adalah perangkat listrik yang kecil yang harus dihubungkan untuk unit. Komponen umum uang sering digunakan termasuk microchip, dioda, resistor dan switch. Komponen sebagai komponen aktif dan komponen pasif berfungsi melakukan "pekerjaan" dengan rangkaian terhubung, sedangkan PCB ibarat jalan raya sebagai koneksi.

Membuat PCB
Hari ini, sebagian besar sirkuit elektronik banyak yang dirancang pada komputer. Hal ini memungkinkan para insinyur elektronik untuk membuat pengaturan tata letak komponen yang sempurna bagian, sebelum membuat desain yang permanen.

Sama seperti tinta di atas kertas, PCB secara harfiah "dicetak" ketika sudah sesuai rancangan. Sebuah papan sirkuit yang baku memiliki dua lapisan, bagian bawah menjadi non-konduktif, dan bagian atas menjadi lembaran logam seperti tembaga. Tinta etching (tinta anti air dan tidak luntur) tahan dicetak ke lapisan logam dalam desain yang diperlukan. Kemudian akan tergerus dengan bahan kimia dengan cairan FeCL3 (ferri clhorit) dapat menghilangkan lapisan logam, kecuali desain telah dicetak. Hasilnya: jalur konduktif yang sudah dilaurkan akan menjadi pola yang diperlukan untuk sirkuit sesuai rancangan di komputer.

Setelah komponen yang terhubung ke papan dengan solder, PCB diuji dan siap digunakan. Seluruh proses ini seringnya dilakukan industri produsen PCB dilakukan secara otomatis, dengan ribuan atau jutaan  PCB yang sama diproduksi massal untuk digunakan di seluruh dunia dan sampai ke tangan kita.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!